Sabtu, 02 November 2013

Pendidikan Seks Baiknya sejak Usia 2 Tahun?


Berbicara soal seks kepada anak-anak bukanlah perkara mudah. Banyak orangtua merasa risih, takut, dan bingung untuk memulainya. Lantas, kapan sebenarnya waktu yang tepat bagi orangtua untuk mulai mengajarkan pendidikan tentang seksualitas kepada buah hatinya?

Penelitian terbaru terkait pendidikan seks telah merekomendasikan kepada para orangtua untuk memulai memberikan pemahanan tentang seksualitas kepada anak-anak mereka sejak usia 2 tahun.

Sebuah panduan dari Australian Research Centre in Sex, Health and Society (ARCSHS) mengatakan, berbicara tentang seksualitas kepada anak tidak akan membuat mereka berpikir untuk melakukannya. Justru beberapa penelitian telah menunjukkan, anak-anak yang tidak mendapat penjelasan seks dari orangtua cenderung untuk mencobanya lebih awal.

"Segera bicara dan berbicaralah sesering mungkin," ucap Jenny Walsh, dari La Trobe University, yang berpendapat bahwa berbicara tentang seks dengan anak sejak dini akan memberikan efek sebaliknya.
Dalam panduan tersebut dikatakan bahwa banyak orangtua yang masih gugup berbicara tentang seksualitas, termasuk topik-topik seperti anatomi, bayi, percintaan, dan perasaan seksual.

Penulis mengatakan, dengan adanya panduan terbaru ini, diharapkan para orangtua sudah mulai membahas masalah seks kepada anak-anak mereka sejak berusia 2 tahun dan berlanjut sampai mereka berusia 17 tahun.

Penulis : Bramirus Mikail 
Editor : Asep Candra
Sumber :Times of India, dikutip dari : http://health.kompas.com/, Selasa, 15 November 2011, 13:22 WIB.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...