Selasa, 22 Oktober 2013

10 Fakta Mengejutkan Tentang Isaac Newton !


Siapa yang tidak kenal dengan Isaac Newton? Ia merupakan ilmuwan yang dihormati, atas jasa-jasanya dalam merevolusi pemikiran manusia. Ia juga "ayah" dari mekanik klasik. Dan juga sebagai pencipta kalkulus.

Tapi pada zamannya, Newton dikenal karena banyak hal. Termasuk perilaku yang aneh. Kepribadiannya tersebut banyak diperbincangkan, karena kemungkinan dianggap tidak sesuai pada saat itu. Berikut 10 fakta tentang Newton yang dilansir dari Huffington Post:


1. Newton merupakan pendosa besar.
Pada usia 19 tahun, tercatat dalam kertas setidaknya ia telah melakukan 48 dosa. Salah satunya kepada ibunya, karena kata-kata dan sikapnya.

2. Sebuah jarum sempat terjebak di matanya.
Saat ingin mengetahui sifat-sifat cahaya, menurut penuturan ahli biografi, James Gleick, bahwa ia bereksperimen dengan matanya dengan menusukkan jarum.

3. Dia memiliki kerusakan saraf.
Pada tahun 1678, ia terlibat perdebatan tentang teori optik. Dan diyakini, saai itu ia telah mengalami gangguan saraf. Hal itu diakibatkan kurang tidur. Meskipun sejarawan percaya hal tersebut karena keracunan kimia akibat percobaannya.

4. Ia lahir prematur dari orangtua berpendidikan rendah
Newton lahir di Lincolnshire, Inggris, dari orangtua bernama Isaac Newton dan istri Hannah Ayscough yang berprofesi sebagai petani. Ia terlahir dalam kandungan 6 bulan, dan saat lahir Newton hanya sebesar mug.

5. Penunggu meja
Sebagai mahasiswa di Universitas Cambridge, Newton harus menunggu meja. Dia adalah seorang "sizar", kata Gleick. Yaitu istilah bagi mahasiswa yang menerima bantuan keuangan atas pekerjaan kasar. Ia juga menjadi pelayan dan pengurus kamar.

6. Mahasiswa kesepian
Beberapa orang berspekulasi bahwa Newton menderita penyakit mental atau autisme. Hal itu bisa disimpulkan dari catatan ketika ia masih kecil sampai tua.

7. Lolos dari wabah besar
Ketika penyakit Pes melanda Cambridge tahun 1665, ia dan teman-temannya mengungsi dari sana.

8. Berlatih alkimia
Meskipun ia dinyatakan jenius, Newton juga mencoba alkimia. Tujuannya adalah mengubah logam dasar timbal menjadi emas.

9. Tidak memikirkan teori-teorinya
"Kebanyakan orang berpikir bahwa Newton dipukul kepalanya dengan sebuah apel," kata Gleick. Ia tidak memikirkan hal tersebut lebih jauh lagi.

10. Ia meninggal dalam keadaan perjaka
Newton memang tidak pernah menikah, dan diyakini, bahwa ia tidak pernah mengalami kehidupan seksual.

Sumber : Huffingtonpost.com, dikutip dari : http://exspresiku.blogspot.com/, 10 Oktober 2013.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...