Selasa, 15 Maret 2016

Hati-hati, Pesan Teks Ini Bisa Matikan Ponsel Android Anda ! Pesan itu Mengintai Kecuali Ponsel Android Anda Berbahasa Rusia.


Bagi Anda pengguna Android diminta agar waspada jika muncul pesan teks berisi tautan yang berisi pada Android Application Package (APK). 

Pesan teks itu bisa membahayakan perangkat Android pengguna jika sampai terinstal. Pesan teks berbahaya itu hadir dalam bentuk pertanyaan kepada pengguna, apakah menginstal aplikasi atau tautan tersebut atau tidak.


Dikutip dari Trusted Review, Selasa, 16 Februari 2016, jika konten dalam pesan teks tersebut terinstal, maka itu berarti pengguna membiarkan data pada ponsel Android terhapus. Pesan itu akan memungkinkan orang pengendali malware menyerang dan menjadikan perangkat pengguna jadi korban.
Penyerang akan bisa dengan leluasa mengirimkan SMS ke ponsel pengguna, memiliki akses ke browser internet pengguna, membuat panggilan, membaca pesan teks sampai menghapus semua hal pada perangkat pengguna. 

Pesan teks yang berbahaya itu pertama kali dipublikasikan oleh Heimdal Security Blog. 

"Anda telah menerima pesan multimedia dari + [kode negara] [pengirim nomor] Ikuti link http: [.] //www.momsforyou Net / mms.apk untuk melihat pesan," demikian pesan teks yang patut diwaspadai itu. 

Untuk itu, disarankan pengguna yang menemukan pesan teks tersebut agar segera menghapusnya. 

Setelah ditelusuri, APK berbahaya itu diidentifikasi sebagai Mazar Android Bot. APK tersebut diketahui sudah pernah muncul sebelumnya dalam bentuk samaran lain pada November tahun lalu. 

Tautan berbahaya itu akan bekerja dengan menginstal Tor (jaringan server yang membuat anonim di internet) pada ponsel korban, kemudian membongkar dan menjalankan perangkat korban untuk terhubung ke sebuah server. 

Selanjutnya, prosesnya akan mengirimkan pesan teks yang terbaca sederhana, 'Terima Kasih'. SMS yang masuk tersebut data lokasi perangkat korban. 

Menariknya, APK ini tidak akan menyerang ponsel Android yang menggunakan opsi bahasa Rusia. 

Sebagai langkah pencegahan, jika pengguna menemukan pesan teks yang dimaksud, diminta jangan sekalipun mengklik SMS atau MMS tersebut. Pengguna minta klik ke Setting pilih Security dan memastikan opsi Unknown Sources mati. 

Cara tersebut akan menghentikan ponsel pengguna menginstal aplikasi dari lokasi manapun bukan dari Google Play. Disarankan dalam mencegah pesan teks tersebut, pengguna jangan memakai hotspot WiFi yang tak aman.

Penulis : Amal Nur Ngazis
Sumber : teknologi.news.viva.co.id, Selasa, 16 Februari 2016, 13:04 WIB.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...