Selasa, 02 Desember 2014

Apa yang Tidak Boleh Dilakukan oleh OHIDA ?


Sebagai seorang OHIDA tentu saja kita harus mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan oleh OHIDA. Ohida adalah sebutan bagi mereka yang tinggal bersama dengan ODHA. ODHA sendiri adalah orang yang telah divonis terinfeksi virus HIV di dalam tubuhnya. Tentu hal tersebut bukanlah sebauh perkara yang mudah mengingat kita harus hidup bersama dengan mereka yang terkena penyakit mematikan tersebut. Apalagi virus ini adalah sejenis virus yang menular dan mampu menularkan kepada orang lain dengan berbagai hal terutama hubungan intim.

Kita tentu akan sangat merasa tidak percaya atau terguncang hatinya ketika tahu bahwa orang yang kita sayangi mengidap penyakit AIDS atau HIV. Bukan perkara yang mudah memang untuk bisa menyakinkan diri bahwa semua baik-baik saja. Apalagi penyakit ini sudah sangat terkenal diakibatkan oleh kehidupan yang jauh dari hidup sehat.

Seorang suami bisa saja meninggalkan istrinya atau sang istri bisa meminta suaminya meninggalkan dirinya karena takut kalo suami akan bernasib sama. Memang sedih sekali jika melihat orang yang kita sayangi akan menderita seperti itu. Apalagi jika sampai tertular ke buah hati. Oleh karena itu wajib bagi seorang OHIDA maupu ODHA untuk mengetahui apa yang tidak boleh dilakukan oleh OHIDA.


Berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh OHIDA, diantara adalah sebagai berikut.

  1. Meninggalkan ODHA. ODHA atau penderita HIV juga manusia yang sama dan punya hak yang sama pula untuk bisa hidup normal seperti yang lainnya. Mereka juga membutuhkan banyak sekali dukungan untuk bisa meneruskan hidup mereka terutama jika dukungan tersebut didapatkan dari orang yang disayanginya.
  2. Mempercayai mitos yang salah. Banyak sekali beredar mitos yang kurang benar perihal penularan penyakit HIV.


Hal tersebut menyebabkan seseorang menjauhkan diri dari seorang ODHA. Beberapa mitos tentang penularan virus HIV yang salah adalah sebagai berikut.

  1. Melalui ciuman
  2. Membedakan peralatan makan
  3. Menular melalu sentuhan fisik
  4. HIV merupakan penyakit kelamin
  5. HIV penyebab kematian yang utama
  6. Ada obat untuk penyakit HIV
  7. Menjauhi penderita HIV

Semua mitos tersebut adalah tidak benar sehingga tidak patut untuk dilakukan atau dipercaya. Oleh karena itu, sekiranya sedikit uraian ini cukup membantu tentang apa yang tidak boleh dilakukan oleh OHIDA.

Sumber : http://artikelkesehatanwanita.com/apa-yang-tidak-boleh-dilakukan-oleh-ohida.html, 30 Juni 2013.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...