Rabu, 16 Maret 2016

14 Penyebab Smartphone Boros Baterai dan 5 Cara Memperpanjang Daya Baterai Smartphone Anda.


Ada banyak smartphone yang bisa Anda pilih di pasaran saat ini, mulai dari harga ratusan ribu saja hingga ratusan Rupiah. Andapun diberi kebebasan memilih mobile OS yang Anda rasa paling nyaman; iOS, Andaroid, Windows Phone, BlackBerry OS, dll. 

Namun jika dihadapkan pada pertanyaan smartphone mana yang paling baik, tentu saja akan ada beragam jawaban. Yang pasti, salah satu indikasi sebuah smartphone bisa diandalkan adalah kualitas baterainya. Karenanya, sebuah smartphone yang baik pastinya dilengkapi sebuah baterai andal alias tidak boros.

Tetapi jikapun sebuah smartphone memiliki baterai berkapasitas besar dengan battery life cukup lama, Anda tetap perlu melakukan penghematan baterai. Salah satu caranya adalah dengan mengetahui apa saja yang menyebabkan smartphone Anda boros baterai.

1. Anda tidak membatasi Location Services.
Ada banyak apalikasi yang memanfaatkan location services untuk mendukung fungsinya. Karenanya Anda perlu mematikannya melalu Settings; Privacy; Location Services.

2. Email yang selalu refresh
Email app selalu mengecek keberaaan email baru sehingga Anda bisa langsung menerima notifikasi saat ada email masuk. Untuk menghemat baterai, Anda perlu mengatur interval refresh. Di iPhone, Anda bisa melakukannya via Settings; Mail, Contacts, and Calendars; Fetch New Data; Manually. Dengan langkah tersebut Anda akan bisa mengatur cek inbox secara manual dengan cara membuka Mail app, refresh.

3. Aplikasi yang selalu aktif
Sejak rilis iOS 4, iPhone memiliki kemampuan menjalankan sejumlah aplikasi bersamaan. Disebut juga sebagai multi-tasker, sayangnya kemampuan tersebut justru akan mengurasi baterai iPhone. Anda bisa membatasi aplikasi yang berjalan bersamaan dengan cara double-tap pada Home button untuk memunculkan card dari aplikasi yang tengah berjaan, lalu swipe masing-masing card untuk keluar dari aplikasi atau gunakan beberapa jari bersamaan untuk keluar dari beberapa aplikasi sekaligus. Hal serupa bisa Anda lakukan di Android.

4. Screen terlalu terang
Level brightness yang terlalu tinggi pastinya akan mengurasi baterai ponsel Anda. Jadi, silakan kurangi level brightness ke level terendah, yang paling nyaman di mata Anda.

5. Airplane mode tidak hanya untuk di pesawat
Airplane mode diciptakan untuk mencegah ponsel terkoneksi ke jaringan seluler dan internet. Menurut asosiasi penerbangan internasional, koneksi tersebut akan mengganggu radar pesawat namun tentu bukan itu saja fungsi Airplane mode. Jika baterai ponsel Anda tengah dalam level sangat rendah, Anda bisa mengaktifkan Airplane mode untuk memperpanjang battery life.

6. Automatic Download ON
Opsi Automatic Download diciptakan untuk memudahkan aplikasi yang berasal dari appstore bisa otomatis download jika ada update terbaru. Untuk mendukung fungsi tersebut, smartphone akan terus mengecek adanya update, termasuk mengecek aplikasi yang telah terupdate. Karenanya Anda perlu mematikan fitur ini melalui aplikasi App Store untuk iPhone atau aplikasi Play Store untuk Android.

7. App Refresh
Background App Refresh adalah salah satu pengurasi baterai. Background App Refresh terjadi ketika smartphone Anda berisi aplikasi yang secara terus-menerus mengupdate informasi, seperti Facebook dan Twitter.

8. Push Notification
Fitur Push Notificatioan juga merupakan salah satu penyebab cepat habisnya baterai ponsel Anda. Fitur ini memang meudahkan Anda menerima notifikasi tetapi jika ingin baterai ponsel lebih berumur panjang, silakan matikan fitur ini. Di iPhone, buka Settings; Notification Center; edit aplikasi tidak Anda inginkan mengirimkan Push Notification.

9. AirDrop
Dengan AirDrop di iPhone, Anda akan bisa mengirim foto atau video ke iPhone lain tanpa bantuan jaringan internet. Namun tentu saja AirDrop akan menguras baterai jika terus Anda aktifkan.

10. Pemakaian Parallax
Fitur Parallax di iOS 7 mampu menghasilkan sebuah ilusi sehingga icon apps di iPhone tampak mengambang. Sayangnya, fitur Parallax membutuhkan daya baterai yang tidak sedikit sehingga Anda perlu mematikannya melalui Settings > General > Accessibility > aktifkan “Reduce Motion”.

11. Penggunaan Spotlight Search
Jika Anda tidak sering menggunakan Spotlight Search di iPhone untuk mencari apps, contact, dll, maka Anda perlu mematikannya: Settings; General; Spotlight Search, atur toggle aplikasi yang tidak Anda butuhkan agar tidak masuk dalam pencarian Spotlight.

12. Bluetooth yang terus aktif
Jangan lupa mematikan Bluetooth jika Anda tidak sedang menggunakannya.

13. Terlalu banyak aplikasi
Tidak hanya banyak aplikasi yang berjalan di background, banyak aplikasi yang terinstall di smartphone juga akan mempengaruhi battery life. Karenanya, sekarang saatnya Anda bersih-bersih smartphone untuk unistall aplikasi yang tidak pernah Anda pakai.

14. Tidak menambah battery life
Ketika baterai di ponsel Anda tinggal 20%, apakah Anda terus memakainya untuk nge-game atau segera charging? Cara paling mudah adalah dengan recharge baterai atau Anda bisa membeli berbagai aksesoris baterai yang ada di pasaran saat ini, seperti sebuah casing yang mampu memperpanjang battery life.


5 Cara Memperpanjang Daya Baterai Smartphone

[​IMG]

Daya baterai cepat habis adalah salah satu masalah yang cukup sering dialami para pengguna smartphone. 
Hal ini wajar saja mengingat selain untuk menghidupkan smartphone, daya baterai juga terserap oleh sebagian aplikasi yang berjalan di background, widget, atau bahkan layar yang terlalu terang.

Kini Anda tak perlu khawatir lagi smartphone Anda tiba-tiba mati karena kehabisan baterai atau lupa membawa power bank. Berikut ini 5 cara memperpanjang daya baterai smartphone, yang Tekno Liputan6.com himpun dari Life Hack, Jumat (11/3/2016).

1. Mengatur Kecerahan Layar
Jangan atur kecerahan layar hingga mencapai kecerahan maksimum. Hal ini tanpa disadari akan menguras daya baterai smartphone. Atur kecerahan layar seperlunya. 

Jika smartphone Anda dilengkapi oleh sensor cahaya, biasanya ada fitur auto brightness (kecerahan otomatis). Jadi kecerahan layar akan menyesuaikan dengan cahaya di sekitarnya.

2. Mempersingkat Timeout Layar
Ketika Anda menggenggam smartphone Anda--untuk mengetik e-mail, membalas pesan di WhatsApp, dan sebagainya--tentu saja layar smartphone perlu tetap menyala. Namun begitu Anda selesai dan meletakkannya, layar smartphone Anda kadang masih saja menyala. Nah, tak ada salahnya bila Anda menyetel timeout layar ke waktu minimum. 

3. Mematikan cek e-mail Otomatis
Salah satu fitur menarik di smartphone adalah push-mail. Dengan fitur ini, smartphone akan secara otomatis menerima setiap e-mail yang masuk. Pertanyaannya adalah, apakah setiap orang perlu fitur ini? Jawabannya, tidak. 

Karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mematikan push-mail dan mengecek e-mail secara manual. Alternatif lainnya, Anda dapat menyetel push-mail dengan interval tertentu, misalnya per 30 menit, 60 menit, atau 90 menit.

4. Mematikan Vibrasi (getar)
Sebagian di antara Anda mungkin suka menyetel smartphone di profil getar, utamanya ketika sedang berada di situasi penting seperti di sebuah rapat. Kali ini, sebaiknya Anda memikirkannya kembali karena getar ternyata memakan lebih banyak daya baterai ketimbang sebuah ringtone.

5. Menyingkirkan Widget
Memasang widget memang kelihatan keren. Tapi coba pikir sejenak, apa Anda betul-betul memerlukan widget tersebut? Jika tidak, lebih baik Anda menyingkirkannya, terutama widget yang harus selalu terhubung ke internet seperti widget informasi cuaca. 

Lebih parahnya, bila Anda memasang beberapa widget yang terus-menerus memperbarui informasinya melalui koneksi internet, mereka memakan banyak daya baterai.

Sumber : 
  • http://gopego.com/tips/a/2014/06/14-penyebab-ponsel-boros-baterai, 
  • http://forum.viva.co.id/indeks/threads/5-cara-memperpanjang-daya-baterai-smartphone.1978679/, Sabtu, 12 Maret 2016.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...