Jumat, 09 Mei 2014

10 Manfaat Kecap Bagi Kesehatan Anda.


Mungkin selama ini kita hanya mengetahui bahwa kecap hanya merupakan salah satu penyedap makanan.Sebenarnya kecap juga mengandung manfaat bagi tubuh manusia. Kecap hitam manis ini, makin kental, maka terasa manis serta bisa menghidupkan daya. serta rasa manis yang bisa menetralisir pedas atau rasa hambar menu makanan yang kita makan.

Bahan utama pembuatan kecap adalah kedelai hitam.Kedelai hitam adalah jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman liar di cina utara atau dikenal dengan nama latin Glycine max merrit dan masuk indonesia sekitar pada 664 SM.

Tetapi tahukah anda apa kandungan serta manfaatnya ?
Sekilas secara kimiawi setetes kecap mengandung :

1. Asam amino
Asam amino ini ada berbahan baku utama kecap yakni yaitu kedelai. asam amino yang ada pada kedelai yaitu leusin serta lisin. keduanya merupakan asam amino yang amat dibutuhkan oleh enzim pemecah kedelai untuk membuahkan kecap dengan cita rasa yang enak, lezat, serta khas. perihal ini mempunyai keunggulan tersendiri dikarenakan kedelai mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi, terlebih protein serta karbohidrat.

Dari ke-2 type kedelai ini ( kedelai hitam serta kuning ) perbedaanya hanya warna, ukuran serta kulit saja, namun kandungannya terus sama yakni asam amino essensial yang terdapat dalam kedelai, layaknya arginin, fenilalanin, histidin, isoleusin, leusin, metionin, treonin, serta triptopan.


2. Gizi mikro

Zat gizi mikro yang amat penting untuk kesehatan, layaknya mineral iodium, zat besi, serta vitamin A. ketiga zat gizi mikro tersebut amat butuh ditambahkan, berhubung tetap banyaknya problem gizi akibat kekurangan zat-zat tersebut. Sekarang ini, kita dapat gampang mendapatkan banyak kecap yang sudah difortifikasi dengan mineral iodium, zat besi, serta vitamin A, hingga, sekurang-kurangnya kecap bisa menolong kita mengentaskan kita dari beragam gangguan kesehatan akibat kekurangan gizi.


Manfaat kecap secara umum diantaranya :
  1. Memberikan sumbangan gizi yang dibutuhkan tubuh, layaknya kekurangan iodium, masalah penglihatan, ketahanan tubuh menyusut, serta beragam problem gizi bisa di minimalisir dengan kecap.
  2. Penambah daya untuk tubuh yang lemah serta kurang motivasi, maka tidak heran apabila pasien anemia disarankan untuk mengkonsumsi kecap, atau sate, kambing guling dengan di bumbui kecap. sesungguhnya yang sangat bertindak penting untuk menghadapi anemia itu hanya kecap, bukan hanya daging kambinga atau sate ayam.
  3. Sebagai bumbu masak dalam jamuan menu istimewa, layaknya sate, kambing guling, ayam kecap, nasi goreng, serta sayuran yang lain.
  4. Kulit kedelai hitam merupakan antioksidan karena mengandung senyawa yang melindungi tubuh dari penyakit degenerative dan penuan dini
  5. Penurun kadar kolesterol bagi tubuh karena kandungan isoflavon dan antosianin yang dapat memperbaiki profil lipid untuk memgurangi tekanan darah dalam tubuh.
  6. Mencegah penyakit jantung koroner dimana mampu menghambat oksidasi kolesterol yang merupakan wal terbentuknya plak pembuluh darah yang dapat memicu tekanan darah tinggi dan jantung koroner.
  7. Kedelai hitam juga kaya akan vitamin A,B,C,K,protein,karbohidrat,lemak,dan juga beberapa macam mineral seperti kalsium,magnesium,fosfor,kalium,zat besi dan juga zink.
  8. Pelancar pencernaan karena serat dalam kacang kedelai dalam mengeluarkan zat-zat racun dalam usus dan juga sebagai bahan alami penjegah diare.
  9. Meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan peptide pada kedelai hitam dapat meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh untuk melawan berbagai macam penyakit.
  10. Mengurangi kerusakan ginjal karena protein kedelai hitam mudah diterima oleh ginjal sehingga mampu meringankan kinerja ginjal.

Selain itu kecap juga dapat melawan penyakit seks dan monopause kerena dapat mengikat reseptor estrogen yang dapat membantu pelumasan didaerah vagina yang secara khusus membantu wanita yang memiliki estrogen rendah.

Penyusun : Yohanes Gitoyo
Sumber :

  1. http://www.manfaatpedia.com/
  2. http://infoketiga.blogspot.com/, Senin, 23 Januari 2012.