Selasa, 23 Juni 2015

Bahaya Teh Celup Bagi Kesehatan dan Solusi Aman Menikmati Teh Celup...

http://us.images.detik.com/content/2011/09/06/234/tehedit.jpg

Anda suka minum teh ? Anda biasa berbuka puasa dengan minum teh manis ?

Teh termasuk minuman favorit keluarga, karena aromanya wangi dan rasanya nikmat. Teh bisa diminum dalam kondisi hangat ataupun dingin, yakni dengan menambahkan es batu. Jika dahulu, teh dijual dalam bentuk daun teh kering, sekarang ini jauh lebih praktis, yakni dalam bentuk serbuk daun teh yang dikemas dalam kantong (teh celup).

Teh celup bisa dibilang banyak peminatnya, karena memang sangat praktis dan memudahkan siapapun yang ingin menikmatinya.  Tinggal tuang air panas, celup tehnya dan tambahkan gula, jadi dech. Tidak perlu menggunakan saringan lagi, karena ampas teh akan tetap berada didalam kantungnya.


Bahaya Teh Celup bagi Kesehatan

http://1.bp.blogspot.com/-Et0bLZTRWuw/Tq5nEFsc85I/AAAAAAAAAF4/CdAHdGMCQ18/s1600/teh+celup.jpg

Namun tahukah Anda bahwa ada bahaya yang mengintip dibalik penggunaan teh celup?
 Sebenarnya teh celup tidaklah bahaya, namun kertas pembungkusnya yang berwarna putih bersih tersebut yang disebut berbahaya bagi kesehatan, karena mengandung zat klorin. Klorin dalam kertas sendiri berfungsi

sebagai disinfektan sehingga kertas bebas bakteri pembusuk dan lebih tahan lama. Klorin bisa ikut larut kedalam minuman Anda apabila dicelup dan direndam dalam waktu lama.
 
Penasaran apa sajakah bahaya dari penggunaan teh celup terlalu lama dalam gelas? Simak informasinya berikut ini :
  • Menyebabkan kemandulan pada pria
  • Ibu hamil akan melahirkan bayi dalam kondisi cacat dan mengalami keterbelakangan mental
  • Meningkatkan risiko penyakit kanker


Bagaimana solusi untuk mengatasinya?

Meskipun mengandung bahaya, namun Anda tidak perlu merasa cemas karena ada solusi untuk menghindari bahaya zat klorin. Mungkin sebagian dari Anda berpikir, dengan merendam teh lebih lama, maka rasa teh akan menjadi nikmat karena sari teh akan keluar sempurna. Ternyata justru itulah yang berbahaya, karena semakin lama Anda merendam teh celup, maka kandungan clorin didalam teh akan larut kedalam minuman Anda. 

Cara menghindari zat klorin adalah dengan tidak merendam teh celup terlalu lama dalam air panas. Setidaknya, rendam teh celup kurang dari tiga menit.

Masih merasa takut?
Jangan karena masalah kantung teh celup yang mengandung klorin, lantas Anda menghindari minuman teh yang nikmat. Jika Anda masih merasa takut terkontaminasi zat klorin, ada baiknya beralih pada teh tubruk. 

http://cdn.kaskus.com/images/2013/10/30/4307630_20131030083438.jpg

Meskipun agak ribet karena harus menyaring ampas teh, setidaknya lebih aman dan nikmat. Semoga informasi tentang  Bahaya Teh Celup Untuk Kesehatan dan Solusi Menikmati Teh Celup diatas dapat menambah pengetahuan Anda semua.

Ayunin Jafar
Sumber :  log.viva.co.id, 3:43 PM
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...