Fokker F27 Friendship, Pesawat Tua Yang "Masih" Perkasa ( ???) !



Hari ini Kamis, 21 Juni 2012 sekitar pukul 14.45 WIB sebuah pesawat milik TNI-AU jatuh di Kompleks Pangkalan Udara Utama Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Sebelumnya, pesawat jenis serupa juga pernah jatuh pada 6 April 2009 di Bandung dan menewaskan 24 penumpang dalam pesawat. Penyebab kecelakaan adalah hujan lebat. Saat itu, korban tewas meliputi enam kru, seorang instruktur, dan 17 personel siswa sekolah terjun Korps Pasukan Khas TNI AU.

Perlu anda ketahui Fokker F27 Friendship mulai dirancang sejak tahun 1950-an, dan terbang perdana pada tanggal 24 November 1955, coba anda bayangkan mungkin pesawat ini lebih tua dari orang tua anda, atau bahkan seusia dengan kakek anda !


Fokker F27 Friendship mulai diterima TNI-AU dari pemerintah Belanda pada 1975 dan 1976. Pesawat ini menjadi ujung tombak Skuadron Udara 2 yang bermarkas di Pangkalan Udara Utama Halim Perdanakusuma. 

Pada tahun 1996 perusahaan Fokker dinyatakan bangkrut, tetapi sebagian perusahaan tersebut masih kekal. Divisi angkasa menjadi perusahaan bebas yang masa kini dikenal sebagai Dutch Space. Cabang perusahaan yang menghasilkan bagian kapal terbang dan meneruskan kerja-kerja memperbaiki dan penyelengaraan diambil alih oleh Stork N.V.; kini dikenal sebagai Stork Aerospace Group. Stork Fokker ada untuk melestarikan pemasaran kembali kapal terbang syarikat Fokker yang sudah ada.


Desain dan pengembangan.


Fokker F27 Friendship adalah pesawat turboprop yang dirancang dan dibangun oleh produsen pesawat Fokker dari Belanda. Desain F27 Fokker dimulai pada tahun 1950 sebagai pengganti untuk pesawat "Douglas DC-3 Dakota" = pesawat DC-3 "Seulawah" milik Indonesia. 

Fokker mengevaluasi sejumlah konfigurasi yang berbeda sebelum akhirnya memutuskan pada tata letak tinggi sayap kembar mesin turboprop Rolls-Royce Dart dengan kabin bertekanan untuk 28 penumpang. 


Prototipe pertama, terdaftar PH-NIV, pertama terbang pada tanggal 24 November 1955. Prototipe kedua dan mesin produksi awal adalah 0,9 m (3 ft) lagi, menangani pesawat pertama itu sedikit ekor berat penanganan dan juga menyediakan ruang untuk empat penumpang lebih, sehingga total menjadi 32. Pesawat ini juga menggunakan mesin Rolls-Royce Dart Mk 528 yang lebih kuat. 



Produksi 


Aer Lingus adalah maskapai penerbangan pertama yang mengoperasikan F27 Friendship. Braathens AMAN F-27-100 Friendship pada bulan Agustus 1974. Model produksi pertama, F27-100, dikirim ke Aer Lingus pada bulan November 1958. 

Pengguna F27 Friendship lain adalah Braathens AMAN, Luxair, Ansett, Selandia Baru National Airways Corporation, Trans Australia Airlines dan Turkish Airlines. 

Pada tahun 1956, Fokker menandatangani kesepakatan lisensi dengan produsen pesawat AS Fairchild untuk yang kedua untuk membangun F27 di Amerika Serikat. Pesawat AS-built pertama terbang pada tanggal 12 April 1958. Fairchild juga dikembangkan sendiri versi lebar, yang disebut FH-227. Kebanyakan penjualan oleh Fairchild dibuat di pasar Amerika Utara.

Kokpit pesawat Fokker F27 

Pada akhir produksi Fokker F27 di tahun 1987, 586 unit telah dibangun (ditambah 207 F-27 dan FH-227s di Amerika Serikat oleh Fairchild), lebih dari pesawat turboprop sipil Eropa barat lainnya.
Aer Lingus adalah maskapai penerbangan pertama yang mengoperasikan F27 Friendship. Braathens AMAN F-27-100 Friendship pada bulan Agustus 1974. Model produksi pertama, F27-100, dikirim ke Aer Lingus pada bulan November 1958.

Pengguna F27 Friendship lain adalah Braathens AMAN, Luxair, Ansett, Selandia Baru National Airways Corporation, Trans Australia Airlines dan Turkish Airlines.

Pada tahun 1956, Fokker menandatangani kesepakatan lisensi dengan produsen pesawat AS Fairchild untuk yang kedua untuk membangun F27 di Amerika Serikat. Pesawat AS-built pertama terbang pada tanggal 12 April 1958. Fairchild juga dikembangkan sendiri versi lebar, yang disebut FH-227. Kebanyakan penjualan oleh Fairchild dibuat di pasar Amerika Utara.

Pada akhir produksi Fokker F27 di tahun 1987, 586 unit telah dibangun (ditambah 207 F-27 dan FH-227s di Amerika Serikat oleh Fairchild), lebih dari pesawat turboprop sipil Eropa barat lainnya.


Varian.


PH-LXJ, Fokker F27 Mark 050 C/N 20270, Fokker F-27-50 Friendship PH-LXJ KLM Cityhopper


F27-100 - adalah model produksi pertama; 44 penumpang.
F27-200 - menggunakan mesin Mk Dart 532 .
F27-300 Combiplane - penumpang sipil / pesawat kargo.
F27-300M kapal pengangkut tentara - transportasi versi Militer untuk Royal Air Force Belanda.
F27-400 - "Combi" penumpang / kargo pesawat, dengan dua Rolls-Royce 7 mesin turboprop Dart dan pintu kargo besar.
F27-400M - versi militer untuk US Army dengan sebutan C-31A kapal pengangkut tentara, masih digunakan pada tahun 2011.
F27-500 - Para -500, memiliki 1,5 m (4 ft 11 in) pesawat lagi, kembali ke mesin Dart Mk 528, dan akomodasi untuk hingga 52 penumpang. Hal pertama terbang pada bulan November 1967.
F27-500M - versi militer.
F27-500F - Sebuah versi dari -500 untuk Australia dengan depan lebih kecil dan pintu belakang.
F27-600 - Cepat perubahan kargo / penumpang versi -200 dengan pintu kargo besar.
F27-700 - Sebuah F27-100 dengan pintu kargo besar.
F27 200-MAR - maritim versi pengintai Bersenjata.
F27 Maritim Enforcer - Bersenjata maritim versi pengintaian.
FH-227 - Fairchild Hiller versi lebar.



Spesifikasi.


Kapasitas kru                : 2-3 orang
Kapasitas penumpang    : 48-56 penumpang
Panjang badan pesawat : 25,06 meter
Lebar sayap pesawat     : 29 m
Kecepatan jelajah         : 518 km/jam
Jangkauan                    : 1,826 km (986 nm, 1,135 mi)
Kecepatan menanjak     : 7.37 m/s (1,450 ft/min)
Tinggi                           : 8.72 m (28 ft 7¼ in)
Berat kosong                : 11,204 kg (24,650 lb)
Berat maksimum take off : 19,773 kg (43,500 lb)
Mesin                            : 2× Rolls-Royce Dart Mk.532-7 turboprop, 1,678 kW (2,250 eshp).



Operator Sipil  

Sebuah Merpati Nusantara F-27-500 di Bandara Internasional Ngurah Rai pada tahun 2005

Pada bulan Agustus 2006 sebanyak 164 pesawat Fokker F27 (semua varian) tetap berada dalam layanan penerbangan di seluruh dunia. Operator utama meliputi: Libyan Arab Airlines (14), Merpati Nusantara Airlines (11), WDL Aviation (11) and Mountain Air Cargo (11). Beberapa maskapai penerbangan beroperasi 43 angka lebih kecil dari jenis. Operator sipil pesawat  Fokker F27 dapatanda baca di link berikut : 

http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_Fokker_F27_operators



Operator Militer.
Apakah TNI Angkatan Udara kita terlalu kuno dengan mengoperasikan pesawat ini ?

Versi militer Fokker F27 Friendship milik TNI-AU.

Tidak Setidaknya ada 34 negara yang masih menggunakan pesawat Fokker F27 Friendship,ini sebagai tulang punggung pertahanan negaranya, dengan kegunaan yang berbeda, berikut negara yang masih mengoperasikan pesawat Fokker F27 Friendship secara aktif sampai saat ini.

Algeria : Algerian Air Force
Angola : Angolan Air Force
Argentina : Argentine Air Force
Australia : Royal Australian Navy
Biafra : Biafran Air Force
Bolivia : Bolivian Air Force
Burma : Burmese Air Force
Chad : Chad Air Force
Côte d'Ivoire : Cote d'Ivoire Air Force
Ecuador : Ecuadorian Air Force - Former operator.
Finland : Finnish Air Force
France : French Air Force
Ghana : Ghana Air Force
Guatemala : Guatemalan Air Force
Iceland : Icelandic Coast Guard
India : Indian Coast Guard
Indonesia : Indonesian Air Force (TNI-AU)
Iran : Imperial Iranian Air Force, later Islamic Republic of Iran Air Force, Imperial Iranian Army, later Islamic Republic of Iran Army
Italy
Mexico : Mexican Navy
Myanmar : Myanmar Air Force
Netherlands : Royal Netherlands Air Force, Royal Netherlands Navy
New Zealand : Royal New Zealand Air Force
Nigeria : Nigerian Air Force
Pakistan : Pakistani Air Force, Pakistani Navy, Pakistan Naval Air Arm
Peru : Peruvian Navy
Philippines : Philippine Air Force, Philippine Navy
Senegal : Senegalese Air Force, Senegambia Air Force
Spain : Spanish Air Force
Sudan : Sudanese Air Force
Thailand : Royal Thai Navy
United States : United States Army Parachute Team
Uruguay : Uruguayan Air Force

Sumber :
http://id.wikipedia.org/, 6 April 2012, 12.35 UTC
http://en.wikipedia.org/, Kamis, 21 Juni 2012, 11:56 UTC.
http://www.antaranews.com/, Kamis, 21 Juni 2012, 16:39 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??