Inilah 5 Keistimewaan Sukhoi SU-35 Milik Tentara Nasional Indonesia.


Sebentar lagi Indonesia bakal memiliki 11 pesawat tempur baru, Sukhoi SU-35 buatan Rusia. Seperti diberitakan Kompas.com pada Sabtu (11/8), Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menegaskan, pembahasa pengadaan 11 pesawat itu sudah tuntas.

Pesawat-pesawat itu, masih menurut Ryamizard, dijadwalkan tiba bertahap pada Oktober 2019 nanti.

“Tidak ada masalah, semua sudah tuntas, kontrak sudah ditandatangani. Imbal belinya yang belum,” ujar mantan perwira tinggi TNI AD itu.

Berbicara soal Sukhoi SU-35 buatan Rusia ini, yang dikabarkan membuat Australia ketar-ketir, apa sih yang membuatnya begitu istimewa?

Yuk kita cari tahu kelebihan-kelebihan pesawat canggih ini, seperti dikutip dari Tribunnews.com.


  • Pesawat generasi 4++
Seperti dilaporkan oleh Sukhoi.org, SU-35 adalah pesawat gerenasi 4++ dengan teknologi generasi kelima.

Produsen pesawat ini membuat SU-35 lebih unggul dari semua tipe pesawat generasi empat lainnya.

Pihak Sukhoi sendiri mengklaim SU-35 akan mendominasi pasar dunia.

Video "Су-35. Гость из будущего». Военная приемка"
  • Sistem kontrol baru
SU-35 merupakan pesawat baru yang menggunakan nama lama. Badan pesawat SU-35 lebih baik, hal itu mampu meningkatkan masa kerja pesawat secara dramatis.

SU-35 mempunyai sistem kontrol terpadu baru yang dikembangkan oleh MNPK Avionika Moscow-based Research and Production Association.

Kontrol tersebut secara bersamaan melakukan fungsi beberapa sistem, di antaranya kendali jarak jauh, kontrol otomatis, sistem sinyal pembatas, sistem sinyal udara, dan sistem pengereman roda sasis.

  • Mata dan telinga
Inilah inti dari persenjataan SU-35 yang bikin para musuh gemetar.

SU-35 dilengkapi sistem kontrol radar baru dengan antena array bertahap (Irbis-E). Sistem kontrol ini mempunyai kemampuan unik dalam hal jangkauan deteksi target.

Irbis-E mendeteksi dan melacak hingga 30 target udara, mempertahankan kontinuitas pengamatan ruang dan melibatkan hingga delapan sasaran.

Sistem akan mendeteksi, memilih, dan melacak hingga empat target dasar dalam beberapa mode pembuatan peta dengan berbagai resolusi pada jarak hingga 400 km, tanpa berhenti untuk memantau wilayah udara.

Irbis-E mendeteksi target udara dengan penampang mutlak 3 m2 pada jalur langsung pada jarak hingga 400 km. Sebagai peningkatan radar dengan PAA, Irbis memiliki kemampuan yang jauh lebih baik.

Yaitu, bisa memperluas pita frekuensi operasi (lebih dari dua kali), kemampuan anti-jamming yang lebih baik, dan lain-lain.

Di antara sistem onboard Su-35 baru lainnya adalah peralatan navigasi dan komunikasi radio modern, sistem menjaga operasi pejuang dalam formasi dan suite penanggulangan elektronik yang sangat efisien.

  • Bagian penting pesawat
Perbedaan penting lain SU-35 dari pendahulunya adalah pesawat ini memiliki mesin baru dengan dorongan yang meningkat.


Mesin tersebut dikenal sebagai 117S yang dikembangkan oleh NPO Saturn Research and Production Association.

Dalam hal teknik, mesin secara substansial memodifikasi mesin produksi AL-31F yang menggunakan teknologi generasi kelima.

Kemutakhiran tersebut telah meningkatkan mode dorong mesin sebesar 16 persen, hingga 14.500 kgf.

  • Sistem onboard baru

Ciri khas Su-35 adalah penggunaan seperangkat instrumen onboard baru. Intinya adalah sistem manajemen informasi (IMS) yang mengintegrasikan subsistem fungsional, logis, informasi dan perangkat lunak ke dalam satu kompleks yang memastikan interaksi antara awak dan peralatan.

IMS mencakup dua komputer digital pusat, perangkat pergantian dan informasi dan sistem indikasi yang dibangun di atas konsep kokpit 'all-glass'.

Sistem onboard dan persenjataan di kokpit Su-35 yang baru, dikendalikan oleh tombol dan sakelar pada kontrol joystick pesawat dan tuas kontrol mesin serta dengan susunan tombol pada display multi fungsi.

Sumber : intisari.grid.id, Sabtu, 11 Agustus 2018, 17:15 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??