Inilah Bahaya Terlalu Sering Menekan F5 Pada Komputer !


F5 pada keyboard komputer berfungsi untuk me-refresh, bahkan banyak orang yang menekan tombol ini ketika komputer mereka mulai berjalan lambat. Hal ini terkadang membuat saya tertawa geli ketika melihat teman yang secara terus menerus menekan tombol F5 sambil ngomel-ngomel karena komputer yang sedang di pakainya mulai lemot.

Tidak banyak orang yang mengetahui bahaya karena terlalu sering menekan tombol F5, dipikiran mereka kebiasaan ini merupakan sesuatu yang lumrah dan akan semakin mempercepat kinerja komputer. Justru malam sebaliknya, terlalu sering menekan tombol F5 akan membuat komputer anda cepat rusak dan hang.


Jika anda masih penasaran apa saja bahaya akibat terlalu sering memencet tombol F5 atau me-refresh komputer, maka coba simak tulisan dibawah ini.


1. Me-refresh Dekstop Tidak Akan Mempercepat Kinerja Komputer

Pernakah anda me-refresh komputer ketika baru saja menyala ? mungkin anda berpikiran bahwa hal ini bisa mempercepat kinerja komputer, justru sebaliknya hal ini adalah salah besar. Lambat atau cepatnya suatu komputer tidak ada hubungannya dengan refresh, justru terlalu sering menekan F5 bisa membuat komputer anda menjadi hang


2. Sering Me-refresh Akan Membebani Processor dan Menaikan Suhu Processor

 Siapa bilang me-refresh komputer bisa mempercepat kinerja komputer, hal ini justru membebani processor komputer anda dan pada akhirnya akan membuat suhu pada processor menjadi lebih panas. Jika anda tidak percaya cobalah instal software pengukur suhu processor pada komputer dan buktikan sendiri.

Processor akan bekerja hingga 100 persen apabila anda terlalu sering menekan tombol F5, Kalau tidak percaya, coba buka Task Manager komputer anda (klik kanan di tasbar, pilih Start Task Manager kemudian pilih tab Performance). Nah, setelah dibuka, tekan F5 di desktop anda untuk me-refresh desktop.


3. Me-refresh Komputer Tidak Akan Mempercepat Load Suatu Situs

Banyak orang yang menekan tombol F5 atau refresh desktop apabila halaman suatu situs yang sedang di bukanya lemot. Hal ini yang membuat saya tak habis pikir, bahkan dalam hati hanya bisa tertawa karena hal ini tidak mempercepat loading suatu situs tetapi yang sebenarnya dilakukannya adalah mengulur waktu dengan me-refresh agar dia tidak bengong nunggu halaman selesai dimuat.


4. Membuat Komputer Menjadi Hang

Menekan tombol F5 atau refresh secara terus menerus justru akan membuat Komputer kesulitan untuk memuat ulang desktop dan lama kelamaan komputer akan menjadi hang. Fakta ini bisa terjadi pada komputer yang lambat atau komputer yang memiliki begitu banyak start up atau aplikasi berat didalamnya, sehingga dengan me-refresh secara berulang hanya akan menambah beban kerja pada komputer anda.


Itulah bahaya akibat terlalu sering menekan tombol F5 atau refresh pada komputer. Bagaimana apakah anda masih suka melakukan kebiasaan me-refresh komputer setelah membaca tulisan diatas.

Penulis : Ririn Sari
Sumber : informasikankerservik.blogspot.com, 7 Desember 2014.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?