Senin, 08 Desember 2014

Inilah Perbedaan antara Kromosom Pria dan Wanita.


Kromosom laki-laki dan perempuan adalah kromosom yang menentukan jenis kelamin dari suatu organisme. Ini juga dikenal sebagai gonosom. Banyak model yang digunakan untuk penentuan jenis kelamin pada organisme. Sistem XY digunakan oleh manusia, sebagian besar mamalia, beberapa serangga, dan beberapa tanaman. Mekanisme lain yang tersedia adalah sistem XO dan sistem ZW. Dalam sistem XO, jenis kelamin ditentukan oleh tidak adanya atau kehadiran kromosom X kedua dan, dalam sistem ZW, seks tergantung temperatur. 


Pada manusia, 22 pasang autosom dan satu pasang gonosom hadir. Kromosom X adalah kromosom wanita dan kromosom Y adalah kromosom laki-laki. Jika janin memiliki XX, wanita lahir dan jika XY, pria. Oleh karena itu, jelaslah bahwa faktor utama untuk penentuan seks adalah adanya kromosom Y.


Perbedaan antara Kromosom Pria dan Wanita
  • Kromosom Pria

Kromosom laki-laki atau kromosom Y mengandung banyak gen yang menentukan berbagai karakteristik. Ini berisi materi genetik lebih sedikit bila dibandingkan dengan kromosom X. Kromosom Y juga mengandung gen laki-laki yang unik yang tidak hadir pada kromosom X. Salah satu gen tersebut adalah gen SRY pada manusia. Namun tidak semua gen laki-laki tertentu terletak pada kromosom Y. Beberapa laki-laki yang lahir sebagai XXY, dan mereka dapat menunjukkan beberapa karakteristik fisiologis wanita. Gangguan ini dikenal sebagai sindrom Kleinefelter. Beberapa laki-laki yang lahir sebagai XYY, dan mereka dikenal sebagai orang ‘super’ biasanya menunjukkan perilaku laki-laki yang sangat agresif.

Beberapa penyakit seks tertentu atau seks terkait. Banyak dari mereka adalah fenotip diamati pada laki-laki. Perbedaan jenis kelamin seperti pertumbuhan rambut tubuh, payudara dan pengembangan kelenjar susu, pertumbuhan alat kelamin dll bisa baik secara langsung maupun tidak langsung. Perbedaan jenis kelamin Direct, yang biasanya diamati sejak lahir dan sebelum pubertas, ditentukan oleh kromosom Y. Perbedaan seks tidak langsung berasal dari hormon.


  • Kromosom wanita.

Kromosom perempuan juga dikenal sebagai kromosom X juga mengandung banyak gen yang bertanggung jawab untuk kedua karakteristik seksual dan non-seksual. Banyak penyakit dengan fenotip diamati pada laki-laki yang tersembunyi pada wanita karena kehadiran dua kromosom X, sehingga membuat mereka pembawa untuk banyak penyakit seks terkait. Kelainan genetik ditentukan oleh gen X disebut penyakit X-linked.

Jika seorang wanita memiliki XXX, itu dikenal sebagai sindrom triple X di mana dia memiliki IQ rata-rata dan biasanya lebih tinggi dibandingkan perempuan lain. Jika seorang wanita memiliki hanya satu kromosom X disebut sindrom Turner di mana dia lebih pendek, kurang subur dan tingkat IQ di bawah. Kromosom X lebih besar dari kromosom Y.

Apa perbedaan antara Kromosom Pria dan Wanita?


  • Pada manusia, laki-laki lahir jika kedua X dan Y kromosom yang hadir, dan perempuan lahir jika kedua kromosom X.
  • kromosom X lebih besar dari kromosom Y.
  • Dua kromosom X dapat memiliki lengkap pasangan kromosom, tapi kromosom X dan Y memiliki kromosom lengkap pasangan karena Y lebih kecil.
  • kromosom X memiliki lebih dari 1.000 gen bekerja, tetapi kromosom Y memiliki kurang dari 100 gen bekerja.
  • Kelainan Seks terhubung ke kromosom X dan Y yang berbeda satu sama lain.


Penulis : Sridianti
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...