Rabu, 07 Mei 2014

Google Trends, Inovasi Google untuk UKM.

google trends

Apa itu Google Trends?

Dunia digital akan terus berkembang dari waktu ke waktu. Segala informasi apapun dan dari manapun akan dengan mudah didapatkan. Dari penjuru dunia yang satu hingga yang lainnya akan dengan mudah menemukan berita apa yang sedang booming atau sedang trends saat ini. Salah satu yang membantu umat manusia untuk memenuhi kebutuhannya terhadap informasi adalah Search Engine yang bernama Google. Google tidak ada habis – habisnya berinovasi untuk membantu setiap orang mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Dari yang mulai politik, sosial, budaya, ekonomi, pendidikan, pariwisata dan lain sebagainya.

Inovasi yang baru – baru ini diluncurkan dan belum banyak diketahui oleh masyarakat adalah Google Trends. Lalu apa sebenarnya Google Trends itu? Singkat cerita Google Trends akan membantu kita menemukan segala informasi yang sedang menjadi trends atau sedang populer di suatu waktu tertentu dan di belahan dunia tertentu. Seperti contohnya, saat ini di Indonesia sedang booming atau sedang banyak membicarakan tentang peristiwa hilangkan Malaysia Airlines MH370. Berita ini menempati urutan pertamanya di minggu ini.


Bagaimana Google Trends mendapatkan informasi seperti ini?

dress

Semua ini dilakukan Google melalui robot atau mesin pencarian Google. Google akan melihat apa saja yang paling banyak dicari dan keyword apa yang paling banyak dimasukkan di mesin pencari Google. Dengan begitu, Google Trends akan menampilkan apa yang paling banyak dan menjadi trends saat itu.

Bukan hanya masalah politik dan sosial budaya yang akan menjadi perhatian oleh Google. Namun juga masalah ekonomi di masyarakat, yang jelas ini semua tergantung dari keyword apa yang sering kita masukkan dan cari di mesin pencarian Google.


Lalu bagaimana bisa Google Trends membantu UKM berbisnis?

Seperti halnya berita mengenai dunia politik, bisnis juga memiliki tempat atau wadah di dalam Google Trends. Seperti yang kita tahu saat ini, bisnis online sedang gencar – gencarnya dilakukan oleh berbagai kalangan, terutama di Indonesia yang memiliki banyak UKM didalamnya. Bisnis online menjadi salah satu pilihan berbisnis, karena selain mudah, harga yang terjangkau, namun juga memiliki pasar dan masa depan yang cukup menjanjikan.

Google Trends juga dinilai mampu membantu perkembangan UKM di Indonesia. Mengapa bisa demikian? Karena Google Trends akan membantu mencari tahu apa saja yang sedang dicari dan sedang dibutuhkan oleh masyarakat dan berkaitan dengan bisnis yang akan diciptakan.

Untuk UKM yang baru ingin memulai berbisnis online, penting adanya untuk terlebih dahulu mencari dan memeriksa pasar yang ingin dituju dan sesuai dengan bisnisnya. Kita harus tahu apa yang akan kita ciptakan, siapa target pasar kita, berapa harga produk kita, dan kira – kira akan ada banyak yang mencari atau tidak? Ini dibuat bukan semata – mata untuk mendapatkan keuntungan, namun juga agar mampu bersaing dan bertahan di pasar online yang semakin lama semakin padat.

google trends2

Nah, Google Trends akan membantu kita menemukan apa yang kira – kira sesuai dengan bisnis kita dan banyak dicari oleh masyarakat. Seperti contohnya ketika kita akan menjual pakaian secara online, kita harus tahu produk pakaian seperti apa yang akan kita jual? Siapa saja target pasar kita? Kira – kira berapa harga yang akan diberikan dan lain sebagainya.

Google Trends akan membantu kita menemukan produk apa yang paling banyak dicari masyarakat di Google dan juga akan memberikan grafik dari setiap produk yang kita cari. Dengan begitu kita akan tahu dan mudah mentargetkan produk yang akan kita jual. Google Trends juga diharapkan mampu membantu masyarakat yang berencana untuk membuka bisnis kecilnya secara online dengan mudah dan menghasilkan.

Sumber : http://mediabisnisonline.com/, 2 Mei 2014.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...