9 Panduan Memilih Jajanan Sehat.


Setelah menebar teror racun pada makanan yang mungin ankan anda konsumsi untuk sahur atau berbuka puasa, saatnya saya sajikan cara mencegah termakannya makanan berbahaya masuk tubuh kita.

Setelah anda kenali ciri-ciri makanan yang mengandung bahan berbahaya pada makanan anda mari kita menyimak cara mendeteksi makanan tersebut aman atau tidak.


Untuk memastikan makanan yang dikonsumsi anda kosumsi aman, berikut ini adalah 5 panduan memilih makanan atau jajanan yang sehat :
  1. Lebih baik mengkonsumsi makanan yang dibuat pabrik, karena bisa dipastikan terkontrol standar kualitasnya, terdaftar di Departemen Kesehatan, ada pihak yang bertanggung jawab terhadap produk 
  2. Cermati selalu tanggal kedaluarsa, tingkat kemulusan kemasan, tidak rusak, gembung, dekok, karatan untuk memastikan ke-baru-an produk tersebut.
  3. Jangan tergiur harga murah !, ingat itu adalah produk cuci gudang, membuang produk ke pasar agar cepat habis, kemungkinan mepet tanggal kedaluarsanya.
  4. Hindarilah makanan yang berwarna mencolok atau jauh berbeda dari warna aslinya. Menurut Ir Chandra Irawan dari Akademi Kimia Analis (AKA) Bogor, jajanan ,seperti kerupuk, mi, snack, atau es krim yang berwarna terlalu mencolok ada kemungkinan sudah ditambahi zat pewarna yang tidak aman.
  5. Cicipi rasanya. Makanan yang tidak aman umumnya berasa tajam, misalnya sangat gurih dan membuat lidah bergetar. ”Biasanya lidah kita cukup jeli membedakan mana makanan yang aman dan yang tidak,” katanya.
  6. Baui aromanya. Bau apek atau tengik pertanda makanan itu sudah rusak atau terkontaminasi mikroorganisme.
  7. Amati komposisinya. Jadilah konsumen cerdas dengan membaca secara teliti kandungan bahan makanan yang ada. Bila ingin membeli produk impor, pastikan produknya sudah terdaftar dan memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan yang bisa dicermati dari label dalam kemasan.
  8. Perhatikan teksturnya. Tekstur makanan bisa menandakan kesegaran makanan. Makanan yang sudah berubah warna, apalagi berjamur, menandakan produk yang sudah kedaluwarsa.
  9. Harga !, harga makanan terlalu murah ??? terbuat dari bahan apa ya kok bisa murah ?


Penulis : Yohanes Gitoyo.
Sumber : http://health.kompas.com/, Rabu, 2 Maret 2011, 11:32 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??