Daging Kambing dan Sapi Tidak Mengganggu Kesehatan, Yang Berbahaya Adalah Garamnya....


Daging merah seperti kambing, sapi, dan domba sebenarnya pangan sehat. 
Namun, salah satu yang membuatnya menjadi tak sehat adalah penambahan garam yang berlebihan saat memasak. 

Untuk meningkatkan cita rasa gurih dan menghindari risiko hipertensi karena terlalu banyak garam, kita dapat menggantinya dengan kekayaan rempah nusantara. 


Dokter Spesialis Gizi Klinik dr. Johanes Chandrawinata pernah berkata kepada Kompas.com, semua rempah dapat menghasilkan rasa gurih. "Terutama kemiri," ujar Johanes melalui pesan singkat, Jumat (31/8/2017). 

Selain memanfaatkan aneka rempah, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB) Profesor Dr Ir Ali Khomsan pernah berkata, rasa gurih juga dapat diakali dengan penggunaan lemak. 

Ali berkata, masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan untuk menambahkan garam dalam kudapan yang semestinya tak perlu dibubuhkan. Misalnya, saat membeli kentang goreng, garam juga ditaburkan agar rasa kentang menjadi asin. 

"Jadi kalau dikatakan garam bermanfaat karena untuk iodium yang diinginkan oleh tubuh, itu benar, tapi kita juga harus mewaspadai garam, maka kita harus biasakan dalam keluarga kita konsumsi garam dalam jumlah wajar," ucap Ali. 

Batasan konsumsi garam per hari yang dibutuhkan tubuh sekitar 3-5 gram. Lebih dari itu, pengunaan garam perlu diwaspadai. 

Ali menganjurkan kepada masyrakat untuk terbiasa menghitung jumlah konsumsi garam. Perhitungan itu juga bisa diterapkan terhadap bahan masakan lainnya, seperti gula dan minyak. 

Dalam sehari, tubuh hanya boleh menerima minyak goreng sekitar 25 cc. "Kalau ada empat anggota keluarga, sebulan sekitar 3-4 liter. Kalau habis 10 liter minyak goreng, berarti itu berlebihan," kata Ali. 

Penulis : Gloria Setyvani Putri
Sumber : sains.kompas.com, 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?