Selasa, 03 Maret 2015

Waspada : 6 Ciri-Ciri Pelaku Copet Di Kendaraan Umum Dan 13 Cara Menghindarinya.


Cara Copet Beraksi
Beginilah cara copet diangkot beraksi, Satu tangan diatas dan satu tangan lagi menyelinap dibalik tas atau jaket, copet satu lagi berjaga-jaga , mencoba mengalihkan perhatian atau mencopet penumpang lainnya.

Marilah kita kenali ciri-ciri copet:
  • Biasanya terdiri dari dua orang, baik naiknya bersamaan maupun tidak, jika tidak biasanya copet kedua  naik tidak jauh dari copet pertama, pura -pura tidak kenal antar satu copet dengan temannya tersebut.
  • Membawa jaket ditangan atau tas besar namun tidak ada isinya, terkadang tas besar namun keliatan ringan mungkin diisi busa, tas atau jaket disimpan dipangkuan semua itu untuk menutupi aksinya.
Cara Copet Beraksi
  • Berpakaian rapi, beberapa yang saya temui pakai kemeja, pakai sepatu, ada juga yang pakai topi.
  • Umur bervariasi, waktu di daerah cileungsi dua-duanya umurnya sekitar 25 tahunan, sedangkan copet diangkot leuwiliang umurnya sekitar 40 dan 45 tahunan, yang lebih muda bertampang kumal.
  • Gerak-geriknya mencurigakan, biasanya memperhatikan si korban terlebih dahulu dari ujung kaki sampai ujung rambut.
  • Duduknya suka mepet berdekatan walaupun disekitarnya tempat duduk masih kosong.


Cara untuk menghindarinya:
  • Sisakan uang seperlunya untuk ongkos dikantong, simpan uang yang jumlahnya besar atau hape ditempat yang jauh dari jangkauan copet misalnya didalam lipatan baju didalam tas atau pecah-pecah uang dibeberapa tempat supaya jika salah satu hilang masih ada yang lain.
  • Curigai orang yang membawa tas besar atau jaket dipangkuan.
  • Curigai orang dengan gerak-gerik yang mencurigakan, duduk mepet-mepet, memperhatikan orang dari ujung kaki sampai ujung rambut.
  • Curigai orang yang salah satu tangannya tersembunyi dibalik tas atau jaket.
  • Jangan melamun dan usahakan tidak tertidur.
  • Jangan terpaku pada satu pandangan, cobalah sekali-kali melirik kearah lain.
  • Jangan coba-coba pamer hape, pake hape seperlunya dan simpan lagi ditempat yang aman.
Posisi resleting tas
  • Posisi resleting tas, jika memakai tas dengan resleting ganda, ubah posisi resleting ke posisi atas supaya terlihat oleh penumpang lainnya.
  • Jika selama perjalanan anda tidak akan mengambil apa-apa dari tas, alangkah baiknya tas anda dibungkus dengan rain cover atau bag cover.
  • Jika di dalam angkot hanya tersisa Anda dan orang yang dicurigai copet, lebih baik anda turun dan mengganti dengan angkot yang lain, lebih baik rugi nambah diongkos daripada nyawa dan harta anda terancam, tapi ingat turunlah ditempat yang ramai.
  • Untuk copet yang beraksi dibangku bis juga hampir sama modusnya dengan yang diangkot, biasanya menawarkan tempat duduk padahal dibangku tersebut telah menunggu temannya sesama copet.
  • Mudah-mudahan berguna bagi angkoters dan membuat angkoters lebih waspada.

Berikut contoh peristiwa pencopetan yang saya ambil dari salah satu sumber :

Kasus 1 :

Copet Angkot Di Wilayah Bandung Utara, Ini pengalaman ane, kejadiannya baru kemarin siang, di angkot riung – dago. Di daerah unp*d, Langsung aja gan. Pencopet yang beraksi ada 4 orang gan.
Ini gambar letak korban pencopet dan ane.


Inilah reka ulangnya

  • Pencopet 1 berpura-pura membuka kaca mobil yang dekat dengan korban sambil mengucapkan “awas neng awas neng”
  • Kedua korban bingung sambil menjerit “ada apa ada apa”
  • Ane melongo
  • Pencopet 1 “tangan, tangan kecepit”
  • Kedua korban mulai setengah berdiri menjauhi kaca sambil berteriak “mana mana”
  • Pencopet 2 dan 3 mulai merogoh-rogoh tas korban yang terbuka. 
  • Pencopet 4 : “tenang mba tenang mba”
  • Ane ngeliatin tas yang di rogoh para pencopet.
  • Supir menghentingkan angkotnya.
  • Korban keluar angkot dengan muka yang sangat kesal.
  • Ane langsung liat semua tangan pencopet, sambil ane pindahin posisi tas ane.
  • Tapi ane gak tau apakah pencopet itu sukses melakukan aksinya, karena kejadiannya sangat cepat.


Kasus 2 :
Pengalaman Copet di Angkotz pt.1
Tadi pagi, Rabu 25 April 2012, gua sengaja bangun siang. karena kuliah masuk jam 10 pagi, jadi gua berangkat jam 8.30 pagi, dengan dianterin sodara gua, sodara umat islam sedunia hehehhe. alias ngangkotz.. n nge deborahezzz. itulah trayek gua sehari-hari, naik angkot s.14, dan dilanjutkan bis ungu tujuan depok langsung, deborah. nah, masalahnya di angkot s.14 itu gua jadi sasaran copet bro. copet. setelah ibu-ibu yang turun lebih cepat, gua jadi inceran. nah mungkin disini gua ngasih pengalam orang lain yang hampir mengalami kecopetan. kesamaannya, ibu2 di post gua sama posisinya dengan ibu2 di post mbak ini.


Gue : 10
Si Ibu" : 6 
Copet 1 : 5
Copet 2 : 4
Orang yang gue curigain juga : 9

Angkot yang gue tumpangin ini dalam keadaan penuh karena sebelumnya udah ngetem di pal . Gak tau emang gue kurang kerjaan atau karena pengalaman juga . Gue selalu liatin semua orang yang ada di angkot pas gue naik . Trus ..gue selalu cek tangan mereka . Apakah ada di depan atau lagi megang sesuatu ( ini karena gue juga takut akan orang cabul yang suka grepe" atau gelagat gaje ) . 

Tapi keisengan gue ini bermanfaat lho.. Pas gue liat orang yang duduk di posisi 5 . Tangan dia itu satu di depan , satu lagi ditutupin pake tas . Tas gede ...tapi kosong . ( curiga , dan malah gue liatin dengan polos ) . Otomatis dia juga ngeliatin gue . Padahal gue udah gak ngeliatin lagi setelah itu , melainkan ngeliatin si abang angkot lewat kaca . Gak tau mau ngasih tau ada copet ato emang karena risih juga pas tau gue liatin . ahaha . 
Tapi aneh deh setelah itu gue ngerasa diliatin sama si no 5 , no 4 ,dan no 9 . Eitzz ... sory yaa.. bukannya ge-er !! namanya diliatin , pasti kerasa gimana....gitu. Yoda akhirnya gue liatin balik dan mereka langsung riweuh gitu , si no 4 malah sok-sok batuk dan ngeludah deket ibu-ibu lewat jendela. Kalo gak ada apa-apa harusnya biasa aja dongg .. Dan di situ gue ngerasa deg deg'an bangetttttttt ..... udah sampe gundar padahal , pengen bgt turun ....tapi gue masih kepikiran ongkos begonya . Sayang banget kalo naik turun angkot . hehe . 

Akhirnya dalem hati cuma bisa istigfar ..udah pasti ini copet ... " Ya Allah tolong Ya Allah , kenapa deg deg bgt sih bukannya tenang dikit " sampe rasanya kaki gue gak bisa gerak dan gue juga takut banget kena inceran . Dan ... buat ngilangin degdeg itu . Dengan panik gue ngebuka tas yang sedari tadi masih gue geleyotin di belakang , cari-cari duit buat ongkos turun . Herannya .... ke 3 orang itu . no 5 , 4 dan 9 ikut-ikutan nyiapin ongkos dengan galagat panik . Lho .. mau ikut turun juga orang-orang ini ?? akhirnya gue udah mulai tenang dengan hasil istigfar gue , dan bertekad gak turun sebelum sampai tujuan . 

Gak lama setelah gue pikir gitu .. mereka bertiga turun lah di halte UI . Tepatnya si no 4 dan 5 aja . Yang no 9 turun sekitar 5 meter lebih jauh dari halte .Alhamdulilah .... Trus mata gue gak berpaling dari si ibu-ibu yang mojok itu , berniat nanya tadinya . Apakah ada yang ilang atau gimana . Betzz... tapi gak lama si ibu-ibu itu mulai ngorek-ngorek tasnya ... gue pun semakin penasaran , apakah si copet berhasil . Jahat bgt gue yaa ...hehe . Dan dia telpon seseorang dengan gelagat sedikit panik . " Dek ..aduhh , ibu mau ke kuningan tapi dompet ibu ketinggalan kayaknya " Lho , kok ketinggalan ?? pasti si ibu-ibu ini ngarang tuh . 

Gue yakin kalo dia itu udah kecopetan . Bu ..tadi saya liat sendiri kok bu . Coba ibu-ibu ingat-ingat lagi , bukan ketinggalan kali .. Tapi ocehan gue itu gak sampe di mulut , cuma dalem hati aja . Bukannya gue gak mau ngomong tapi ..."Kiri bang !!! " kata gue . Tuh kann ...guenya udah keburu turun , ini aja gue udah kelewat kampus dikit ...hehe . Jadi gak enak juga ... semoga ini bisa jadi pelajaran buat gue . Maaffffff bageeeet bu ....

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda untuk selalu berhati-hati di kendaraan umum. Tips Aman buat para perempuan ketika naik angkot
  1. Pas naik angkot, pegang pintunya.. Naik pelan2 jangan sok manja pake minta ditolongin ama sopirnya
  2. Kalau sopir bertanya “mau kemana mbak?” jangan dijawab “mau kehatimu”(bikin sopir galau aja)
  3. Walau narsis jangan sampai berfoto dengan sopirnya apalagi di upload diFB
  4. Naik angkot gak perlu pake dandan cantik, Karna cuma di FTV aja yang sopir angkotnya ganteng
  5. Pas sopir mau memasukan gigi gak usah sok romantis pake pegang tangan dan menatap mata si sopir
  6. Kalau duduk dibelakang sopir gak usah tiba2 nutup mata sopir angkot terus bilang “coba tebak aku siapa?”
  7. Kalau sudah sampai tujuan, ucapkan “kiri pir..” jangan “kiri beib”(INGAT!!)
  8. Sepenuh apapun angkotnya jangan sampai duduk dipangkuan Sopir.. Pokoknya jangan!!
  9. Terakhir dan terpenting kalau terima uang kembalian, terima aja gak usah pakai acara cium pipi atau tangan segala.

Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.
Sumber :
  1. https://eengsu.wordpress.com/2010/04/06/ciri-ciri-copet-dan-cara-menghindari-copet-diangkot/
  2. http://www.kaskus.co.id/thread/508757aee774b4876200001a/copet-angkot-di-wilayah-bandung-utara
  3. http://uyabpratama.blogspot.com/2012/04/pengalaman-copet-di-angkotz-pt1.html
  4. https://muktiivan.wordpress.com/2012/08/23/tips-aman-buat-para-cewek-jika-naik-angkot/
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...