Jumat, 08 November 2013

3 Kesalahan Besar Pagi Hari, Kacaukan Otak


Pagi hari memang rentan dengan hal-hal menyebalkan. Mulai dari kemacetan, pekerjaan yang menumpuk hingga benda-benda penting yang tiba-tiba terlupakan. Kesialan ini terjadi bukan tanpa alasan. Dikutip Women's Health berikut tiga kebiasaan buruk pencetus "kesialan" pagi hari. 


Minum kopi terlalu pagi


Punya kebiasaan minum kopi di pagi hari? Mulai sekarang, hentikan kebiasaan ini. Energi di pagi hari akan meningkat dengan sendirinya, sehingga minum kopi hanya akan menyebabkan lonjakan energi yang membuat Anda menjadi panik dan gelisah.

Steven Miller, Ph.D, ahli saraf di Uniformed Services University of Health Sciences di Maryland mengatakan: manfaat kopi baru bisa didapatkan satu jam setelah Anda bangun tidur. Saat itulah tingkat energi mulai menurun, dan Anda butuh kopi untuk meningkatkannya kembali.


Sarapan terlalu sedikit

Buah dengan campuran yogurt mungkin terlihat seperti sarapan yang sehat dan sempurna. Tetapi sarapan dengan menu tersebut hanya akan membuat Anda makan lebih banyak di sore hari. Bukan hanya itu, sarapan yang terlalu sedikit juga membuat Anda kekurangan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh dan otak untuk berpikir.

Menurut ahli gizi Michelle Davenport, Ph.D., sarapan yang baik harus memenuhi sekitar 15 gram protein, 2,5 gram serat, karbohidrat kompleks dan beberapa lemak sehat. 


Cek e-mail

Ini juga menjadi kebiasaan buruk yang harus diubah secepatnya. Memeriksa e-mail saat Anda baru saja membuka mata hanya akan membuat pagi Anda diselimuti stres. Melissa McCreery,Ph.D pendiri Too Much on Her Plate mengatakan, daripada mengkhawatirkan pekerjaan saat baru saja membuka mata, sebaiknya fokuskan pagi Anda dengan hal-hal yang dapat membuat rileks.

Lakukan berolahraga, menghirup secangkir teh atau berbicara dengan teman sekamar. Kegiatan-kegiatan ini membantu Anda meningkatkan produktivitas dan kreatifitas. Sehingga Anda bisa bekerja lebih cepat saat mulai mengecek e-mail dari atasan. 

Penulis : Wuri Handayani, Marlina Irdayanti
Sumber : http://life.viva.co.id/, Jum'at, 8 November 2013, 06:06 WIB