Kandungan Nutrisi Buah Lokal Tak Kalah Gengsi Dengan Buah Impor !



Dibandingkan buah impor, buah-buahan lokal sering dipandang sebelah mata. Padahal, nutrisi buah lokal tak kalah hebat. Selain harganya lebih murah, buah lokal juga biasanya dipanen dalam kondisi hampir matang sehingga nutrisinya lebih optimal.


Kenali buah lokal apa saja yang wajib masuk dalam daftar belanja Anda.

1. Mangga
Mangga adalah sumber vitamin C, serat, potasium, dan antioksidan. Selain harum, rasa buahnya yang manis membuatnya banyak dicari orang. Manfaat lainnya adalah memperlancar proses buang air besar, mempercantik kulit, hingga membuat perut terasa kenyang lebih lama. Namun para penderita diabetes sebaiknya berhati-hati mengonsumsi buah musiman ini karena kandungan gulanya cukup tinggi. 

2. Buah naga


Buah naga sebenarnya berasal dari tanaman kaktus yang banyak hidup di wilayah Amerika Latin. Rasanya yang unik, seperti kombinasi antara kiwi dan buah pir, membuat buah ini naik daun. Para ahli di Taiwan menganggap buah naga sebagai obat diabetes karena kandungan seratnya yang tinggi efektif untuk menjaga kadar gula darah. Buah ini juga rendah kalori, tinggi vitamin C, serat, kalsium, vitamin B1,B2, B3, serta mengandung antioksidan.

3. Durian


Buah musliman asli Indonesia ini banyak digemari karena rasanya yang legit dan manis. Buah durian mengandung gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa serta sedikit lemak. Karenanya buah ini bisa menjadi pendongkrak energi. Buah yang berbau menyengat ini merupakan sumber vitamin C dan B (termasuk niacin, riboflavin, B5, B6, dan B1) yang jarang ditemukan pada buah lain. Durian juga mengandung asam amino triptophan yang punya efek menenangkan dan membuat tidur lebih nyenyak.

4. Rambutan

Rambutan termasuk dalam sumber vitamin C yang sangat baik. Hanya dalam empat ons rambutan, sudah mencukupi 40 persen kebutuhan vitamin C harian yang direkomendasikan. 

5. Belimbing


Buah yang rasanya menyegarkan ini lebih sering dipakai dalam campuran rujak. Belimbing kaya akan serat, vitamin C, serta asam askorbik yang baik untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, serta menguatkan kekebalan tubuh.

Penulis : Lusia Kus Anna 
Sumber :  http://health.kompas.com/, Jumat, 29 Juni 2012, 13:14 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??