Jumat, 19 Juli 2013

Berburu Dimana Letak Taman Eden (Firdaus) itu ?


Sejak Maret 2003, ketika pasukan AS dan sekutunya menginvasi Irak 29 untuk menggulingkan rezim diktator Saddam Hussein, baik Kristen maupun sekuler media telah berkali-kali menyatakan bahwa Irak adalah lokasi dari Taman Eden Alkitab. (Beberapa sumber sekuler, bagaimanapun, juga akan menggambarkan surga sebagai "mitos" atau "dongeng," seolah-olah itu tidak pernah benar-akan menggambarkan surga sebagai "mitos" atau "dongeng," seolah-olah itu tidak pernah benar-benar ada).

Benarkah Taman Eden pada saat itu tepat berada di tempat yang sekarang ini adalah negara Irak ?

Jika orang Kristen akan menerima catatan sejarah langsung  dari Banjir di seluruh dunia (Kejadian 6-8), mereka tidak bisa mengatakan bahwa Tigris / Efrat Sungai dan Taman itu terletak di wilayah Mesopotamia Irak saat ini. Banjir global yang telah begitu bencana, bahwa dunia sebelum Air Bah akan telah benar-benar terkoyak dan ulang, dengan sejumlah besar erosi dan luar biasa ketebalan sedimen yang ditetapkan. Dunia pra-Banjir, dan dengan demikian Taman, tidak ada lagi-itu tewas, karena 2 Petrus 3:06 menegaskan. Baik sungai bisa mungkin bertahan seperti peristiwa bencana besar.Setelah air bah, Kejadian 10:10 mencatat bahwa keluarga Nuh dan keturunan pindah dari wilayah Ararat ke dataran Sinear (daerah yang dikenal sebagai Sumeria / Babilonia), yang memiliki dua sungai, Tigris dan Efrat. Sungai-sungai ini, bagaimanapun, tidak bisa sama seperti yang di Kejadian 2. Sungai-sungai yang lebih baru, dulu dan sekarang, berjalan di atas besar ketebalan Banjir-disimpan lapisan batuan.

Jelas, dua sungai baru diberi nama setelah sungai yang dulunya mengalir selama masa pra-Banjir. Pola penamaan tersebut telah sering dalam sejarah. Ini terutama digunakan oleh negara-negara penjajah yang membawa nama akrab bagi koloni baru mereka (misalnya, pemukim dari Inggris yang pergi ke Australia dan Amerika hanya diterapkan nama akrab ke berbagai lokasi di "dunia baru" mereka).Selain itu, pemeriksaan lebih dekat dari Kejadian 2 menunjukkan bahwa topografi di sekitar Eden berbeda dari hari ini Empat sungai pernah keluar dari Eden,. Hari ini, bagaimanapun, hanya dua sungai besar, Eufrat dan Tigris, memotong melalui Irak. Juga, salah satu dari empat sungai, Gihon, dijelaskan dalam Kejadian 2:13 (KJV) untuk "compasseth seluruh tanah Ethiopia", tetapi negara modern Ethiopia adalah lebih dari 1.000 kilometer dari Irak (dan di air: Laut Merah).

Berlawanan dengan kepercayaan populer, maka, Taman Eden tidak berada di Irak. Ini dihancurkan oleh banjir global, dan jadi lokasi yang sebenarnya di bawah tumpukan sedimen tidak pernah bisa diketahui. 

Pertanyaanya, di manakah Taman Eden itu berada ?


Etimologi.

Taman Eden atau biasa disebut dengan sebutan "The Garden of Eden", ( Ibrani גַּן עֵדֶן, Gan ʿ Edhen) adalah "taman Allah" Alkitab, dijelaskan terutama dalam Kitab Kejadian (Kejadian 2-3), tetapi juga disebutkan, langsung atau tidak langsung, dalam Kitab Yehezkiel , Yesaya dan di tempat lain dalam Perjanjian Lama. 

Di masa lalu, derivasi disukai nama "Eden" adalah dari Akkadia "edinnu", itu sendiri berasal dari Sumeria kata yang berarti "polos" atau "padang", tetapi sekarang diyakini lebih berkaitan erat ke bahasa Aram akar yang berarti "berbuah, berlimpah-limpah."

Tahun c.500 SM dikenal sebuah istilah Persia " surga "( Ibrani פרדס, pardes) (Indonesia = Firdaus), yang berarti sebuah taman kerajaan atau berburu-taman, secara bertahap menjadi sinonim untuk Eden. 

Kata "pardes" muncul tiga kali dalam Perjanjian Lama , tetapi selalu dalam konteks lain daripada koneksi dengan Eden: dalam Kidung Agung iv. 13: "tanaman Mu adalah kebun (pardes) buah delima, dengan buah-buahan menyenangkan; camphire, dengan minyak narwastu"; Pengkhotbah 2. 5: "Saya membuat saya taman dan kebun (pardes), dan aku menanam pohon di dalamnya dari semua jenis buah-buahan", dan dalam Nehemia ii. 8: "Dan surat kepada Asaf penjaga kebun raja (pardes), bahwa ia mungkin memberikan kayu untuk membuat balok untuk gerbang istana yang appertained ke rumah, dan untuk dinding kota." 

Dalam contoh-contoh Pardes jelas berarti "kebun" atau "taman", tetapi dalam sastra apokaliptik dan dalam Talmud , "surga" keuntungan asosiasi dengan Taman Eden dan prototipe surgawi, dan dalam Perjanjian Baru "surga" menjadi ranah yang diberkati (sebagai lawan ke dunia yang terkutuk) di antara mereka yang telah meninggal, dengan sastra Helenistik pengaruh.

Yunani Taman Hesperides agak mirip dengan konsep Kristen dari Taman Eden, dan pada abad ke-16 hubungan intelektual yang lebih besar dibuat di Cranach lukisan (lihat ilustrasi di atas). Dalam lukisan ini, hanya tindakan yang terjadi di sana mengidentifikasi pengaturan sebagai berbeda dari Taman Hesperides, dengan buah keemasan.

Dalam Talmud dan Yahudi Kabbalah , para ulama sepakat bahwa ada dua jenis tempat spiritual yang disebut "Taman di Eden". Yang pertama adalah agak terestrial, kesuburan melimpah dan vegetasi lebat, yang dikenal sebagai "rendah Gan Eden". Yang kedua dibayangkan sebagai langit, kediaman orang benar, Yahudi dan non-Yahudi, jiwa abadi, yang dikenal sebagai "lebih tinggi Gan Eden". The Rabbanim membedakan antara Gan dan Eden. Adam dikatakan telah diam hanya di Gan, sedangkan Eden dikatakan tidak pernah disaksikan oleh mata manusia. 

Menurut eskatologi Yahudi , yang lebih tinggi Gan Eden disebut "Taman Kebenaran". Ini telah dibuat sejak awal dunia, dan akan muncul mulia di akhir zaman. 


Lokasi.

Kejadian 2-3 menempatkan taman dengan mengacu pada empat sungai dan daerah mereka mengalir melalui:

"Sebuah sungai mengalir dari Eden untuk membasahi taman itu, dan ada itu terbagi menjadi empat sungai. Nama yang pertama adalah Pison tersebut. Ini adalah salah satu yang mengalir di seluruh tanah Hawila, tempat emas ada. Dan emas dari negeri itu baik; bdellium dan batu krisopras Nama sungai kedua adalah Gihon yang Ini adalah satu yang mengalir di seluruh tanah Kush Dan nama sungai yang ketiga adalah Tigris, yang mengalir... timur Asyur. Dan sungai keempat adalah Efrat. "
- Kejadian 2:10-14


1. Kurdistan.


Posted Image

Sebagian orang meyakini bahwa Taman Eden terletak di tanah dataran bernama "Edin" artinya sama dengan lembah Kurdistan bagian barat, dengan penggambaran peta di atas anda akan menemukan bahwa sebuah tempat pertemuan 4 sungai besar : hulu sungai Firat (Eufrat) dan sungai Diglat (Tigris), sungai  Ares (Gihon) dan sungai Querel Ulzon (Pishon). 

Posted Image

Pendapat ini sekarang didukung dengan adanya penemuan arkeologi tertua di dunia yang bernama situs Göbekli Tepe. 



Pendapat ini juga di dukung dengan berdekatannya lokasi tersebut dengan Gunung Ararat, tempat Bahtera Nabi Nuh kandas saat terjadi air bah (banjir besar) pada jaman itu. Bayangkan sebuah kapal raksasa bisa kandas di lereng gunung setinggi lebih dari 3 mil (13.418 feet = 4. 100 meter ) di atas permukaan laut !!!

Posted Image

Posted Image

Posted Image
A new research paper traces the roots of the wild olive to one location  (Olive = Zaitun)

Berikut beberapa pemandangan indah yang ditemukan di sana, yang mungkin menguatkan "kemungkinan" Taman Eden ada di sana.


2. Asyur-Babilonia dan Sumeria (Mesopotamia-Iraq)



Mitologi Sumeria memiliki sejajar dengan taman Eden di Dilmun , tempat tinggal-tempat yang abadi di mana penyakit dan kematian tidak diketahui. Dengan penggambaran peta di atas anda akan menemukan bahwa sebuah tempat pertemuan 4 sungai besar : hulu sungai Euphrates dan sungai Tigris, sungai  Karun (Gihon) dan sungai Wadi Bathin (Pishon). 


2. Ethiopia, Afrika Utara


"Kush" sering salah diterjemahkan sebagai Ethiopia , yang juga dikenal sebagai Kush, tetapi dalam kasus ini dianggap mengacu Cossaea, nama Yunani untuk Kassite tanah utara dari Elam , segera ke timur dari Babilonia kuno, yang, tidak seperti Ethiopia, tidak terletak dalam wilayah yang sedang dijelaskan. Dalam Antiquities orang Yahudi oleh abad pertama sejarawan Yahudi Josephus , ia mengidentifikasi Pison sebagai apa "orang Yunani disebut Gangga , "dan Gihon sebagai Nil .


3. Lebanon.


Yehezkiel 31 muncul untuk mengidentifikasi Eden dengan Lebanon. Lebanon adalah penempatan alternatif dalam mitos Fenisia (seperti dalam Ez 28,13, III.48) dari Taman Eden", dan ada hubungan antara surga, taman Eden dan hutan Lebanon (mungkin digunakan secara simbolis) dalam tulisan-tulisan profetik. Edward Lipinski dan Peter Kyle McCarter telah menyarankan bahwa Taman para dewa (Sumeria surga) , yang tertua Sumeria versi dari Taman Eden, berhubungan dengan tempat perlindungan gunung di Lebanon .


4. Iran (Tabriz).


David M. Rohl (Egyptologist Inggris dan mantan direktur Institut untuk Studi Ilmu Interdisipliner) memposisikan suatu lokasi untuk Taman Eden legendaris di Iran Azerbaijan , di sekitar Tabriz atas mana tradisi Kejadian didasarkan. Menurut Rohl, Taman Eden kemudian terletak di sebuah lembah panjang ke utara gunung berapi Sahand, dekat Tabriz. Dia mengutip beberapa kesamaan geografis dan toponim yang ia percaya cocok dengan deskripsi Alkitab. Kesamaan ini mencakup hulu terdekat dari empat sungai dari Edin, Tigris (Ibr. Tigris, AKK. Idiqlat), Efrat (Ibr. pinggir sungai Efrat, AKK. Purattu), Gaihun-Aras (Ibrani, Gihon), dan Uizun (Ibr . Pison).


5. Jackson County, Missouri, Amerika Utara. (???).


Anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir (juga dikenal sebagai Mormon atau Orang Suci Zaman Akhir) percaya bahwa Taman Eden terletak di masa kini Jackson County, Missouri .



Pendapat saya pribadi, Taman Eden memang terletak di dataran Edin Kurdistan Barat atau  sekarang  lebih dikenal sebagai bagian dari negara Armenia, bagaimana pendapat anda ?

Penulis Yohanes Gitoyo.
Sumber :
  1. http://www.answersingenesis.org/docs2003/1021eden.asp
  2. http://en.wikipedia.org/wiki/Garden_of_Eden
  3. http://kurdistanskyscrapers.com/topic/8504060/1/
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...