Wajib, Cuci Tangan Usai Memakai Toilet!


Selama ini banyak anjuran yang mengharuskan Anda mencuci tangan sebelum berkegiatan, terutama sebelum makan. Tetapi, banyak orang yang tidak menggubris anjuran ini. Menurut studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Enviromental Health, hanya lima persen orang yang mencuci tangan dengan cara yang benar.

Dalam studi tersebut, pengamat dari Michigan State University mendokumentasikan kebiasaan mencuci tangan dari 3.749 orang di toilet umum setempat. Mereka menemukan, 95 persen dari pengguna kamar mandi tidak mencuci tangan mereka selama 15 sampai 20 detik (lamanya waktu yang direkomendasikan untuk membunuh kuman penyebab infeksi). Yang lebih parah, tiga persen dari mereka tidak menggunakan sabun saat membersihkan tangan, dan 10 persen tidak mencuci tangan mereka sama sekali.

Hal ini tidak hanya terjadi di toilet wanita, bahkan pria lebih parah kondisinya. Hampir 15 persen pria tidak mencuci tangan mereka sama sekali, dibandingkan dengan tujuh persen wanita yang terbiasa meninggalkan toilet tanpa mencuci tangan. Kemudian, 78 persen perempuan mencuci tangan dengan sabun, sementara persentase pria yang mencuci tangan pakai sabun hanya 50 persen.

"Orang-orang berpikir tangan mereka lebih bersih daripada bagian tubuh lainnya," kata pemimpin penelitian ini, Carl Borchgrevink, PhD, profesor di Michigan State University, School of Hospitality Bisnis. Tapi kenyataannya, tidak peduli seberapa rapi penampilan Anda, mencuci tangan seusai menggunakan toilet adalah hal terpenting. Sebab, toilet adalah tempat yang "lalu lintasnya" paling sibuk, alias begitu banyak orang yang menggunakannya sepanjang hari. 

Banyak bakteri yang berasal dari kegiatan sehari-hari kita, baik bakteri yang hidup di pintu kamar mandi, toilet, kran, dispenser, dan permukaan benda lain yang Anda sentuh. Bakteri mudah sekali masuk ke dalam sistem pencernaan Anda (entah itu dari makanan yang Anda makan atau saat Anda menyentuh mulut), dan dapat dengan cepat menyebabkan infeksi atau virus, kata Robert Klein, kepala divisi penyakit menular di St Luke dan Roosevelt Rumah Sakit di New York City.

Pertahanan terbaik untuk melindungi Anda dari masuknya bakteri jahat ke tubuh sehingga mampu menyebabkan penyakit, adalah mencuci tangan dengan cara yang benar. Itu berarti menggunakan sabun, yang membantu bakteri terlepas dari kulit, lalu menggosoknya secara merata dan membilasnya secara tuntas untuk memastikan bakteri terbuang ke lubang pembuangan air, demikian menurut Borchgrevink.

Untuk benar-benar menyingkirkan sebagian besar bakteri, seluruh proses harus dilakukan selama 20 detik (lamanya seperti ketika Anda menyanyikan Happy Birthday dua kali). Dengan menjaga kondisi tangan tetap bersih, tubuh Anda akan terlindungi dari bakteri jahat dan membuat Anda lebih sehat. Nah, sudah benarkah cara mencuci tangan Anda?

Penulis : Krismas Wahyu Utami 
Editor : Dini
Sumber: Womens Health, http://female.kompas.com/, Kamis, 20 Juni 2013, 15:41 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??