Selasa, 03 Juni 2014

Gunakan Teknologi 3D Printing, Ilmuwan Bisa Cetak Pembuluh Darah !

Gambar Ilustrasi cetak organ tubuh dengan printer 3d.

Setelah berhasil 'mencetak' organ dalam dengan teknik 3D printing, kini ilmuwan masuk ke dalam tahap yang lebih kompleks dengan upaya mencetak sistem transportasi darah pada manusia.

Sebuah tim peneliti dari rumah sakit di Boston, Amerika Serikat, menyatakan telah berhasil mencetak tiruan pembuluh darah menggunakan teknik bio-printing tiga dimensi.

Proses pembuatannya pun terbilang tidak terlalu rumit. Peneliti tersebut awalnya menggunakan printer 3D untuk membuat semacam gel bernama Agarose yang akan digunakan sebagai cetakan dasar pembuluh darah. Setelah cetakan selesai, mereka menutupi gel tersebut dengan bahan yang terbuat dari gelatin bernama Hydrogel.

Gabungan antara cetakan dan gelatin ini lah yang pada akhirnya diperkuat untuk menjadi saluran pembuluh darah.

Gunakan teknologi 3D printing, ilmuwan bisa cetak pembuluh darah
Pembuluh darah hasil cetak 3D

Ali Khademhosseini, salah satu peneliti senior di proyek ini, menambahkan jika keunggulan dari penelitian ini adalah bahan gel Agaroseuntuk cetakan nantinya akan cukup keras untuk bisa dikeluarkan tanpa harus memotong hasil cetakan akhir dari gelatin.

Pembuluh darah sendiri berperan sebagai saluran sirkulasi darah, memungkinkan darah menyebar ke seluruh tubuh untuk mengirimkan nutrisi dan mengeluarkan zat sisa dari dalam tubuh.


Hasil penelitian ini tentunya akan sangat bermanfaat untuk digunakan saat proses transplantasi organ, di mana ada kemungkinan pembuluh darah akan rusak saat proses operasi, Gizmodo (1/6).

Penulis : Bramy Biantoro
Sumber : http://www.merdeka.com/,  Senin, 2 Juni 2014 17:16 WIB.