Jumat, 22 Mei 2015

Menguak Misteri Puncak Garuda, Titik Tertinggi Gunung Keramat Merapi.

Inilah pemandangan indah dari Puncak Garuda, puncak misteri Gunung Merapi.

Gunung Merapi dilingkupi misteri yang berbau mistis. Banyak cerita-cerita aneh dari warga sekitar gunung yang sudah beberapa kali mengalami erupsi besar itu. Kita masih mengingat dulu pada tahun 80-an dipopulerkan sebuah sandiwara radio "Misteri Gunung Merapi", bahwa gunung merapi dikuasai oleh Mak Lampir dan kawannya Grandong. Yang kemudian kisah ini di buat film layar lebar dan sinetron.

Benarkah Gunung Merapi berpenghuni makluk halus ? Artikel ini tidak membahas dunia klenik di Gunung Merapi, tetapi sebuah misteri nyata dan baru saja menelan korban jiwa, inilah legenda nyata  "Puncak Garuda" yang ada di puncak Gunung Merapi !


Bagi anda yang pernah mendaki Gunung Merapi, tak lengkap rasanya bila tidak menaiki batu curam "Garuda" di Puncak Gunung Merapi. Salah satunya mengenai batu menjulang tinggi di puncak Merapi yang menjadi lokasi Erri Yunanto, 21, berfoto dan terpeleset jatuh ke kawah pada Sabtu (16/5) pekan lalu.

Walau sudah dilarang dan berbahaya, tapi tetap saja banyak yang nekat memanjatnya. Setelah erupsi tahun 2010, tingkat risikonya bahkan semakin tinggi, dan sudah terbukti pada Erri Yunanto, mahasiswa yang terjatuh ke kawah.



Misteri Puncak Garuda yang runtuh dan pengantinya.

Nah, bau-bau mistis pun muncul. Pasalnya, batu yang dijadikan lokasi Erri berfoto itu, bentuknya mirip sekali dengan Puncak Garuda yang sudah hilang sebelumnya. 

Di lokasi batu menjulang yang mirip tebing itu dulu ada batu yang mendapat sebutan "Puncak Garuda'. Hanya saja, Puncak Garuda itu hilang atau luruh karena letusan dahsyat Merapi tahun 2010. Puncak Garuda hilang dan tinggal menyisakan beberapa bagian saja. Nama yang diberikan pada bekas puncak ini pun berganti menjadi Puncak Tusuk Gigi karena bentuknya yang runcing seperti tusuk gigi.

Perkembangan "puncak tusuk gigi" penganti "puncak Garuda" yang hilang akibat erupsi tahun 2010 (kanan bawah)

"Batu itu menurut saya aneh sekali. Saya amati, bentuknya itu mirip sekali dengan Batu Garuda yang lama, yang sudah hilang. Saya sendiri juga ndak tahu sejak kapan ada batu itu," cerita Triyono, seorang pemuda warga desa Lencoh, Selo, Boyolali, kepada JPNN, Senin malam (18/5).

Fandi, salah seorang pendaki yang berpengalaman menaiki puncak Merapi bercerita, tekstur batu puncak Garuda sebelum erupsi 2010 lebih kokoh dibandingkan yang sekarang. Pria yang sudah naik ke Puncak Merapi 3 kali sebelum erupsi 2010 dan 4 kali setelahnya itu, merasakan ada bahaya baru yang mengancam para pendaki di puncak Garuda.

Kemiripan bentuk"puncak tusuk gigi" dan "puncak Garuda"

"Yang lama tekstur batunya lebih kokoh daripada yang baru. Yang ke puncak baru sekarang pasti ngerasain banget tekstur bebatuan jalur ke puncak lebih rawan longsor ketimbang dulu," ceritanya kepada detikcom, Rabu (20/5/2015).

Dari warna batuan bisa juga terlihat perbedaannya. Kondisi puncak Merapi sebelum erupsi didominasi abu-abu putih, sekarang warnanya lebih pekat. Menurut Fandi, itu pertanda bebatuan tersebut dikeluarkan dari perut Merapi.


Pria asal Pati, Jawa Tengah ini punya pengalaman tersendiri saat menaiki puncak Garuda, batuan curam yang juga dinaiki oleh Erri Yunanto. Menurut dia, tidak gampang memanjat batuan tersebut. Dia juga mengakui, ada bahaya yang mengancam keselamatan jiwa di atasnya.

Meski sudah "akrab" dengan Merapi, Tri tetap tidak berani sesuka-sukanya naik di batu menjulang tinggi itu. Diakui, dia pernah berada di puncak batu itu. Karenanya, dia bisa menduga-duga bagaimana posisi Erri hingga terpeleset dan jatuh ke kawah.

"Karena untuk naik ke batu itu bukan hal yang sulit. Yang sulit itu saat turun. Saya saja yang sudah terbiasa di situ, saat turun itu saya gemetaran. Cereboh sedikit saja, pasti terpeleset," cerita Tri. 

Sulitnya mengapai Puncak Paruda.

"Kesulitan maybe tingkat kemiringan puncak Garuda-nya. Harusnya kalau ke puncak Garuda harus dengan alat safety climbing yang mumpuni untuk keselamatan masing-masing para pendaki. Yang terjadi pada umumnya, orang yang mendaki gunung yang masih awam, menomorduakan masalah self safety," sarannya.


Selo merupakan jalur pendakian masuk Merapi. Sejak masih usia belasan tahun, Triyono sudah terbiasa naik turun ke puncak Merapi. Saat ini, pria dua anak itu menjadi guide, menemani sejumlah turis yang ingin mendaki ke Merapi.


Pesona Alam Puncak Merapi dari Puncak Garuda.







Perjalanan panjang dan ngeri menuju Puncak Garuda Merapi.

Mau ke Puncak Garuda tanpa resiko ?
Lihat saja Video pendakian munuju Puncak Garuda  berikut :

Video : "PUNCAK GARUDA GUNUNG MERAPI TH 2007"

Video : "PUNCAK TUSUK GIGI (PENGANTI PUNCAK GARUDA) GUNUNG MERAPI TAHUN 2011"

Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.
Sumber : 
  1. http://www.jpnn.com/read/2015/05/19/304844/Misteri-Batu-di-Puncak-Merapi-yang-Dipanjat-Erri-Yunanto
  2. http://news.detik.com/read/2015/05/20/130936/2919830/10/cerita-pendaki-soal-bahaya-puncak-garuda-sebelum-dan-sesudah-erupsi-2010


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...