6 Tips Jitu Agar Motor Matic Irit Bahan Bakar Alias Tidak Boros !


Mungkin banyak orang yang bertanya tanya khususnya para pengguna motor matic ,bagaimana cara menghemat bahan bakar motor matic khususnya untuk motor merek yamaha.Karena seperti yang kita ketahui bahwa motor matic merek yamaha lebih boros dari pada motor matic dari merek lainya, so ini asli yang pernah saya alami .Beda jauh antara motor matic yamaha (mio) dan motor matic Honda (beat) 2 motor matic ini lebih boros mio dari pada honda beat.

Harga Bahan bakar dunia semakin kesini semakin mengalami kenaikan , di tahun 2015 ini harga bensin melonjak tinggi, memang mau tidak mau membuat permerintah menyesuaikan keadaan dengan menaikan bahan bakar.Sehingga efisiensi penggunaan bahan bakar memang sangat penting agar menghemat biaya pengeluaran , dan juga agar tidak pemborosan bahan bakar dalam skala yang lebih besar.

Meskipun motor matic sering kali di anggap lebih boros dari pada motor bebek biasa, tetapi pertumbuhan motor matic khususnya di indonesia penjualanya semakin meningkat .Banyak alasan kenapa hal tersebut bisa meningkat salah satunya adalah karena motor matic lebih mudah di kendarai , selain itu motor matic banyak di kendarai oleh para wanita yang membutuhkan sepeda motor sendiri untuk melakukan aktifitasnya sehari hari misalnya pergi kekantor , pergi kerja dll.


Cara Menghemat Bahan Bakar

Berikut ini saya ingin sharing informasi yang membahas mengenai tips menghemat bahan bakar motor matic yang saya kutip dari berbagai sumber yang mungkin bisa menjadi referensi anda semuanya.

  • Jangan Terlalu Lama Dalam Pemanasan Mesin
untuk anda pengguna motor matic tidak perlu memanaskan mesin motor terlalu lama karena pada intinya sama saja dengan membuang bahan bakar . Kebiasaan dalam memanaskan mesin motor mungkin sudah tradisi dan menjaga agar motor tetep awet tahan lama dan selalu dalam kondisi prima.Untuk Motor terbaru biasanya tidak membutuhkan waktu yang lama ,tujuan dari pemanasan mesin motor yaitu untuk memanaskan mesin sekaligus agar oli yang ada di dalam mesin melumasi komponen komponen yang ada dlam mesin tersebut , sehingga saat dijalankan motor ready untuk diajak beraktifitas. Untuk pemanasan sendiri anda cukup memanaskan sekitar 3-5 Menit , anjuran dari pada mekanik motor maksimal 10 Menit.
  • Putaran Gas Motor
Setiap pengendara yang menggunakan motor biasanya memiliki gaya tersendiri . tetapi untuk yang satu ini tentunya jelas berpengearuh pada kondisi bahan bakar yang digunakan .Jika anda terlalu sering menggeber gas motor dengan tiba tiba misalnya atau dalam irama gas yang tidak teratur maka aliran bahan bakar tersebut akan semakin besar. Hal tersebut pernah saya alami dan saya praktekan , dengan menggeber motor gas rem , gas rem, gas mentok , terus di rem maka bisa membuat bensin boros , beda halnya jika saat menarik tuas gas normal tidak langsung mengeber tapi bertahap dan kecepatan motor rata2 misalnya 60 terus.
Bukan dengan menyentakan gas motor sampai kecepatan tinggi .Beda banget saat mengendari motor dengan menyentak gas kuat kuat dengan menggunakan gas motor dengan gaya normal yaitu perlahan lahan menarik gas motor ,lebih menghemat pelan pelan.

  • Penggantian Oli Motor
Jika Motor digunakan dalam jangka beberapa waktu terus motor yang anda kendarai tersebut mengalami penurunan performancenya , anda bisa melakukan pengecekan di bengkel terpercaya. Tarikan mesin biasanya dipengaruhi oleh banyak faktor salah salah satunya adalah kinerja dari karburator sendiri mungkin setelanya tidak pass. Sumbatan yang terjadi pada karburator atau gangguan lain terhadap komponen lainya juga bisa menyebabkan bahan bakar terbuang sia sia dan tenaga menjadi drop. untuk itu anda bisa melakukan penggantian oli motor berkala agar tetep awet dan performance tetep prima.

  • Cek berkala bagian sistem pengapian.
Mengatur Komponen pengapian ,hal ini berlaku untuk motor matic yang masih menggunakan karburator , anda bisa lakukan pengecekan pada komponen tersbut , bagaimana kondisinya secara berkala. Dengan melakukan pengecekan dan perawatan tentunya agar kondisi pengapian tetap seperti pada pabrikan dengan harapan penggunaan bahan bakar lebih efisien dan normal.

  • Cek Bagian Filter Angin Secara Berkala.
Mengapa anda harus melakukan check komponen ini , apakah berpengaruh…? Dengan filter udarayang kotor maka akan mengakibatkan udara yang masuk ke sistem pembakaran melalui saluran intake menjadi tersumbat. Biasanya kotornya filter tersebut sering diabaikan oleh kebanyak pengguna sepeda motor matic. Pastikan selalu membersihkanya secara teratur untuk menghindari penyumbatan udara dan disarankan melakukan pergantian filter udara jika sudah sampai 15.000 km /

  • Gunakan Bahan Bakar Otak Tinggi.
Dengan anda menggunakan bahan bakar oktan tinggi walaupun lebih mahal dari pada premium tapi pembakaran yang dihasilkan akan lebih sempurna,karena pertamax berbeda dengan premium. Hal ini pernah saya alami dan saya bedakan , penggunaan bensin pertamax performance lebih joss gandoss dan juga lebih irit mungkin karena pembakaran sempur ,kalau menggunakan premium lebih boros dan tenaga yang di hasilkan biasa biasa saja.Karena Pertamax sendiri memiliki oktan yang lebih tinggi dari pada bensin.Selain itu jika anda menggunakan bensin pertamax anda akan mendapatkan keuntungan plus yaitu mampu membersihkan karbon sisa pembakaran dan memang bahan bakar pertamax sendiri yang memiliki sisa karbon paling sedikit.

Tambahan mekanik dari bro kenthoet yaitu bisa anda coba dibawah ini ,kalau pengen kenal lebih dekat bisa hubungin di link berikut ini www.kenthoetboreup.com/about/


Cara Ngatasi Agar Bensin Motor Matic tidak terlalu boros bagaimana…?


Jawaban :
Kalau saran dari mekanik bro kethoet yaitu  anda boleh mencoba dengan menggunakan busi motor standard NGK C6HSA tapi lepas ringnya, kemudian anda setel celah klep in 0,10mm dan klep ex 0,12 , jangan lupa juga untuk setel pilot screw (angin angin karburator) 3 putaran penuh, terus pulley sekunder diganjel (terseran anda bisa menggunakan apa saja, kalau yang biasa di gantel pake ring bekas tutup klep sebanyak 2-3 buah ) biar per nya agak keras gak terllau lembek jadi biar tarikan bawahnya gak loyo , kurang lebih gitu hehe

Nah bagaimana ..? Semoga bisa membantu anda semuanya khusunya bagi yang punya motor matic dan ingin memilki bahan bakar yang irit maka bisa coba tips diatas , atau bisa juga coba saran dari mekanik motor bro kethoet.

Demikian informasi yang bisa saya bagikan untuk anda semuanya yang membahas mengenai 6 Tips Agar Motor Matic Irit tidak boros,semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber : http://www.modifikasi.co.id/415/6-tips-jitu-agar-motor-matic-irit-bahan-bakar-alias-tidak-boros/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?