Mengungkap Misteri Ada Apa di Inti Pusat Bumi


Para ilmuwan mengatakan mereka mendapatkan pemahaman baru tentang apa yang terdapat di pusat inti bumi. Tim peneliti dari Cina dan Amerika Serikat mengisyaratkan inti paling dalam planet kita memiliki daerah yang berbeda di pusatnya.

Tim meyakini struktur kristal logam berbeda dengan yang ditemukan pada bagian luar inti bumi. Temuan ini dilaporkan pada jurnal Nature Geoscience, kata wartawan BBC Rebecca Morelle. Tanpa mengebor pusat bumi, susunannya tetap menjadi sebuah misteri.

Karena itulah para ilmuwan menggunakan gema akibat gempa untuk mengkaji pusat inti bumi, dengan menganalisa bagaimana gema berubah saat bergerak menembus sejumlah lapisan planet.


Profesor Xiaodong Song, dari University of Illinois di Urbana-Champaign mengatakan, "Sejumlah gelombang bolak-balik melambung dari satu bagian bumi ke bagian lain planet."

Profesor Song dan koleganya di Cina mengatakan data ini mengisyaratkan inti dalam bumi, daerah padat seukuran bulan, terdiri dari dua bagian.

Kristal pada "inti paling dalam" yang terkait dengan arah timur ke barat, akan berbalik jika Anda melihat bumi dari bagian atas kutub utara.

Sementara kristal pada "inti dalam bagian luar" terkait dengan arah utara ke selatan, posisinya vertikal jika dilihat ke bawah dari titik yang sama.

Editor : Hindra Liauw
Sumber : BBC Indonesia, dikutip dari : http://sains.kompas.com, Rabu, 11 Februari 2015 | 03:30 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??