Senin, 16 Juni 2014

Anda Perlu Tahu : 8 Efek Positif Vs 6 Efek Negatif Minum Kopi Bagi Kesehatan.


Rasanya jarang dengar di indonesia, orang yang tidak suka kopi. Bagi sebagian orang, kopi merupakan teman terbaiknya, yang ada di setiap waktunya; ketika udara dingin pagi hari, malam hari atau ketika sedang lembur. Kopi panas hampir selalu ada. 

Tetapi bagaimanakah sesungguhnya kopi memberikan efek terhadap otak kita?
Kopi yang mengandung kafein memiliki efek negatif dan positif kopi bagi kesehatan. Persamaan reaksi kafein itu akan terlihat seperti ini

reaksi+kafein

Bentuk kafein mirip dengan molekul penting yang disebut "adenosin" yang mengatur fungsi otak (gambar dibawah). Kafein "meniru" adenosine dan mengikat target yang sama di otak.

Reaksi+Kafein+Di+Tubuh

Kafein bekerja dengan menghalangi efek dari regulator alami otak, yaitu adenosin. Pada siang hari, otak Anda secara alami membangun tingkat atas adenosin. Ketika mereka mencapai konsentrasi ambang batas, mereka mengikat reseptor khusus yang bereaksi dengan petunjuk mulai menembak untuk membuat tubuh Anda mengantuk.

efek+adenosin+kafein

Ingat bagaimana kafein memiliki bentuk mirip dengan adenosin? 
Ini berarti bahwa ia dapat mengikat reseptor yang sama, menghalangi efek alami adenosin. Hal ini memungkinkan stimulan otak untuk bekerja tanpa hambatan, membuat Anda terjaga dan waspada. tak Anda dapat menjadi tidak sehat jika kecanduan kafein...

Pengaruh+Kafein

Seperti yang Anda duga, otak pintar dan tidak begitu mudah tertipu. Dalam reaksinya, kafein memblokir semua reseptornya, membuat otak lebih banyak mengikat target daripada adenosin saja dalam mengikat target. Ini berarti bahwa dari waktu ke waktu, kimia otak Anda berubah sehingga Anda akan perlu minum lebih banyak dan lebih kopi hanya untuk memiliki efek yang sama.

Setelah Anda meminum kopi, hanya dibutuhkan sekitar 10 menit untuk kemudian bereaksi di tubuh Anda. Setelah sekitar 10 menit, konsentrasi kafein dalam darah Anda mencapai setengah konsentrasi maksimum, yang cukup berpengaruh. Kafein mencapai tingkat maksimum, membuat Anda paling waspada, setelah 45 menit. Tergantung pada seberapa cepat atau lambat tubuh Anda mampu memecah obat, Anda bisa merasakan efek kafein selama 3 sampai 5 jam. 

Dan artinya Kafein akan menjadikan candu bagi peminumnya, kafein adalah stimulan pada sistem saraf pusat, dan seperti obat lain, penggunaan rutin kafein dapat menyebabkan ketergantungan fisik (kecanduan). Pada tahap ini, Anda mungkin sudah dalam tahap kecanduan, sehingga sulit untuk meninggalkan kebiasaan minum kopi . Jadi hati-hati mengkonsumsi kopi !

Efek Buruk dari Minum Kopi

Diluar apa yang kita bahas di atas berikut beberapa efek negatif dan positif kopi/ kafein bagi tubuh kita:

  • Efek positif Kopi:

  1. Kopi dapat mengurangi resiko terkena penyakit Alzheimer.
  2. Kopi dapat mengurangi resiko terkena pengakit Parkinson.
  3. Kopi dapat membantu meningkatkan memori jangka pendek manusia.
  4. Hal ini terutama disebabkan karena kafein yang dikandungnya bereaksi secara kimia menstimulasi dan membantu kita untuk menangkap dan fokus terhadap informasi yang diterima lebih baik untuk jangka pendek tertentu.
  5. Kopi dapat membantu meredakan sakit kepala, Kandungan kafein dapat membantu meningkatkan efek obat-obatan yang berfungsi untuk menghilangkan rasa sakit sementara seperti aspirin, midol dan excedrin. Banyak dari obat sakit kepala dan migran mengandung kafein dalam jumlah kecil.
  6. Kopi merupakan efektif antioksidan.
  7. Kopi merupakan diuretic yang baik. Minum kopi membuat orang lebih sering buang air kecil. Ini bagus untuk membantu tubuh membuang semua zat-zat ataupun kandungan yang sudah tidak diperlukan lagi oleh tubuh.
  8. Kopi juga membantu mengurangi resiko terkena batu ginjal (vibizlife.com)


Catatan :
  1. Penyakit Alzheimer adalah sebutannya alz-zhai-me, merupakan sejenis penyakit penurunan fungsi saraf otak yang kompleks dan progresif. Penyakit Alzheimer bukannya sejenis penyakit berjangkit. Penyakit Alzheimer adalah keadaan di mana daya ingatan seseorang merosot dengan teruknya sehinggakan pengidapnya tidak mampu mengurus diri sendiri (wikipedia.com). Konsumsi kopi yang telah menjadi kebiasaan telah terbukti mengurangi resiko penyakit kardiovaskuler, diabetes tipe 2, dan Alzheimer. Frank Hu, dari Sekolah Kedokteran Havard, mengetahui bahwa kopi mengandung kafein, berbagai macam komponen bioaktif, asam chlorogenik, dan antioksidan. Kandungan tersebut menjelaskan karakter kopi yang dapat meningkatkan kesehatan. Penelitian Joan Lindsay, dari Universitas Ottawa mengenai hubungan konsumsi kopi dengan fungsi otak, kesehatan, dan penyakit menunjukkan bahwa konsumsi kopi pada wanita dihubungkan dengan fungsi kognitif yang lebih tinggi, kemampuan memori yang lebih tinggi, dan penurunan kemampuan kognitif yang lebih rendah dalam masa penuaan. Pada penelitian pada pria dan wanita di Finlandia selama 21 tahun, ditemukan bahwa meminum kopi 3-5 cangkir setiap hari akan menurunkan resiko perkembangan penyakit Alzheimer sebanyak 65%.
  2. Penyakit Parkinson (paralysis agitans) adalah penyakit degeneratif syaraf yang pertama ditemukan pada tahun 1817 (An Essay on the Shaking Palsy) oleh Dr. James Parkinson.
  3. Antioksidan adalah substansi yang diperlukan tubuh untuk menetralisir radikal bebas and mencegah kerusakan yang ditimbulkan oleh radikal bebas terhadap sel normal, protein, dan lemak. Antioksidan menstabilkan radikal bebas dengan melengkapi kekurangan elektron yang dimiliki radikal bebas, dan menghambat terjadinya reaksi berantai dari pembentukan radikal bebas yang dapat menimbulkan stres oksidatif
Para peneliti di Florida Alzheimer’s Disease Research Center menyebutkan dosis kopi yang di konsumsi setiap hari adalah sebanyak 500 milligram kafein atau sama dengan 5 cangkir ukuran 236,5 mililiter kopi. Takaran 500 milligram kafein atau sama dengan 5 cangkir ukuran 236,5 mililiter kopi, itu disebutkan tidak berbahaya bagi kesehatan namun, itu di peruntukkan untuk orang yang tidak mengidap darah tinggi dan wanita hamil. Dalam penemuan itu yang menjadikan tikus sebagai percobaan, menunjukkan bahwa tikus tikus yang menkonsumsi kafein memiliki kondisi otak yang sama dengan tikus seumur yang normal, dan menjauhka dari gejala Alzeimer (tempointeraktif.com).

Ada beberapa bentuk antioksidan, di antaranya vitamin, mineral, dan fitokimia. Berbagai tipe antioksidan berkerja bersama dalam melindungi sel normal dan menetralisir radikal bebas.


  • Efek Negatif Kopi :
efek+samping+kopi


  1. Kopi dapat menyebabkan constipation atau susah buang air besar.
  2. Kopi menyebabkan karang gigi dan gigi menjadi kuning bila dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. (vibizlife.com)
  3. Menghentikan konsumsi kafein secara tiba-tiba dapat menyebabkan sakit kepala yang bertahan hingga sembilan hari. Bagi mereka yang ingin berhenti minum kopi, dokter menyarankan mengurangi konsumsi secara bertahap selama empat minggu.
  4. Peningkatan Asam Lambung, walaupun kopi memiliki banyak manfaat, kopi dikenal dapat meningkatkan kegelisahan. Dosis konsumsi yang terlalu banyak tidak bisa diterima semua orang. Selain itu, tingkat keasaman kopi yang tinggi dapat merangsang pengeluaran asam lambung berlebih.
  5.  Membahayakan Gangguan Mata. Gangguan mata dipengaruhi oleh kafein, zat yang dikandung dalam kopi. Gangguan tersebut disebut exfoliation glaucoma. "Minum tiga cangkir kopi atau lebih dalam sehari, ditemukan terkait dengan peningkatan gangguan pada glaucoma, khususnya bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga glaucoma," kata Jae Hee Kang, asisten profesor kedokteran di Channing Division of Network Medicine at Brigham and Women's Hospital in Boston. "Mereka yang berisiko pada gangguan ini, terutama mereka yang memiliki riwayat keluarga glaucoma sangat dianjurkan untuk membatasi asupan kopi, kurang dari tiga cangkir per hari," sambungnya, seperti dikutip Sciencedaily. Studi tersebut melibatkan 79 ribu responden wanita. Dari data kesehatan yang diambil terhadap pemeriksaan mata, dan kuesioner yang dilakukan untuk mengetahui berapa banyak konsumsi kopi per hari, terbukti peringkat teratas untuk kasus gangguan mata akibat kopi. Mereka terbukti mengkonsumsi kopi tika cangkir lebih dalam satu hari. Gejalanya ialah penekanan pada bola mata. Kemudian bisa menyebabkan kerusakan syaraf optik lainnya disekitar mata. Ini yang menyebabkan kebutaan permanen. Risiko kerusakan mata ini semakin meningkat bila Anda semakin banyak mengkonsumsi kafein.   
  6. Peningkatan Detak jantung. Kafein sebagai kandungan utama kopi bersifat stimulan yang mencandu. Kafeine mempengaruhi sistem kardiovaskuler seperti peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Dampak negatif itu muncul bila Anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Bagi kebanyakan orang, minum dua sampai tiga cangkir kopi tidak memberikan dampak negatif. Meminum kopi dengan frekuensi lebih dari itu bisa menimbulkan jantung berdebar-debar, sulit tidur, kepala pusing dan gangguan lainnya. Oleh karena itu, bagi mereka yang mengkonsumsi kopi agar tidak mengantuk-misalnya karena kekurangan tidur disarankan agar konsumsinya disebar sepanjang hari.

Riset mengenai hubungan konsumsi kopi dengan keguguran kandungan tidak memberikan kesimpulan seragam. Tetapi, untuk amannya ibu hamil disarankan tidak minum lebih dari satu cangkir kopi sehari.

Kopi

Namun seperti saya sebutkan di atas, efek kafein pada tiap orang berbeda-beda. 
Ada orang yang biasa minum sampai 5 cangkir espresso dalam sehari dan tidak merasakan efek buruknya. Tapi, kami menyarankan untuk anda, dari sekarang jangan terlalu banyak minum kopi, meski kopi juga baik. Tapi atur waktu dan pola anda untuk menikmati kopi. 

Penyusun : Yohanes Gitoyo.
Sumber: 
  1. http://doktersehat.com/
  2. http://lifestyleceria.blogspot.com/
  3. http://kesehatan96.blogspot.com/
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...