Internet Membuat Orang Malas Berpikir

ARTIKEL TEKNOLOGI


Penelitian terbaru di Amerika Serikat membuktikan bahwa penggunaan mesin pencari di Internet bisa membuat otak manusia malas berpikir. Artinya, Internet telah mengubah cara pandang manusia untuk mengingat sebuah pengetahuan. 


Menurut dosen psikologi dari Universitas Columbia, Betsy Sparrow, Internet telah menjelma menjadi ingatan transaktif atau ingatan di luar otak manusia. "Saya tidak menganggap mesin pencari membuat bodoh, tapi sungguh mengubah cara mengingat seseorang," katanya dalam majalah Science, belum lama ini. 

Penggunaan Internet secara luas membuat manusia memilih bertanya kepada mesin pencari ketimbang mengingat pengetahuan yang dimilikinya di dalam otak. Kesimpulan itu dibuktikan saat peneliti memberikan sebuah pertanyaan tentang topik tertentu. Dan mereka lebih memilih mencari jawaban di Internet melalui mesin pencari ketimbang memikirkannya terlebih dahulu.

Konsep ingatan transaktif pertama kali diusulkan oleh Dokter Daniel Wegner dalam sebuah buku berjudul Ketergantungan Kognitif pada Hubungan Dekat Sesuatu. Kebiasaan ini sungguh mengubah pola pikir manusia di zaman serba digital ini. 

Penulis : Rudi
Sumber : http://www.tempo.co/SENIN, 18 JULI 2011 | 12:21 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?