Selasa, 10 Maret 2015

Lupa Minum Pil KB, Apa yang Harus Dilakukan?


Salah satu kelemahan metode kontrasepsi oral (pil KB) adalah kita sering lupa mengonsumsinya secara teratur. Jika itu yang terjadi, jangan panik. Ketahui apa yang harus dilakukan agar tidak "kebobolan". 

Saat kemarin Anda lupa mengonsumsi pil KB, segeralah minum begitu Anda ingat. Bila Anda baru mengingatnya dua hari kemudian, minumlah dua pil. Jika Anda lupa untuk minum pil KB selama dua hari, minumlah dua pil saat Anda mengingatnya dan 2 pil lagi keesokan harinya. Dengan demikian Anda akan kembali pada jadwal.

Tetapi terkadang karena kesibukan bukan tak mungkin kita lupa minum lebih dari dua kali. Jika ini yang terjadi, tanyakan pada dokter atau bidan apa yang harus dilakukan. Biasanya mereka akan menyarankan untuk minum satu pil setiap hari hingga minggu dan mulai satu kemasan, atau membuang satu pak dan mulai lagi dengan satu pak baru. 

Untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan, kapan pun Anda lupa minum pil, gunakan metode kontrasepsi lainnya sampai Anda menghabiskan satu pak pil. 

Tidak teratur minum pil KB bisa meningkatkan kemungkinan dilepaskannya sel telur dari ovarium. Namun jika Anda lupa minum 7 pil terakhir (atau 4 pil atau 4 pil plasebo atau 2 pil terakhir dari 2 pil plasebo) dalam 28 hari pak pil, risiko kehamilan tak meningkat karena pil seperti ini biasanya memiliki kandungan tak aktif. 

Tetapi ada juga pil yang tidak memiliki pil plasebo, karenanya Anda harus minum secara teratur. Jika haid terlambat dan Anda lupa minum satu atau lebih pil, lakukan pemeriksaan kehamilan. 

Cukup banyak wanita yang tidak menstruasi saat mengonsumsi pil KB dosis rendah meski secara teratur minum pil. Hal ini termasuk normal dan tak perlu dikhawatirkan.


Kapan Saat Paling Tepat Minum Pil KB?


Dok, saya mau tanya, saya kan baru kali ini mau konsumsi pil KB. Di sana petunjuknya di minum saat hari pertama haid, tapi saya baru seminggu yangg lalu haidnya. Apa bisa di minum sekarang atau harus nunggu saya haid lagi. Mohon penjelasannya ya terimakasih.
Ayu Chalistha (19), Bandung

Jawab :
Ibu Ayu yth,
Untuk memulai mengonsumsi pil KB yang terpenting adalah saat tidak hamil. Jadi yang paling mudah adalah saat haid. Bila ibu ingin minum pil KB setelah haid selesai boleh saja, asalkan yakin tidak hamil. Biasa nya pada 1-2 bulan pertama minum pil KB haid akan terganggu, namun selanjutnya akan normal lagi. Semoga lancar dengan pil KB-nya.

Sumber :

  1. www.webmd.com, dikutip dari : health.kompas.com., Senin, 9 Maret 2015, 19:17 WIB.
  2. health.kompas.com, Senin, 15 Desember 2014, 18:00 WIB.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...