KOWAD : Awas ! Lihat Boleh, Pegang Jangan Coba-coba !

Verra Julio Nita

http://farm6.staticflickr.com/5247/5201854916_531e9d5d45.jpg




http://3.bp.blogspot.com/-rkE_D0Kl1r8/UW3nrAiNHhI/AAAAAAAAbqY/1irU62JZO4A/s1600/kopassus-cantik-001-ramadhian-fadillah.jpg



Photo yang anda saksikan di atas adalah photo wanita cantik asal Indonesia tanpa effek Photosop atau software pengolah gambar lain, mereka adalah anggota KOWAD.

Kowad merupakan singkatan dari Korps Wanita Angkatan Darat. Dengan sebutan lain " "WANODYA PURUSOTTAMA" yang berarti PRAJURIT WANITA YANG UTAMA. Kowad adalah Wanita Indonesia yang telah memenuhi beberapa persyaratan sehingga dapat dilantik untuk menjadi prajurit TNI-AD, diamana untuk nenjadi seorang Kowad harus melalui beberapa  tahap seleksi diantaranya Kesehatan, Kesemaptaan, MI, Fisiko, Keswa dan Postur.Tidak semua wanita di indonesia bisa bergabung dalam lingkungan militer, karena untuk menjadi kowad tidak segampang kita membalikan telapak tangan.

http://fitribintang.files.wordpress.com/2012/04/senyum-kowad.jpg

http://v-images2.antarafoto.com/gpr/1229946702/kowad-02.jpg

http://img691.imageshack.us/img691/1804/dhenokcopy.jpg

http://www.pressphoto.co/wp-content/themes/IPPO/timthumb.php?src=http%3A%2F%2Fwww.pressphoto.co%2Fwp-content%2Fuploads%2F2013%2F06%2FTeguh-Windharto_Bela-Diri-Militer__2.jpg&q=90&h=400&zc=1

http://www.pikiran-rakyat.com/ffarm/www/imagecache/625x350/ffarm/www/2013/04/24/kowads.jpg


http://analisadaily.com/image/20130626002821.jpg

Dengan motto : "Bukan Mawar Penghias Taman Tetapi Melati Pagar Bangsa" , Kowad berfungsi sebagai tenaga militer wanita yang ditugaskan dalam bidang-bidang penugasan tertentu yang membutuhkan ketelitian, ketekunan, kesabaran, dan sifat-sifat keibuan. Motto ini tidak diartikan secara harfiah berdasarkan konteks kalimat tetapi merupakan khiasan yang mempunyai makna bahwa Kowad tidak berfungsi sebagai penghias lingkungan kerja tetapi merupakan prajurit wanita yang berkepribadian, berbudi pekerti luhur, bersih hati, jujur, mempunyai sikap kemandirian yang tinggi, bertanggung jawab dan menjunjung tinggi kodrat kewanitaannya serta penuh pengabdian terhadap Negara, Nusa dan Bangsa Indonesia. dengan semboyan mereka tetap Wanita asli. Semboyan KOWAD : 
  1. "Walaupun militer tetap wanita,
  2. "walaupun wanita tetap militer":
  3. " Tak lekang akan panas, tak lapuk akan hujan".




Sejarah Pembentukan.

Pembentukan Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) diilhami oleh hasil perjuangan para Pahlawan Wanita Indonesia yang ikut serta menegakkan kemerdekaan Indonesia dan usaha para pendahulu untuk meraih kemajuan bagi kaum wanita. Untuk itu pada tahun 1959 Asisten 3 personel Kasad Kolonel Dr. Sumarno menyampaikan gagasannya tentang penggunaan tenaga militer wanita untuk bidang-bidang penugasan tertentu yang membutuhkan ketelitian, ketekunan, kesabaran, dan sifat-sifat keibuan yang menjadi kodrat wanita untuk lebih mencapai afiliasi organisasi. 

2

3

4

5

6

Sebagai realisasi pembentukan Kowad dikeluarkan Surat Keputusan Pangad No.1056/12/1960 tanggal 21 Desember 1960, lahirlah Corps Wanita Angkatan Darat. Meskipun Kowad disyahkan pada tanggal 21 Desember 1960, namun Hari Kowad ditetapkan tanggal 22 Desember. Penetapan ini dimaksudkan karena pada tanggal 22 Desember 1938 dilangsungkan Kongres Wanita Pertama yang dikenal Hari Ibu, karena Hari Ibu adalah kehormatan bagi ibu Indonesia sebagai ibu keluarga, ibu masyarakat dan ibu bangsa, maka lahirnya Kowad diharapkan sebagai kebanggaan kaum ibu.


Kowad Jaman Sekarang.


Kowad jaman sekarang sudah maju, mereka lebih berperan daripada generasi Kowad sebelumnya, dan kini mereka hampir sejajar dengan Tentara Pria, dalam tugas dan tanggung jawabnya bahkan mungkin lebih. berikut aksi mereka :

Wan TNI di UNIFIL 2010 3

Wanita TNI (Kowad) diikutkan dalam penugasan misi perdamaian PBB di Selatan Lebanon. Bergabung dalam Kontingen Garuda Indonesia tahun 2009-2010 yakni dalam misi perdamaian UNIFIL (United Nations Interim Forces In Lebanon). 

Kowad sekarang bisa lebih eksis dengan membentuk Group Band. Srisena Band dibentuk tahun 2006 di Kodiklat TNI AD. Berawal dari kumpul-kumpul dan mengetahui punya bakat di bidang musik, mereka akhirnya sepakat membentuk grup band. Srisena Band terdiri atas Serma Dwi Haryanti personel kesatuan Pusdikpom (vokal), Serda personel Risni Pusdikpom (vokal), Serka Rachel personel kesatuan Pusdikkowad (keyboard), Sertu Vera Widyanti personel Pusdikkowad (melody), Sertu Linda Okstrina personel kesatuan Kodiklat (bass), Serda Renata Marbun personel Kodiklat (rhytm), dan Serda Nova personel Pomdam III/Siliwangi (drum). Sejak terbentuk Srisena sudah banyak meraih juara dari berbagai perlombaan antar-TNI dan juga mengisi di acara-acara hiburan rakyat.

MUNADY/"PRLM"
Srisena Band

Kowadpun tetap wanita yang bisa berlenggak-lenggok di atas catwalk layaknya seorang peragawati, di Semarang, Jawa Tengah, sejumlah anggota Korps Wanita TNI Angkatan Darat (Kowad) beraksi di atas catwalk di sebuah mall


Dan tentunya masih banyak aksi mereka yang tentunya tidak bisa saya tulis semuanya di sini.

Syarat Pendaftaran KOWAD 2013.

http://img.lensaindonesia.com/uploads/1/2013/04/85289-kowad-kodam-jaya-terlatih-dan-tangguh-hadapi-rintangan.jpg

Anda tertarik menjadi Kowad ?
Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum mendaftar, terutama anda anda harus wanita asli, bukan jadi-jadian kayak di komedian. Adapun tata cara dan persyaratan yang harus dipenuhi adalah sebagai berikut ini :

Persyaratan Umum :
  1. Warga Negara Republik Indonesia.
  2. Beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar tahun 1945.
  4. Berumur sekurang-kurangnya 18 tahun dan setinggi-tingginya 22 tahun pada saat pembukaan pendidikan tanggal 25 November 2013 untuk Gelombang II.
  5. Sehat jasmani dan rohaniserta tidak berkacamata.
  6. Tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap.
  7. Tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan secara tertulis oleh Polri (dilengkapi saat calon mengikuti pemeriksaan Psikologi).

Persyaratan Lain :
  1. Wanita bukan anggota/mantan prajurit TNI/Polri atau PNS TNI
  2. Lulusan minimal SMP / Tsanawiyah atau yang setara baik negeri atau swasta yang disamakan/terakreditasi.
  3. Belum pernah kawin dan sanggup tidak kawin selama dalam pendidikan pertama dan 2 tahun setelah diangkat menjadi prajurit.
  4. Memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 Cm serta memiliki berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku.
  5. Bersedia menjalani Ikatan Dinas Pertama (IDP) selama 7 tahun.
  6. Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  7. Harus ada surat persetujuan dari orang tua/wali. Bagi calon yang menggunakan wali agar diisi keterangan sesuai dengan yang menjadi wali yaitu : Bapak tiri/Kakak/Paman/Bibi dengan meneliti KTP orang tua/wali (sesuai Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Skep/57/II/2003 tanggal 24 Februari 2003). Surat persetujuan orang tua yang menggunakan perwalian dapat ditetapkan oleh kecamatan setempat.
Harus mengikuti pemeriksaan/pengujian yang diselenggarakan oleh panitia penerimaan yang meliputi.:
  1. Administrasi.
  2. Kesehatan.
  3. Jasmani.
  4. Wawancara.
  5. Psikologi.

Persyaratan Tambahan
  1. Bagi yang memperoleh ijazah dari negara lain, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud.
  2. Tidak bertato/bekas tato dan tidak ditindik/bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama/adat.

Bagi yang sudah bekerja :
  1. Melampirkan surat persetujuan/ijin dari kepala dinas/jawatan/Instansi yang bersangkutan.
  2. Bersedia diberhentikan dari status pegawai, bila diterima menjadi Tamtama PK TNI AD.
  3. Bersedia mentaati peraturan bebas KKN baik langsung maupun tidak langsung dan apabila terbukti secara hukum melanggar sebagaimana yang dimaksud maka bersedia dinyatakan tidak lulus dan atau dikeluarkan dari Dikma jika pelanggaran tersebut diketemukan dikemudian hari pada saat mengikuti pendidikan pertama.
Setelah selesai dengan pendaftaran dan penerimaan gelombang I kali ini TNI AD kembali mengeluarkan pengumuman tentang penerimaan calon KOWAD TNI AD 2013 gelombang II.

Bagi yang belum sempat mendaftar pada gelombang I anda bisa mendaftar pada gelombang II ini. 

http://pusdikkowad.mil.id/templates/kowad2013/images/header.png

Pusat Pendidikan Kowad ada di Lembang, setelah calon Kowad dinyatakan telah memenuhi syarat mereka harus melalui pendidikan diamana calon kowad akan dibina dan dibentuk dari pribadi sipil menjadi militer yang siap menjalankan tugas dan harus siap ditempatkan dimana saja walaupun itu bertentangan dengan keinginan dan harus tetap dilaksanakan dengan hati yang dongkol. 

http://img.lensaindonesia.com/thumb/500-1/uploads--1--2013--03--75904-kowad-36-orang-calon-bintara-wara-tni-au-ikuti-pantukhirda-di-lanud-halim.jpg

Pendidikan yang dilaksanakan di Pusdik Kowad 99 % sama dengan pendidikan yang dilaksanakan tentara pria mulai dari merayap, jungkir, guling,  jalan jongkok, binsik (pagi,siang,sore,malam) naik turun gunung, halang rintang, menembak, menyebrangi sungai yang arusnya sangat deras hanya dengan menggunakan seuntai tali, makan (Pagi, siang, malam) harus habis dalam hitungan ke tiga, latihan berganda menjelang penutupan pendidikan dan masih banyak lagi kegiatan lain.


Sebelum menjadi anggota Kowad, para calon Kowad harus menjalani test Kesegaran Jasmani. Test Kesegaran Jasmani ini diikuti oleh peserta calon Bintara PK Kowad sebelum melaksanakan test kesemaptaan jasmani para calon diwajibkan mengikuti pengecekan kesehatan, bagi yang tidak memenuhi persaratan yang diharuskan, peserta calon tidak diikutkan untuk melaksanakan kesemaptaan jasmani. Adapun yang dilaksanakan dalam Tes Kesegaran Jasmani adalah Lari dengan waktu selama 12 menit, Chenning, Sit Up, Push Up masing-masing 1 menit dan shuttle run secepat-cepatnya.

Tes Kesegaran Jasmani merupakan salah satu syarat utama untuk menjadi Prajurit TNI AD. Disamping kesiapan mental, maka kesiapan secara fisik juga harus disiapkan agar dapat menjadi Prajurit TNI AD yang tangguh yang dapat mendukung tugas pokok TNI pada umumnya dan TNI AD pada khususnya.

Bagi anda yang tertarik dengan para srikandi ini silahkan kunjungi :



Situs resmi : 

Sumber : 
  1. http://pusdikkowad.mil.id/
  2. http://www.kopassus.mil.id/
  3. http://www.kodiklat-tniad.mil.id/
  4. http://www.tniad.mil.id/index.php/satuan/kotama/kodam-jaya/test-kesegaran-jasmani-bagi-calon-prajurit-bintara-pk-kowad
  5. https://www.facebook.com/Keluarga.Besar.TNI.AD/
  6. http://id.wikipedia.org/wiki/Korps_wanita_