Jumat, 06 Februari 2015

Inilah Dampak Negatif Akibat Terlalu Lama Menatap Layar Ponsel !


Menatap layar ponsel sudah menjadi kebiasaan yang sulit dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Saat menunggu, berada di dalam kendaraan atau menjalani rutinitas pekerjaan, menatap layar ponsel sudah menjadi kegiatan wajib.

Menurut Dr. Andrea Noey, dokter ahli siropraktik dan pendiri Natural Chiropractic Healing, rasa nyeri di bagian leher akibat terlalu lama menunduk saat menatap layar ponsel adalah keluhan yang kerap terjadi. Jika tidak ditangani secara serius, nyeri leher ini akan menimbulkan kerusakan pada area leher dan tulang belakang.


"Kerusakan yang kami maksud adalah lekukan tulang belakang yang menjadi rata, menurunnya kekuatan otot, tulang belakang menjadi tidak lurus, gangguan persendian, kerusakan otot, kerusakan saraf, dan degenerasi tulang belakang," ungkap dr Noey.

Untuk mengurangi keluhan nyeri akibat posisi tubuh yang salah saat menatap layar ponsel, Dr. Noey memberikan beberapa saran yang bisa Anda lakukan.

Pertama, perhatikan posisi tubuh Anda saat tangan memegang ponsel. Selalu pastikan pergelangan tangan dalam posisi tegak lurus. Selain itu, perhatikan jari Anda saat menggunakan ponsel.

"Jangan terlalu sering menggunakan ibu jari untuk mengetuk tombol atau layar ponsel. Gunakan juga jari telunjuk untuk membuat tangan menjadi lebih rileks,"jelas dr Noey.

Jika Anda menggunakan tablet, Anda bisa memanfaatkan alat penyangga tablet yang membuat tablet Anda dapat diletakkan di atas meja dalam posisi berdiri dan berada dalam jarak tertentu. Dengan demikian, Anda pun dapat mengurangi risiko nyeri leher karena kepala Anda dalam posisi tegak dan tidak menunduk.

Selain itu, meskipun tampaknya sulit, Dr. Noey menyarankan Anda membatasi frekuensi penggunaan ponsel setiap harinya.

"Memang sulit, sebab saat ini ponsel sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan. Jika Anda harus menggunakan ponsel dalam jangka waktu lama, istirahatlah secara teratur. Beristirahatlah selama 5 menit setiap 15 menit waktu penggunaan ponsel. Pastikan juga Anda tidak mengetik selama 3 menit tanpa henti," jelas Dr. Noey.


Penulis : Sakina Rakhma Diah Setiawan
Editor : Alvin Dwipayana
Sumber : dailymakeover, dkutip dari : http://female.kompas.com, Kamis, 5 Februari 2015, 15:00 WIB.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...