Rabu, 14 Mei 2014

Bahaya Menyikat Gigi Usai Minum Kopi.....


Anjuran menyikat gigi setelah makan memang penting untuk menjaga kesehatan mulut. Namun menurut sebuah studi, kebiasaan itu ternyata juga merusak kesehatan gigi.

Menyikat gigi langsung setengah jam setelah makan atau minum justru membuat kondisi gigi makin parah. Terutama, setelah menyantap menu yang bersifat asam, seperti buah, kopi, dan wine.

Setelah menyesap minuman bersoda atau berasa kuat, asam akan menyusup ke dalam enamel gigi. Tak hanya itu, kandungan yang sama juga merasuk ke lapisan di bawah enamel yang disebut dentin.

Mengutip laman New York Times, menyikat gigi sekaligus akan mendorong asam ke bagian dalam lapisan gigi. Akibatnya, timbul korosi. Itu membuat gigi cepat membusuk dan rusak.

“Dengan menyikat gigi, Anda benar-benar mendorong asam lebih dalam ke enamel dan dentin,” kata Presiden Academy of General Dentistry, Dr. Howard R. Gamble.

Direktur Komite Kesehatan Mulut Australian Dental Association, Dr. Peter Alldritt, mengungkapkan hal yang sama. Ia menyebutkan, enamel gigi sejatinya bersifat lunak saat digunakan untuk makan.

Jika terbiasa langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi makanan atau minuman asam, enamel itu akan bertambah rusak. Itulah yang membuat gigi cepat keropos, berlubang, atau terasa ngilu.

Peter menyarankan untuk menunggu setidaknya 30 menit setelah makan. Sebab, butuh waktu selama itu agar mulut optimal memproduksi air liur dan menetralisir keasaman. 

Penulis : Rizky Sekar Afrisia, Ken Puspita
Sumber : http://life.viva.co.id/, Rabu, 14 Mei 2014, 14:15 WIB.