Windows 8.1 Siapkan Aplikasi Kamera 3D (3 dimensi) ?


Windows 8.1 yang dikabarkan bakal segera hadir sebagai update untuk Windows 8. Enggak tanggung-tanggung update windows terbaru ini rencananya dibekali dengan sebuah aplikasi kamera yang cukup menarik.

Aplikasi ini nantinya menyediakan sebuah fitur bernama Photosynth yang dapat mengambil gambar dengan format 3D.Aplikasi Photosynt ini sendiri menawarkan dua fitur yakni panoramas and synths yang bisa dipakai oleh pengguna untuk mendapatkan pengalaman pengambilan gambar 3D yang berbeda.

Dikutip dari Softpedia, Aplikasi Photosynth ini yang disematkan oleh Microsoft pada Windows 8.1, dikarenakan adanya temuan baru tentang integrasi antara OS dengan fitur Photosynth dalam versi ISO terakhir.

Konsep aplikasi Photosynth di Windows 8.1 @microsoft-news.com
Konsep aplikasi Photosynth di Windows 8.1 @microsoft-news.com

Aplikasi ini nantinya juga mengizinkan penggunanya untuk membagikan foto hasil jepretan mereka ke beberapa situs terutama situs jejaring sosial dan berbagai situs lainnya.

Sayangnya, belum ada pernyataan resmi dari pihak Microsoft terkait penyematan aplikasi ini di Windows 8.1. Karena pihak Microsoft mengaku masih terus mengembangkan aplikasi ini.


Sekilas Tentang Aplikasi Photosynth.


Photosynth adalah aplikasi perangkat lunak dari Microsoft Live Labs dan University of Washington yang menganalisis foto digital dan menghasilkan tiga-dimensi model foto dan titik awan dari objek difoto.  komponen pengakuan Pola membandingkan bagian-bagian dari gambar untuk membuat poin , yang kemudian dibandingkan dengan mengubah gambar ke model. Pengguna dapat melihat dan menghasilkan model mereka sendiri dengan menggunakan perangkat lunak yang tersedia untuk di-download di situs Photosynth.

Photosynth didasarkan pada Wisata Photo, sebuah proyek penelitian oleh University of Washington mahasiswa pascasarjana Nuh Snavely. Tak lama setelah akuisisi Microsoft terhadap Seadragon pada awal tahun 2006, tim yang mulai bekerja pada Photosynth, di bawah arahan Seadragon pendiri Blaise Aguera y Arcas .

Microsoft merilis sebuah versi preview teknologi gratis pada tanggal 9 November 2006. Pengguna bisa melihat model yang dihasilkan oleh Microsoft atau BBC , tapi tidak membuat model sendiri pada saat itu. Microsoft bekerja sama dengan NASA pada 6 Agustus 2007 memungkinkan pengguna untuk melihat teknologi Photosynth yang menunjukkan Space Shuttle Endeavour. Pada tanggal 20 Agustus 2007, preview menunjukkan ubin Endeavour selama proses backflip dibuat tersedia untuk dilihat.

Pada tanggal 20 Agustus 2008, Microsoft secara resmi merilis Photosynth ke publik, yang memungkinkan pengguna untuk meng-upload gambar mereka dan menghasilkan model Photosynth mereka sendiri.

Pada bulan Maret 2010, Photosynth menambahkan dukungan untuk gigapixel panorama dijahit di Microsoft ICE . Panorama menggunakan Seadragon berbasis teknologi mirip dengan sistem yang sudah digunakan dalam synthesizer. 


Kemampuan Aplikasi Photosynth.

Photosynths generasi sekarang mudah untuk menangkap, foto-foto yang diambil oleh kamera digital biasa atau ponsel dapat di-upload ke Photosynth. Pengguna memiliki pilihan untuk geotag gambar digital mereka di situs seperti Flickr dan kemudian upload ke layanan online web Photosynth. Gambar upload di Photosynth memberi orang kemampuan untuk mulus melihat tengara, ruang publik dan objek dari semua sisi.
  1. Berjalan atau terbang melalui adegan untuk melihat foto dari sudut manapun
  2. Memperbesar atau dari foto
  3. Lihat di mana foto-foto itu diambil dalam hubungannya dengan satu sama lain
  4. Lancar mengubah sudut pandang antara foto sekitar
  5. Lancar memperbesar dan foto resolusi tinggi
  6. Cari foto yang sama dengan yang Anda sedang melihat tampilan


Teknologi Photosynth. 

File: PhotosynthPanorama.JPG

Teknologi Photosynth bekerja dalam dua langkah. Langkah pertama melibatkan analisis dari beberapa foto yang diambil dari daerah yang sama. Setiap foto diproses menggunakan deteksi titik bunga dan algoritma pencocokan dikembangkan oleh Microsoft Research yang mirip dengan fungsi UBC 's fitur Scale-invariant transform . Proses ini mengidentifikasi fitur khusus, misalnya sudut bingkai jendela atau pegangan pintu. Fitur dalam satu foto tersebut kemudian dibandingkan dengan dan cocok dengan fitur yang sama dalam foto-foto lainnya. Jadi foto-foto daerah yang sama diidentifikasi. Dengan menganalisis posisi fitur yang cocok dalam setiap foto, program ini dapat mengidentifikasi foto-foto milik pada sisi lain yang. Dengan menganalisis perbedaan yang halus dalam hubungan antara fitur (angle, jarak, dll), program mengidentifikasi posisi 3D dari masing-masing fitur, serta posisi dan sudut di mana setiap foto diambil. Proses ini dikenal secara ilmiah sebagai penyesuaian bundel dan umumnya digunakan dalam bidang fotogrametri , dengan produk sejenis yang tersedia seperti Imodeller dan D-Pematung . Langkah pertama ini sangat komputasi secara intensif, tetapi hanya harus dilakukan sekali pada setiap set foto.

Langkah kedua melibatkan tampilan dan navigasi melalui titik awan 3D fitur yang diidentifikasi dalam langkah pertama. Hal ini dilakukan dengan penampil Photosynth didownload publik. Penampil berada pada komputer klien dan mempertahankan koneksi ke server yang menyimpan foto-foto asli. Hal ini memungkinkan pengguna untuk, antara lain, melihat salah satu foto dari sudut pandang aslinya. Ini menggabungkan DeepZoom teknologi Microsoft diperoleh melalui akuisisi Seadragon pada Januari 2006. The Seadragon teknologi memungkinkan mulus zoom ke foto-foto resolusi tinggi tanpa men-download ke komputer pengguna.

File: Photosynth2011Synth.jpg

The Photosynth Direct 3D software tampilan berbasis hanya tersedia untuk Windows 7 , Windows Vista dan Windows XP sistem operasi. Namun, tim merilis Silverlight versi penampil yang telah berhasil penampil D3D sebagai pilihan utama untuk melihat photosynths.

Pada bulan Maret 2009 pengguna upload koleksi Photosynth sekarang tersedia untuk dilihat pada iPhone menggunakan iSynth (3D) atau Seadragon Handphone (2D saja). Aplikasi Photosynth juga tersedia di App Store untuk download pada iPod Touch dan iPhone . Hingga Mei 2012 Microsoft telah merilis sebuah App Photosynth untuk platform mobile Windows Phone.

Anda belum memiliki System Operasi Windows 8.1, namun ingin mecoba aplikasi Photosynth ? silahkan download di link berikut :



Penulis Yohanes Gitoyo.
Sumber : 
  1. http://www.clear.co.id/, 28 Juni 2013 10:52 WIB.
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Photosynth