Inilah Wajah Benua Pertama di Muka Bumi


Saat diterbitkan pada 1915, buku The Origin of Continents and Oceans karya Alfred Wegener menghebohkan seluruh landasan sains Bumi. Ahli meteorologi asal Jerman itu merupakan orang pertama yang menyatukan bukti multidisipliner untuk menunjang teori yang pada saat itu masih kontroversial tentang pergeseran lempeng benua.

Saat meneliti atlas dunia pada 1910, Wegener merenungkan apakah bentuk dari benua yang sesuai itu adalah kebetulan belaka. Belakangan, dia menyatukan mereka ke dalam sebuah "benua primordial" tunggal yang disebutnya Pangaea, bahasa Yunani untuk "semua daratan". 

Wegener berteori bahwa bentuk lahan masif ini telah ada sampai 250 juta-200 juta tahun yang lalu, ketika benua-benua tersebut mulai pecah dan hanyut ke posisi saat ini.

Bagi ahli biologi, ini menjelaskan spesies flora dan fauna yang berkerabat pada daratan-daratan yang dipisahkan oleh samudra. Bagi ahli paleontologi, teori ini menjelaskan fosil mesosaurus yang ditemukan baik di Afrika Selatan maupun Brasilia. 



Bagi ahli geologi, Wegener menunjukkan formasi-formasi tanah yang sama pada benua yang terpisah dan menyatakan, di antaranya, bahwa rentang Cape Fold Belt di Afrika Selatan pernah menyatu dengan Sierra de la Ventana, Argentina.

Karya Wegener ditolak mentah-mentah oleh ahli geologi terkemuka yang memiliki kepentingan dalam teori-teori evolusi Bumi dan sudah berakar dalam. 

Kritikus mengeluhkan bahwa Wegener gagal menjelaskan mekanisme yang tepat, yang akan mendorong terjadinya gerak menggeser tersebut. Butuh lebih dari 30 tahun untuk membuktikan bahwa teori Wegener benar. (Karen de Seve'/National Geographic Indonesia edisi Januari 2015)

Editor : Yunanto Wiji Utomo
Sumber : National Geographic Indonesia, dikutip dari : sains.kompas.com, Jumat, 19 Februari 2016, 20:00 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??