Selasa, 03 Maret 2015

Inilah 11 Ciri Sekelompok Pelaku Begal Motor Ada Di Lingkungan Anda !


Aksi komplotan begal motor di wilayah Jabodetabek kian meresahkan. Masyarakat diimbau meningkatkan kewaspadaan dan mengenali ciri-ciri pelaku pembegalan. alah satu tindakan antisipasi yang dilakukan kepolisian terkait pembegalan ialah tindakan preventif. Terkait hal ini, pengurus RT, RW maupun Kelurahan diharapkan dapat dengan cermat memperhatikan beberapa perilaku mencurigakan kelompok begal di lingkungannya.

  • Hadir sebagai sekelompok orang yang menyewa kost/ kontrak rumah. 

"Ciri-ciri mereka ini, biasanya kos atau mengontrak rumah. Nanti akan ada datang orang-orang yang secara bergantian ke tempat tersebut," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Martinus Sitompul, di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (25/2/2015).

  • Tidak bersosialisasi dengan warga sekitar.

Selain itu, kata dia, pelaku begal sangat tertutup dengan warga sekitar. "Walaupun sebenarnya ada yang bersosialisasi, namun ada juga yang tidak bersosialisasi dengan warga sekitar," kata dia.

Menurut dia, aparat kepolisian melakukan penyuluhan kepada seluruh komunitas di masyarakat agar melakukan pencegahan. "Kemudian, kami juga akan menjalin komunikasi dengan Lurah, RT, RW terkait informasi tentang keberadaan mereka dimana," ujarnya.

"Kami juga akan melakukan gelar personel polisi ke semua tempat rawan, seperti tempat yang pernah ada kejadian, tempat sepi, dan tanpa penerangan.‎ Selain itu dengan menempatkan anggota di Pos Pantau. Pengerahan anggota di beberapa titik juga menjadi prioritas kami," papar Martinus.

  • Mereka sering berganti-ganti motor (termasuk plat nomor kendaraannya).

Selain itu, biasanya barang-barang yang digunakan oleh mereka termasuk motor akan sering berganti-ganti, dengan sepeda motornya tidak ada plat nomor atau plat nomor yang diganti-ganti. Jika diperiksa SIM dan STNK biasanya tidak ada, karena sebagian ada anggota kelompok masih pelajar (SMP/ SMA) dan motor yang ada pada mereka biasanya motor hasil rampasan/ curian juga.

  • Dalam kelompok tersebut berkumpul atas dasar kesukuan atau kekerabatan.

Sebelumnya, diketahui kepolisian telah mengidentifikasi ada enam kelompok yang melakukan pebegalan di Jakarta dan sekitarnya. Keenam kelompok tersebut berkumpul atas dasar kesukuan atau kekerabatan.
Keenam kelompok atau sindikat tersebut ialah Kelompok Lampung, Kelompok Pandeglang, Kelompok Depok, Kelompok Bekasi, Kelompok Karawang dan Kelompok Bogor. Kepolisian saat ini sudah melakukan pengejaran hingga ke Sumatera.

  • Anggota kelompok sering keluar malam, menjelang tengah malam-dini hari/ pagi.

  • Di dalam kost/ kontrakan mereka terlihat ada beberapa senjata tajam/ senjata api yang (pastinya) disembunyikan.


  • Dari sisi penampilan, sebagian dari mereka memiliki tampilan "gahar", misalnya bertato, berambut panjang atau ciri lain yang biasanya digunakan untuk menimbulkan kesan takut pada korban pembegalan.
  • Perhatikan apakah ada sebagian dari anggota kelompok yang anggota tubuhnya ada "kecacatan" bekas luka tembak, sabetan senjata tajam, cacat lain yang mungkin akibat korban pengeroyokan

  • Sering melakukan aktivitas membawa dan menggunakan minuman keras serta narkoba. Biasanya mereka mengkonsumsi minuman keras sebelum beraksi.

  • Biasanya tempat kost/ kontrakan yang mereka pilih adalah tempat-tempat yang agak jauh dengan penduduk sekitar, penerangan jalan kurang dan berada ditempat yang "strategis", misalnya dekat jalan yang sepi, lurus dan "aman untuk melakukan aksinya.

  • Kadang mereka menyaru sebagai sekelompok "rombongan touring".


Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.
Sumber : 
  1. http://news.detik.com/read/2015/02/25/162121/2842960/10/waspadalah-ini-ciri-ciri-komplotan-begal
  2. http://www.republika.co.id/berita/nasional/jabodetabek-nasional/15/02/25/nkbroh-polisi-identifikasi-enam-kelompok-begal-motor
  3. https://id-id.facebook.com/PemudaMuhammadiyahKotaPasuruan/posts/538641809506618
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...