Cara Menghemat Kuota Internet Di Android.


Internet saat ini menjadi kebutuhan paling utama bagi sebagian besar masyarakat. Apalagi dengan kehadiran smartphone yang membutuhkan internet sebagai sarana utama untuk perpesanan, jalannya aplikasi, serta mengolah informasi, membuat kebutuhan akan internet terus meningkat. Dewasa ini banyak provider yang telah memberikan layanan internet super cepat. Hanya saja, kecepatan internet akan sebanding dengan habisnya kuota atau bandwith. 

Semakin cepat internet, maka akan semakin cepat pula kuota habis. Permasalahan yang kerap terjadi pada pengguna smartphone khususnya Android adalah kuota internet yang cepat habis. Apakah Anda pernah mengalaminya? padahal aktivitas internet hanya dilakukan untuk browsing saja. 

Nah jika kasus semacam itu pernah Anda alami, bisa jadi terdapat pengaturan browser yang kurang tepat. 

Saat ini kebanyakan pengguna Android menggunakan browser bawaan (chrome) serta opera mini untuk melakukan aktivitas browsing atau mencar infoemasi. Ternyata kedua browser tersebut memiliki fitur tersembunyi untuk menghemat kuota internet hingga 50%. Baerikut ini kami berikan tips cara menghemat kuota internet di android dengan melakukan pengaturan tambahan pada browser :

Aktifkan fitur kompresi data


Fitur ini jarang sekali diketahui oleh pengguna Android. Karena kebanyakan pengguna hanya menggunakan begitu saja tanpa mengotak atik browser yang mereka miliki. Padahal baik Chrome atau Opera mini ternyata memiliki fitur kompresi data yang sangat baik sehingga dapat menghemat kuota internet secara signifikan. 

Untuk mengaktifkan fitur tersebut ikuti langkah berikut ini :


Pada Chrome


Buka browser Chrome kemudian arahkan pada meni - setting lalu akan muncul beberapa opsi lain, pilih Bandwith Management, lalu aktifkan fitur Reduce Data Usage menjadi ON (lihat gambar di bawah)

Pada Opera 


Fitur kompresi data juga akan kita temui pada browser Opera, untuk mengaktifkannya sentuh logo opera pada kanan bawah. Seketika akan muncul pengaturan Off-Road. Ubah menjadi ON dengan cara menggeser saklarnya.


Efek penghematan yang disebabkan oleh Kompresi data

Setelah mengaktifkan fitur kompresi data seperti di atas, sekarang saatnya kita bandingkan dengan kondisi tanpa kompresi data. Gunakan browser tersebut untuk menjelajah internet selama 1 atau 2 hari. Kemudian pada menu Bandwith management (Chrome) akan terlihat seberapa besar penghematan yang telah dilakukan. Begitu juga di browser opera, penghematan kuota akan terlihat di menu Off Road mode.

Dari hasil pengujian, ternyata didapatkan bahwa pengaktifan fitur kompresi dapat menghemat kuota internet android hingga 50% lebih. 

Itulah cara menghemat kuota internet di android. Dengan melakukan cara di atas kita mendapat keuntungan kuota lebih awet dua kali lipat, selain itu juga mempercepat loading website yang berisi banyak konten seperti foto, animasi dll. Hanya saja kekurangan pengaktifan fitur kompresi akan membuat kualitas gambar menjadi menurun.

Penulis : : Herma Davian 
Sumber : http://www.begawei.com/.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??