Senin, 09 Maret 2015

Inikah Wajah Mars di Masa Lalu ?

Wajah bumi saat ini dan wajah Mars di masa lalu

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa Mars di masa lalu lebih basah dan memiliki air. Seperti apa wajah Mars kala itu? Apakah merah seperti saat ini atau biru seperti Bumi?


Kevin Gill, seorang pengembang aplikasi, menciptakan ilustrasi wajah Mars jutaan tahun yang lalu berdasarkan data-data dari misi Mars Reconaissance Orbitter. Mars tampak kebiruan.

"Saya telah melakukan hal yang sama untuk Bumi dan melihat upaya yang lain menunjukkan adanya kehidupan di Mars. Jadi, saya pikir saya akan mencobanya," kata Gill.

"Adalah cara yang baik untuk mempelajari planet, menjadi kreatif, dan mengembangkan aplikasi yang telah saya kembangkan sebelumnya," tambahnya seperti dikutip Discovery, Rabu (2/1/2012). 

Dalam hasil ilustrasi Gill, tampak adanya samudera di Mars dengan lembah terpanjang di tata surya, Vallis Marineris. 

Tampak di sisi barat bola Mars (kanan pada gambar), pouncak-puncak tertinggi di planet merah, yaitu Olympus Mons, Pavonis Mons, Ascraeus Mons, dan Arsia Mons. 

Ilustrasi menunjukkan, wilayah lintang tinggi Mars kering dan tak memiliki vegetasi, sementara wilayah lintang rendah lebih basah dan hijau.

Gill mengakui, ilustrasinya mungkin tidak begitu tepat. Meskipun demikian, hasilnya tetap menarik. Upaya Gill adalah pertama dalam menggambarkan Mars masa lalu.

"Saya seorang pengembang aplikasi dan bukan astronom. Jadi, sebagian besar asumsi saya didasarkan pada perbandingan dataran Mars pada fitur yang sama pada Bumi, lalu menggunakan tekstur yang sama dari citra Bumi," paparnya.

Pengetahuan tentang Mars kini makin berkembang. Misi Curiosity, misalnya, telah menemukan bukti terkuat adanya air di Mars serta kemiripan tanah Mars dengan Bumi. Masih banyak yang belum diketahui tentang Mars. Ilustrasi Gill membantu manusia membayangkannya.

Permukaan Planet Mars 4 bilion tahun lalu

Permukaan Planet Mars  saat ini 

Foto di atas menyuguhkan wajah Mars 4 miliar tahun lalu. Saat itu, wajah Mars sangat berbeda dengan sekarang. Coba perhatikan, mirip Bumi, bukan?

Berdasarkan data yang telah diperoleh saat ini, Goddard Image Lab, Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) membuat gambaran Mars miliaran tahun lalu.

Foto di atas adalah bagian dari video yang dibuat NASA. Video tidak hanya menggambarkan wajah Mars di masa lalu, tetapi juga perubahan Mars menjadi planet merah dan kering seperti saat ini.

Dalam video tersebut, digambarkan bahwa Mars dahulu kaya akan danau dan sungai atau saluran air.  Joseph Grebowsky dari Goddard Space Flight Center mengungkapkan bahwa ada bukti-bukti yang mendukung kondisi Mars seperti digambarkan dalam video.

"Ada pola-pola struktur saluran yang konsisten menunjukkan permukaan yang tererosi oleh air seperti di Bumi," kata Grebowsky seperti dikutip Daily Mail, Kamis (14/11/2013).

Pola-pola itu juga terdapat pada kawah tumbukan di Mars. Kawah-kawah besar di Mars yang dulu pernah punya air masih eksis hingga kini. Petunjuk adanya air bukan hanya dari pola itu, tetapi juga dari kandungan mineral di permukaan Mars. Ada mineral seperti hematite dan clay yang hanya bisa dihasilkan dengan adanya air.

Video Mars Evolution

Video menunjukkan beberapa perubahan di Mars. Permukaan yang sebelumnya kaya air menjadi kering. Selain itu, atmosfer Mars juga berubah. Sebelumnya, langit Mars berwarna biru namun kemudian berubah menjadi pink.

Sumber : 

  1. sains.kompas.com,  Kamis, 3 Januari 2013,15:02 WIB.
  2. sains.kompas.com, Minggu, 17 November 2013 | 17:28 WIB
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...