Minggu, 14 Juli 2013

Arsenal Football Club Mencukur Gundul Tim Nasional : Indonesia Dream Team !



Arsenal melakukan laga perdana dalam tur pra musimnya melawan Indonesia Dream Team pada Minggu malam (14/7/2013) pukul 20.45 WIB. Saat artikel ini saya tulis (Minggu, 14 Juli 2013, 23:47 WIB), pertandingan antara Arsenal Football Club melawan Tim Nasional Indonesia masih berlangsung, skor pertandingan menunjukkan 0-7 kemenangan untuk Arsenal Football Club (dan bertahan hingga pertandingan berakhir).

Pemain Arsenal Theo Walcott (dari kanan), Pemain Arsenal Jack Wilshere, Chief Executive Arsenal Football Club Ivan Gazidis, dan Manager Arsenal Football Club, Arsene Wenger berfoto bersama saat konferensi pers kedatangan tim Arsenal di Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta, Jumat (12/7).  (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Kunjungan kali ini, menjadi kesempatan kedua bagi Arsenal di Indonesia, setelah 30 tahun lalu mereka menginjakkan kaki di tiga kota di Indonesia. Pada tahun 1983 Arsenal pernah mengunjungi Indonesia dalam tur beberapa kotanya di Indonesia.


Profil.

Arsenal Football Club (dikenal pula sebagai Arsenal atau The Gunners) adalah klub profesional Inggris yang berbasis di daerah Holloway, London Utara, London. Klub ini kini bermain di Liga Utama Inggris. Salah satu klub paling sukses di sepak bola Inggris, telah memenangkan 13 Divisi Pertama dan gelar Liga Premier dan 10 Piala FA .

Lambang Arsenal F.C.


  • Nama lengkap : Arsenal Football Club
  • Julukan : The Gunners
  • Didirikan : 1886 dengan nama Dial Square
  • Stadion : Stadion Emirates, London, Inggris
  • Pemilik : Arsenal Holdings plc
  • Ketua  :  Peter Hill-Wood
  • Manajer : Arsène Wenger
  • Liga : Liga Utama Inggris
  • Posisi 2012—13 : ke-4, Liga Utama Inggris
  • Situs web: http://www.arsenal.com/


Sejarah.
  • Era 1886-1980
File: Arsenal crest 1888.png
Logo pertama Arsenal tahun 1988.

Arsenal didirikan di daerah Woolwich, bagian tenggara kota London pada 1886 dengan nama Dial Square, lalu dengan cepat berganti nama menjadi Royal Arsenal. Tahun 1891 nama mereka diganti menjadi Woolwich Arsenal. Tahun 1888, diluncurkan Logo pertama Arsenal yang diberi nama "Royal Arsenal" menampilkan tiga meriam dilihat dari atas, menunjuk ke utara, mirip dengan lambang dari Borough Metropolitan Woolwich . Ini kadang-kadang bisa salah untuk cerobong asap, namun keberadaan kepala singa diukir dan sebuah Cascabel pada masing-masing adalah indikator yang jelas bahwa mereka adalah meriam

Pada tahun 1913, klub ini pindah ke wilayah utara, tepatnya di daerah Highbury dan membangun Stadion Highbury, yang menjadi markas baru mereka. Saat pindah lokasi itulah, nama depan klub mereka, yaitu Woolwich dihapus sehingga hanya nama Arsenal yang tersisa. Selain itu karena lokasi stadion Arsenal dekat dengan markas Tottenham Hotspur, maka tak heran jika pertandingan Arsenal vs Tottenham Hotspur disebut "North London derby" dan merupakan salah satu derby terpanas di London.


File: Woolwich Arsenal v Newcastle United, April 1906.jpg
Woolwich Arsenal (kostum gelap) bermain Newcastle United di Piala FA semi final - pertama kalinya klub - di Victoria Ground , Stoke tahun 1906.

Kejayaan Arsenal di persepak bolaan Inggris pertama kali diawali oleh pelatih Herbert Chapman yang melatih pada rentang tahun 1925-35 dan berhasil menjuarai beberapa kompetisi domestik Inggris (Piala FA, titel Liga Utama, dan Charity Shield) sekaligus mendominasinya dan menjadikan Arsenal sebagai kekuatan paling dominan di Inggris saat itu. Pada rentang 1940an-1960an, Arsenal hanya dapat menambah sedikit koleksi gelar domestiknya. Pada awal 1970an, Arsenal berhasil prestasi terbaik Arsenal di Eropa pertama kali yang terjadi pada musim 1969-70, di ajang Fairs Cup (pendahulu dari Piala UEFA). Arsenal menjadi juara untuk pertama kalinya dan sekaligus terakhir di ajang Fairs Cup (Fairs Cup diganti Piala UEFA sejak musim 1971-72) setelah berhasil mengalahkan klub R.S.C. Anderlecht dengan agregat 4-3 (dengan sistem home and away) Saat itu, klub ini dilatih oleh Bertie Mee. Sepanjang tahun 1980an, Arsenal berhasil menambah koleksi Arsenal dengan beberapa gelar domestik, yaitu Piala Liga pada tahun 1987 dan menjuarai Liga Inggris pada tahun 1989 lewat pertandingan dramatis dengan kompetitor gelar, Liverpool. Namun, Arsenal gagal mengoleksi gelar dari kompetisi Eropa, kalah adu penalti dari Valencia 5-4 pada kompetisi Piala Winners setelah skor tetap 0-0.

  • Era 1990-sekarang
Pada tahun 1991, Arsenal menjadi juara bersama dengan Tottenham di Community Shield setelah hasil kedudukan imbang 0-0 (saat itu, jika kedudukan seri maka kedua tim dianggap juara) . Puasa Arsenal akan gelar dari kompetisi Eropa akhirnya hilang setelah pada musim 1993-94, ditangan pelatih George Graham, Arsenal kembali juara di kancah Eropa, tepatnya di ajang Piala Winners setelah mengalahkan klub Parma FC dengan skor 1-0. Pada musim berikutnya, Arsenal kembali berhasil ke final di ajang yang sama, tapi kali ini mereka dikalahkan oleh Real Zaragoza dengan skor 2-1.

Kedatangan pelatih Arsène Wenger ke Arsenal pada tahun 1996 berhasil membuat Arsenal kembali berjaya dan berhasil merusak dominasi Manchester United di Liga Utama Inggris pada saat itu. Arsenal pun dibawanya berhasil menjadi runner-up di ajang Piala UEFA pada tahun 2000 setelah melawan Galatasaray lewat adu penalti 4-1 setelah kedudukan imbang. Pada musim 2003-04 hingga awal musim 2004-05, Arsenal berhasil mencetak rekor 49 pertandingan tak terkalahkan dan mematahkan rekor milik Nottingham Forest F.C. (42 kali) yang merupakan rekor tak terkalahkan terpanjang di dalam sejarah sepak bola Inggris. Pada musim 2005-06, Arsenal kembali meraih prestasi di kancah Eropa dengan menjadi finalis Liga Champions setelah dikalahkan FC Barcelona 2-1 di Stade de France, Paris.

Setelah mencapai final Liga Champions pada tahun 2006, prestasi terbaik Arsenal hanyalah mencapai babak final pada tahun 2007 dan 2011 pada Piala Liga Inggris, kalah 2–1 dari Chelsea dan kalah dengan skor yang sama dari Birmingham City. Arsenal sudah tidak pernah meraih piala semenjak gelar Piala FA yang didapat pada tahun 2005.

Arsenal di masa kepelatihan Wenger mempunyai kebijakan dalam pembinaan pemain-pemain muda yang tadinya tidak berkualitas maupun pemain berkualitas tapi kurang dikenal menjadi pemain yang mampu menunjukan telenta-talenta yang sangat luar biasa sekaligus diincar klub papan atas Eropa. Selain itu, Arsenal mempunyai kebijakan pemberian kontrak pada pemain yang telah berumur 30 tahun keatas, yaitu tidak lebih dari satu musim saja.

Pada musim 2011-2012, Arsenal merayakan ulang tahun ke-125 mereka. Perayaan termasuk versi modifikasi dari puncak saat ini dikenakan pada kaus mereka untuk musim. Puncak adalah semua putih, dikelilingi oleh 15 daun ek ke kanan dan 15 daun salam ke kiri. Daun ek mewakili 15 anggota pendiri klub yang bertemu di Royal Oak pub. 15 daun laurel mewakili desain detail pada enam potongan pence dibayar oleh para pendiri untuk mendirikan klub. The laurel daun juga merupakan kekuatan. Untuk melengkapi puncak, 1886 dan 2011 yang ditampilkan pada kedua sisi dari moto "Maju" di bagian bawah puncak.


Stadion.

Sejak berdiri, Arsenal beberapa kali pindah stadion. Mulai dari memakai sebuah lapangan di Woolwich yang bernama Manor Ground, lalu pindah ke London Utara, sekaligus membangun Stadion Highbury dan dipakai pertama kali dipakai pada tahun 1913. Stadion ini dipakai Arsenal hingga pada musim 2005/06 (atau berusia kurang lebih 93 tahun). Pertandingan terakhir yang digelar di Stadion Highbury adalah Liga Utama Inggris, yaitu Arsenal vs Wigan Athletic yang berhasil dimenangkan oleh Arsenal dengan skor 4-2 dengan tiga gol dari Thierry Henry. Stadion ini diganti, dikarenakan kapasitasnya yang terlalu kecil dibanding stadion klub-klub lain, seperti Chelsea F.C..

Sejak bulan Juli 2006 sampai sekarang, klub ini menempati markas barunya, Stadion Emirates yang berkapasitas 60.500 kursi dan terletak di Ashburton Grove dan peresmian pemakaian Stadion Emirates sekaligus pertandingan pertama yang digelar adalah dengan diadakannya sebuah pertandingan persahabatan antara Arsenal dengan para pemain legenda Belanda untuk perpisahan Dennis Bergkamp, seorang mantan penyerang Arsenal.


Kepemilikan Arsenal FC .

Perusahaan induk Arsenal, Arsenal Holdings plc, beroperasi sebagai non-dikutip perusahaan publik terbatas , yang kepemilikannya jauh berbeda dari klub sepak bola lainnya. Hanya 62.217 saham Arsenal telah diterbitkan, dan mereka tidak diperdagangkan di bursa publik seperti FTSE atau AIM , melainkan mereka diperdagangkan relatif jarang pada PLUS ( AFC ), pasar spesialis. Pada 31 Agustus 2010, saham tunggal di Arsenal memiliki harga pertengahan dari £ 10.250, yang menetapkan klub kapitalisasi pasar nilai pada sekitar £ 637.74m.  Klub membuat sebelum pajak laba operasi (tidak termasuk transfer pemain) dari £ 62.7m pada tahun yang berakhir 31 Mei 2009, dari omset sebesar £ 313.3m.

Pemegang saham terbesar di papan Arsenal adalah olahraga Amerika taipan Stan Kroenke , yang meluncurkan tawaran untuk klub pada tahun 2007, dan pada bulan November 2009 meningkat memegang untuk 18.594 lembar saham (29,9%).

Sebuah tawaran saingan Kroenke datang dari Red & White Securities, yang adalah co-dimiliki oleh miliarder Rusia Alisher Usmanov dan berbasis di London pemodal Farhad Moshiri .  Red & White meluncurkan tawaran pada bulan Agustus 2007, membeli saham yang dimiliki oleh mantan Arsenal wakil ketua David Dein , dan pada Februari 2009 dimiliki 15.555 saham (25,0%) di klub.  Hal ini menyebabkan untuk menekan spekulasi perang penawaran antara Kroenke dan Usmanov.  Namun, Kroenke setuju untuk tidak membeli lebih banyak dari 29,9% dari klub sampai setidaknya September 2009,  sedangkan sisanya dewan memiliki pilihan pertama pada saham masing-masing sampai Oktober 2012.
Pada April 2011, Stan Kroenke dikabarkan berada dalam "pembicaraan lanjutan" dengan Arsenal atas pengambilalihan mungkin.

Hingga Oktober 2011, Kroenke memiliki 41.574 lembar saham (66.82%) dan Surat Red & White sendiri 18.261 saham (29,35%). Di bawah perusahaan Kroenke hukum, sebagai pemegang saham mayoritas, wajib melakukan penawaran atas sisa saham dalam klub. Ivan Gazidis telah menjadi klub Chief Executive sejak 2009.


Catatan dan Statistik Arsenal FC  .

Penghitungan Arsenal 13 Kejuaraan Liga adalah yang tertinggi ketiga di sepak bola Inggris, setelah Manchester United (19) dan Liverpool (18),  sedangkan total 10 Piala FA merupakan angka tertinggi kedua, setelah Manchester United (11). Arsenal telah mencapai tiga Liga dan Piala FA " Ganda "(tahun 1971, 1998 dan 2002), suatu prestasi sebelumnya hanya dicapai oleh Manchester United (pada tahun 1994, 1996 dan 1999), dan pada tahun 1993 adalah yang pertama sisi dalam sepakbola Inggris untuk menyelesaikan Piala FA dan Piala Liga ganda. Mereka juga klub London pertama yang mencapai final Liga Champions, pada tahun 2006, kalah 2-1 akhir untuk Barcelona .

Arsenal memiliki salah satu catatan atas penerbangan terbaik dalam sejarah, setelah selesai di bawah keempatbelas hanya tujuh kali. Arsenal juga memiliki rata-rata liga posisi menyelesaikan tertinggi untuk periode 1900-1999, dengan rata-rata liga menempatkan 8,5. Selain itu, mereka adalah salah satu dari hanya enam klub telah memenangkan Piala FA dua kali berturut-turut, pada tahun 2002 dan 2003. Arsenal juga memegang rekor untuk tak terkalahkan terpanjang di Premier League pada 49 pertandingan, dan satu-satunya tim telah pergi musim Premier League seluruh terkalahkan dalam 2003-04.

David O'Leary memegang rekor untuk penampilan Arsenal, setelah bermain 722 pertandingan tim pertama antara tahun 1975 dan 1993. Fellow setengah pusat dan mantan kapten Tony Adams datang kedua, setelah bermain 669 kali. Rekor untuk kiper dipegang oleh David Seaman , dengan 564 penampilan.

Thierry Henry adalah pencetak gol terbanyak klub dengan 228 gol di semua kompetisi antara tahun 1999 dan 2012, telah melampaui Ian Wright total 's dari 185 pada bulan Oktober 2005.  rekor Wright telah berdiri sejak September 1997, ketika ia menyalip lama Sebanyak 178 tujuan yang ditetapkan oleh pemain sayap Cliff Bastin pada tahun 1939. Henry juga memegang rekor klub untuk gol di Liga, dengan 176,  rekor yang selama ini dipegang oleh Bastin sampai Februari 2006.

Arsenal rekor kehadiran rumah adalah 73.707, untuk Liga Champions UEFA pertandingan melawan RC Lens pada tanggal 25 November 1998 pada Stadion Wembley , di mana klub sebelumnya bermain rumah pertandingan Eropa karena batas kapasitas Highbury itu. Catatan kehadiran untuk pertandingan Arsenal di Highbury adalah 73.295, untuk bermain imbang 0-0 melawan Sunderland pada tanggal 9 Maret 1935 sedangkan di Emirates Stadium adalah 60.161, untuk bermain imbang 2-2 dengan Manchester United pada tanggal 3 November 2007.

Arsenal juga mencatat rekor di sepak bola Inggris, termasuk musim paling berturut-turut dihabiskan di atas penerbangan (85 per 2011-12) dan jangka terpanjang pertandingan Liga terkalahkan (49 antara Mei 2003 dan Oktober 2004).  Ini termasuk semua 38 pertandingan mereka gelar pemenang 2003-04 musim, ketika Arsenal hanya menjadi klub kedua untuk menyelesaikan kampanye atas penerbangan terkalahkan, setelah Preston North End (yang bermain hanya 22 pertandingan) di 1888-1889 .

Arsenal juga mencatat rekor Liga Champions pada musim 2005-06 dengan pergi sepuluh pertandingan tanpa kebobolan gol, mengalahkan yang terbaik sebelumnya tujuh set oleh AC Milan . Mereka pergi total catatan bentangan 995 menit tanpa membiarkan skor lawan, beruntun berakhir di final , ketika Samuel Eto'o . mencetak equalizer 76 menit untuk Barcelona.


Prestasi.

Prestasi Arsenal sejak tahun 1947 sampai 2012

Selain rekor tak terkalahkannya sebanyak 49 kali menjadi yang terpanjang di Inggris hingga saat ini, Arsenal juga mempunyai banyak prestasi lainnya, yaitu:
  1. Liga Inggris : juara 13 kali : 1931, 1933, 1934, 1935, 1938, 1948, 1953, 1971, 1989, 1991, 1998, 2002, 2004
  2. Piala FA: juara 10 kali : 1930, 1936, 1950, 1971, 1979, 1993, 1998, 2002, 2003, 2005
  3. Piala Liga Inggris: juara 2 kali : 1987, 1993 dan menjadi finalis pada tahun 1968, 1969, 1988, 2007
  4. FA Charity Shield/FA Community Shield: juara 12 kali : 1930, 1931, 1933, 1934, 1938, 1948, 1953, 1991 (juara bersama dengan Tottenham), 1998, 1999, 2002, 2004
  5. Piala Winners: juara 1 kali : 1994 dan dua kali menjadi finalis pada tahun 1980 dan 1995
  6. Piala UEFA: 1 : 1971 (waktu itu masih bernama Inter-Cities Fairs Cup, berubah nama menjadi Piala UEFA sejak musim 1970-71) dan sekali menjadi finalis pada musim 1999-00
  7. Piala Inter-Cities Fairs Cup juara 1 kali : 1969-1970
  8. Liga Champions: 0 : menjadi finalis pada musim 2005-06
  9. Piala Emirates: 2 : 2007, 2010


Arsenal di Indonesia.


  • Soccer School Indonesia Arsenal
SSI Arsenal tepatnya ada di selatan kota Jakarta. Mengambil fasilitas ISCI Ciputat, pada November 2007, SSI Arsenal telah menampung sekitar 250 siswa dari lapisan usia U - 8 tahun sampai dengan U - 18 tahun.

Untuk delapan sesi latihan, dimana sekali latihan menghabiskan dua jam, memakan biaya antara Rp. 2,5 juta sampai dengan Rp. 3,5 juta. Itu berarti untuk sekali latihan para siswa minimal merogoh sekitar Rp. 220.000.
SSI Arsenal sendiri muncul lewat gagasan Iman Arif untuk membangun sekolah sepak bola usia dini yang memanfaatkan jaringan Arsenal sebagai salah satu klub terkemuka. Untuk itu pula, SSI Arsenal dalam kerja samanya berada dibawah Community Development Department Arsenal, dan bukan Commercial Department.

Sebagai langkah awal menembus Stadion Emirates, stadion kebanggaan Arsenal, SSI Arsenal akan terlibat dalam invitasi sepak bola yang berlangsung di London, Inggris, Juli 2008. dalam mengikuti invitasi tersebut, SSI Arsenal akan melibatkan para pemain dari berbagai usia. Dalam invitasi Reach Your Goal di Singapura itu, tim U - 12 tahun menempati peringkat ke tiga dari enam tim, dan, antara lain, memukul tim U - 12 tahun Jepang 3 - 2. 

  • Arsenal Indonesia Supporters
Arsenal Indonesian Supporters atau AIS lahir dari sebuah sebuah milis Arsenal di Indonesia, ArsenalTheGunners@yahoogroups.com. Milis itu sendiri berdiri sejak awal Desember 2003.

Tujuan awal milis ini adalah untuk memberikan wadah bagi para pendukung Arsenal untuk saling berbagi, bertanya, bertukar informasi seputar Arsenal. Seiring perputaran waktu, anggota milis itu semakin lama semakin berkembang dengan cukup pesat. Dalam waktu 3 bulan saja telah terkumpul lebih dari 50 anggota. Perkembangan ini terus diikuti dengan seringnya diadakan nonton bareng di kafe-kafe atas kerjasama Tabloid Bola dan Trans7.

Hal yang menggembirakan ini membuat para pengurus milis mulai memikirkan didirikannya sebuah fans club. Selain itu, informasi mengenai perkembangan fans club terus disebarluaskan melalui milis maupun sms ke anggota-anggota yang berada di luar Jakarta, seperti Surabaya, Bandung, Palembang, dan kota-kota lainnya.

Pada 24 April 2004 akhirnya disepakati berdirinya sebuah fans club dengan nama ARSENAL INDONESIAN SUPPORTERS dan hal-hal lainnya terutama mengenai administrasi akan dikerjakan sambil berjalan.

Kemudian berdirinya AIS mulai diperkenalkan dengan mengirimkan pemberitahuan ke khalayak umum melalui Tabloid Bola, Tabloid GO dan Majalah SOCCER. Responnya ternyata sangat-sangat menggembirakan. Sangat banyak pembaca yang mengirimkan sms atau menelpon ingin bergabung dengan AIS.

Dalam perkembangan selanjutnya Arsenal Indonesian Supporter kemudian terdaftar secara resmi sebagai salah satu kelompok penggemar Arsenal Football Club, London.

Penyusun : Yohanes Gitoyo.
Sumber : 
  1. http://en.wikipedia.org/wiki/Arsenal_F.C.
  2. http://www.goal.com/en-gb/match/115969/indonesia-vs-arsenal-fc/play-by-play?ICID=CP_94
  3. http://www.solopos.com/2013/07/14/timnas-indonesia-vs-arsenal-inilah-susunan-pemain-kedua-tim-425791
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...