Dasar-dasar Mencari Pendanaan Untuk Berwirausaha.



Apakah anda sedang mencari dana untuk usaha yang baru, untuk memperbesar usaha yang sudah ada,atau hanya untuk usaha yang baru akan anda rintis,terlihat sangat sulit .

Bercerita tentang mencari dana untuk usaha memang terlihat sangat sulit, masalah ini paling banyak ditemui oleh pelaku usaha pemula.

Anda tidak akan selalu menemukan kucuran dana yang anda butuhkan dalam waktu yang singkat dan mencari di satu tempat untuk mencapai tujuan anda.

Menghasilkan banyak uang dari satu sumber adalah jauh lebih sulit daripada menghasilkan seikit uang dari banyak sumber, dan terkadang tidak terlalu lama.

Didalam artikel ini saya mencoba berbagi pengalaman dalam menentukan cara agar menciptakan strategi untuk memperoleh dana yang anda butuhkan.

Tempat yang baik untuk memulai adalah dari orang terdekat anda,mencari relasi sembari mencari dana kadang-kadang dapat berjalan seiringan, Kebanyakan kasus ialah, anda dapat menemukan sumber pendanaan tetapi tidak menjaga keharmonisan relasi atau pertemanan.

Semakin banyak orang yang anda kenal maka semakin anda mengerti dimana anda akan mencari dana ,dan semakin besar pula kemungkinan peluang untuk mendapatkan dana dan terkadang menemukan sumber dana dari tempat dan orang yang tak terduga.


Memiliki strategi penggalangan dana dimulai dengan membuat proposal, proposal pendanaan harus memiliki dua komponen berharga.
  • Pertama , anda harus dapat memberikan keterangan tentang masalah mengapa anda membutuhkan dana, dan solusi bagaimana usaha anda dapat menghasilkan pendapatan yang lebih baik dengan dana yang didapat .
  • Kedua , Mampu menunjukkan tingkat kesehatan bisnis atau ide dan visi yang anda miliki untuk proyek atau bisnis setelah dana telah di setujui, Mengetahui persis berapa banyak yang akan anda butuhkan secara dan kemana akan anda gunakan jumlah dana tersebut secara detail.

Hampir semua pinjaman dana diciptakan sama,Maka oleh karena itu,ketika memilih sumber dana harus mempertimbangkan tujuan jangka panjang anda,Apakah bisa membuat usaha anda menjadi berkembang atau hanya akan menyebabkan sakit kepala anda saja.

Pastikan anda tahu apa tujuan anda sebelum anda mulai mencari sumber dana tersebut,Seberapa cepat anda mampu membayar utang anda ?, Apakah usaha anda memenuhi syarat untuk di proses permohonan pinjamannya ?, Apa agenda anda untuk mencapai tujuan dan apa berapa bunga yang akan anda bayar ?.

Memiliki rasa dan visi yang kuat untuk usaha anda akan memberikan keajaiban dan menginspirasi orang untuk memberikan dukungan kepada anda.

Dengan niat baik dan jujur, maka berjalanlah untuk terus mencari dana untuk usaha anda.

Penulis : Iskandarst
Sumber : http://forum.detik.com/, 15 April 2013, 09: 50 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??