Mengenal SSX, Senapan Serbu Canggih Pindad Yang Jauh Mengalahkan AK-47, Senapan Serbu Buatan Rusia.


Salah satu produk yang akan diluncurkan oleh PT Pindad pada tahun 2016, telah dijawab oleh berita Liputan6.com yang diluncurkan, Sabtu, 09/1/2016. Menurut Liputan6.com, PT Pindad telah berhasil membuat senjata yang melebihi kemampuan Senapan Serbu (SS) 2. Bahkan, kemampuan senjata baru Pindad ini mengalahkan senapan serbu legendaris AK-47.

PT. PINDAD menjelaskan bahwa senapan perseoaranagan SS 4 ini merupakan senapan jenis battle rifle dengan jarak tembak efektif antara 300-600 meter. Berdasarkan pada aturan yang dipakai oleh PT. PINDAD terdapat pembagian produk senapan berdasarkan jarak tembaknya :
  1. Senapan untuk riflemen dengan jarak tembak 100-300 meter.
  2. Senapan untuk marksmen dengan jarak tembak 300-600 meter.
  3. Senapan untuk sniper dengan jarak tembak 1000 meter.

Untuk senapan SS4 ini masih merupakan mock up dan SS 4 ini mengadopsi peluru dari jenis GPMG FN MAG 58 yaitu 7,62 x 51 mm. Senapan SS 4 ini dirancang dengan menggunakan method reverse engineering yang artinya senjata dibuat dari gabungan sejumalah produk persenjataan hasil kerjaan PT. PINDAD maupun non PINDAD. Misalnya saja rumah mekanik dan penutup diambil dari SS1.

Kemudian bagian laras mengambil kepunyaan senapan penembak runduk (sniper) SPR1. Selain itu picantinny rail mengambil milik senapan FN SCAR. Namun begitu SS 4 tidak sepenuhnya berasal dari gabungan sejumlah komponen senjata , beberapa diantaranya merupakan rancangan baru, salah satunya adalah popor.



ssx-pindad-2



Gambar 3d senapan serbu SSX menurut grabcad.com

Beberapa di antaranya merupakan rancangan baru, termasuk popor yang bisa dilipat. Panjang popor bisa diatur sesuai dengan kondisi fisik penembak. Dalam pengoperasiannya setiap pucuk senapan SSX dilengkapi magasine 15 butir peluru. Selain itu juga panjang popor juga bisa diatur sesuai dengan kondisi fisik penembak. Dalam pengoperasiannya setiap pucuk senapan SS 4 dilengkapi dengan magasine berkapasitas 15 butir peluru.

SSX menjadi nama sementara yang diberikan Pindad. Rencananya, senjata ini akan diluncurkan tahun ini dan penamaannya akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

“Ada produk senjata, namanya masih SSX. Nama pastinya nanti kita sampaikan saat launching tahun ini,” ujar Direktur Utama PT Pindad Silmy Karim.

Prototype Senjata SSX Pindad

Prototype Senjata SSX Pindad
Prototype Senjata SSX Pindad

SSX menggunakan peluru kaliber 7,62×51 mm, sementara AK-47 memiliki kaliber 7,62×39 mm. Keunggulan SSX lainnya adalah jarak tembak. SSX memiliki jangkauan tembak hingga 700 meter, sementara AK47 hanya memiliki jarak tembak efektif 300 meter.

Sebenarnya Pindad SSX tidak tepat disetarakan senapan serbu AK-47, SSX sebenarnya termasuk senapan penembak runduk (khusus untuk penembak jitu/ sniper). Sebagai senapan penembak runduk, Pindad SSX memiliki kesejajaran dengan M 110 (AS), Dragunov SVD (Rusia), HK 417 (German-AS) atau SIG 552 ( Austria) dalam filosofi serta mekanismenya. peruntukannya sudah jelas, bagi setiap regu pasukan dipastikan 1 orang menggunakan ini, plus 1 orang penembak supresi menggunakan M 249/ Minimi.

M 110 sniper rifle (AS)

Dragunov SVD sniper rifle (Rusia )

HK 417 sniper rifle (German-AS)

SIG 552 sniper rifle ( Austria)
Senapan SSX ini dirancang menggunakan method reverse engineering, yang artinya senjata dibuat dari gabungan sejumlah produk persenjataan karya Pindad maupun non-Pindad. Misalnya saja rumah mekanik dan penutup diambil dari SS1.


Bagian laras mengambil milik senapan penembak runduk (sniper) SPR1. Picantinny rail menggunakan senapan FN SCAR. Namun begitu, SSX tidak sepenuhnya berasal dari gabungan sejumlah komponen senjata. 

Video : "SSX/SS4 Senapan Battle Rifle Generasi Baru Buatan PINDAD"

Hingga kini Mabes TNI belum melansir rencana melengkapi satuan mereka dengan senapan SSX. Namun kemunculan senapan ini bisa dijadikan barometer semangat pemerintah dalam mewujudkan kemandirian alutsista.

Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.
Sumber :
  • http://bisnis.liputan6.com/read/2407682/produk-baru-pindad-bisa-kalahkan-senapan-legendaris-ini.
  • http://finance.detik.com/read/2015/06/27/152153/2954013/1036/keren-pindad-bisa-bikin-senapan-serbu-pesaing-ak-47
  • https://grabcad.com/library/pindad-ssx-7-62mm-1
  • https://www.facebook.com/permalink.php?story_fbid=864612986937782&id=492756764123408

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??