Selasa, 09 September 2014

Mengenal Alina Kukushkina, Sosok Imut Dibalik Film "Masha and the Bear"



Kecil, menggemaskan, memiliki gigi kelinci, suka mengenakan kerudung pink, punya banyak teman binatang yang lucu, dan suka mengganggu sahabatnya si beruang. Sudah bisa ditebak siapakah ia? Yaps, ia adalah Masha dalam serial kartun Masha and The Bear. Sejak kemunculan di salah satu televisi swasta di Indonesia, sosok Masha telah merebut banyak sekali hati dan perhatian masyarakat Indonesia. Tidak hanya anak kecil, orang-orang dewasa pun sangat suka dengan si Masha ini.

Suara yang sangat menggemaskan juga menjadi daya tarik tersendiri. Tahukah Anda siapa pengisi suara si Masha ini?




Untuk Masha versi bahasa Rusia, pengisi suaranya adalah Alina Ilinichna Kukushkin. Sementara untuk Masha versi bahasa Inggris, pengisi suaranya adalah Elsie Fisher. Keduanya sama-sama sosok anak kecil yang sangat berbakat.

Ingin tahu lebih banyak tentang Masha and The Bear dan sosok pengisi suara si Masha? Simak infonya berikut ini.


Berawal dari Buku Cerita


Cerita Masha and The Bear diambil dari sebuah buku karya Lary Don. Dilansir dari laridon.co.uk, buku ini bercerita tentang seorang gadis cilik di hutan yang terjebak dan tersesat di hutan. Ceritanya sekilas mirip Red Riding Hood (Si Kerudung Merah), hanya saja Masha tidak bertemu dengan serigala melainkan dengan seekor beruang.

Cerita rakyat asal Rusia ini mengambil tokoh Masha dan beruang sebagai tokoh utamanya. Si beruang tidak ingin memakan Masha tetapi ia ingin agar Masha mau memasak dan membersihkan rumah untuknya. Salah satu yang menarik dari cerita ini adalah Masha bisa menggunakan keterampilan dan kemampuan otaknya untuk bertahan hidup.

Sosok Masha sendiri digambarkan seperti sebuah boneka Rusia yang sempurna. Tak heran jika akhirnya Animaccord Studios pun mengangkat cerita ini menjadi serial kartun.


Alina Kukushkina, Pengisi Suara Masha Versi Bahasa Rusia.


Namanya Alina Ilinichna Kukushkin. Ia lahir di Moskow, 26 September 2001. Alina sudah dikenal sebagai aktris suara atau pengisi suara sejak tahun 2009 (Wikipedia). Jika Anda sering mendengarkan suara tawa Masha yang sangat khas, Alina inilah "pelakunya". 

Gadis kecil yang gemar pelajaran seni ini awalnya diundang untuk audisi. Setelah mencoba untuk mengeluarkan beberapa kata di mikrofon, Alina pun langsung mendapat tawaran untuk menjadi pengisi suara Masha sejak tahun 2009 hingga sekarang. Oh iya, Alina ini juga mengisi suara Agnes "Despicable Me" dalam bahasa Rusia pada tahun 2010. Sementara di tahun 2011, Alina mengisi suara Dee Dee Eytenton "Dream House".

Anda ingin berkenalan dengan artis imut ini ? berikut alamat akun facebooknya : https://www.facebook.com/official.alinakukushkina


Elsie Kate Fisher Pengisi Suara Masha Versi Bahasa Inggris.


Elsie Kate Fisher rupanya sudah menunjukkan bakatnya sejak kecil. Pada usia lima tahun, seorang kerabat keluarga memperhatikan bahwa Elsie ini memiliki kemiripan dengan seorang aktris cilik bernama Dakota Fanning. Tak lama setelah menghubungi sebuah agensi, gadis kecil yang lahir pada tanggal 3 April 2003 ini dipilih menjadi pengisi suara Agnes "Despicable Me".

Elsie menjadi pengisi suara Masha versi bahasa Inggris sejak tahun 2012. Bahkan ia pun menjadi penyanyi untuk lagu soundtrack Masha and the Bear. Yaps, selain menjadi pengisi suara, ia juga dikenal sebagai penyanyia dan juga bintang iklan. Total sudah ada 16 iklan yang dibintanginya. Bahkan Elsie, seperti yang dilansir dari elsie-fisher.com, akan menampilkan bakat aktingnya di film McFarland sebagai Jamie yang kabarnya akan dirilis pada tanggal 21 November 2014 mendatang.


Masha and The Bear Menyebar Hingga ke Eropa.


Sosok Masha sepertinya sudah memikat hati para penduduk dunia. Dilansir dari mashabear.com, Ink Brands telah mengumumkan bahwa rumah produksi Egmont akan melebarkan sayap penayangan Masha hingga ke seluruh Eropa. 

Sebelumnya Egmont sudah mendapatkan kesuksesan besar atas penayangan Masha di Rusia. Dan kini akan memperluas penayangan Masha and The Bear ke sejumlah negara Eropa seperti Inggris, Jerman, Turki, dan wilayah CEE dan CIS. Selain itu akan ada produksi sejumlah produk yang menggunakan karakter Masha and The Bear seperti buku mewarnai, buku bergambar, buku cerita, dan majalah.


Kisah Tentang Beruang "Misha" dan si imut "Masha".


Masha and the Bear (bahasa Rusia: Маша и Медведь) adalah sebuah serial animasi Rusia yang diproduksi oleh Animaccord Studios. Serial animasi ini menceritakan pertualangan seorang gadis kecil yang bernama Masha dan seekor Beruang yang merupakan temannnya. Serial ini diciptakan oleh Andrei Dobrunov, Oleg Kuzovkov dan Dmitry Loveiko. Serial ini pertama kali tayang di Rossiya 1 ("Russia 1" pada saat itu) pada tanggal 7 Januari 2009.

Masha and the Bear bercerita tentang seorang gadis kecil pra sekolah berponi dan selalu menggunakan kerudung bernama Masha, satu-satunya karakter manusia di film ini. Masha adalah bocah yang kepo, hiperaktif (hingga nampak sedikit usil), suka bermain dan doyan dengan permen lolipop. Karakter utama lain adalah Misha, beruang pemburu sahabat Masha. Beruang ini memiliki banyak keterampilan, pandai memasak, suka merawat rumah pohonnya yang berada di tengah hutan. Memiliki peternakan lebah madu dan pekarangannya digarap menjadi lahan pertanian sayur.

Selain dua karakter utama di atas masih ada karakter lain yang juga kadang-kadang muncul. Seperti Dipper-beruang betina tetangga Misha, kumpulan serigala yang tinggal di sekitar mobil ambulans di atas bukit, kelinci pencuri wortel, landak dan tupai yang tinggal di sekitar rumah Misha. Ada juga ayam, babi dan kambing yang biasa muncul di pekarangan rumah Masha dekat rel kereta api. Juga ada karakter khusus yang muncul pada episode-episode tertentu seperti panda, kerabat Misha dan Sinterklas yang gemar membagi hadiah.

Berkas:Masha and The Bear Intro.jpg

Secara lengkap karakter dalam film "Masha and the Bear" adalah sebagai berikut :
  • Masha.

Masha merupakan karakter utama manusia yang ada di serial ini, selain Dasha, saudari kembarnya. Masha berbicara bahasa manusia. Pengisi suara oleh Alina Kukushkina. Masha sering mengenakan kerudung berwarna merah jambu dan memiliki rambut berwarna pirang, bola mata berwarna hijau, dan senang bertingkah laku.
  1. Suka lolipop (episode 33), sering mengunjungi temannya, Beruang, bermain dengan penghargaannya, bermain bola, melompat-lompat dengan ember, menonton kartun, mengajukan beberapa pertanyaan, dan menceritakan kisah.
  2. Dapat melakukan tarian "moonwalk" (episode 6) - menggunakan sesuatu yang digunakan di kepalanya (biasanya toples kaca).
  3. Tak pandai memasak makanan seperti bubur (episode 17) dan pangsit (episode 24), tetapi bisa membuat selai (episode 6) dan lolipop (episode 33).
  4. Dapat bermain hoki (episode 31), sulap (episode 25), dan catur (episode 28).
  5. Bisa menggunakan peralatan tukang (episode 11) dan bermain gitar listrik (episode 29).
  6. Takut suara keras seperti petir (episode 25).
  7. Bisa mendekorasi rumah (episode 26).
  8. Bisa membuat model kapal (episode 11).

  • Beruang (Misha).

Beruang (Misha) dahulunya merupakan pemain sirkus yang hebat, memiliki banyak penghargaan, diploma, dan piala. Dia selalu menjaga semuanya agar tetap bersih dan mengkilap. Ketika pensiun dari sirkus, dia memilih menetap di sebuah hutan dengan rumah yang dibangunnya. Dia cinta damai, tenang, dan memiliki hobi memancing, juga memiliki beberapa sektor pertanian sendiri, seperti sarang lebah, kebun bunga, dan kebun sayuran. Dapat bermain gitar dan piano, serta mengendarai sepeda dan motor ski.

Beruang tidak bisa berbicara bahasa manusia, tetapi dia mengerti dan dapat berkomunikasi dengan Masha. Pengisi suara oleh Boris Kutnevich.


Karakter lainnya:
  • Dipper, beruang betina yang menyukai Beruang dan tinggal di sebelah rumah Beruang. (Karakter ini mulai muncul pada episode 6)
  • Kelinci teman Masha dan Beruang. Terkadang terlihat sedang berkebun dengan Beruang (episode 12), dan sering mencuri wortel . (Karakter ini mulai muncul pada episode 1)
  • Serigala, sering terlihat di sekitar mobil ambulan yang telah usang di atas bukit. (Karakter ini mulai muncul pada episode 1, episode 5 menampilkan 2 serigala)
  • Tupai, tinggal di atas pohon, membawa buah kesemek sebagai alat pertahanan diri jika ada yang menggangunya. (Karakter ini mulai muncul pada episode 1)
  • Landak, sering berkeliaran di hutan, senang dengan jamur. (Karakter ini mulai muncul pada episode 2)
  • Panda, sepupu Beruang, teman bermain Masha ketika sedang berkunjung. (Karakter ini mulai muncul pada episode 15)
  • Beberapa hewan lain, seperti Kambing, Ayam, Anjing, dan Babi - tinggal di halaman rumah Masha di pinggir rel kereta, selalu bersembunyi ketika Masha muncul. (Karakter ini mulai muncul pada episode 1)
  • Harimau, teman lama Beruang ketika bermain di sirkus. (Karakter ini mulai muncul pada episode 20)
  • Pinguin, anak angkat Beruang ketika masih telur, lalu dipulangkan dengan pesawat kecil ke Antartika. (Karakter ini mulai muncul pada episode 23)
  • Sinterklas, sering datang saat Natal untuk membagikan hadiah ke binatang lain, termasuk Masha dan Beruang. (Karakter ini mulai muncul pada episode 3)
  • Beruang Hitam Himalaya, saingan Beruang ketika merayu Dipper di pinggir danau. (Karakter ini mulai muncul pada episode 7)
  • Lebah, memiliki sifat agresif, tinggal di sarang lebah di halaman Beruang mengitari pohon apel. (Karakter ini mulai muncul pada episode 1, lebih jelas saat episode 34)
  • Dasha, saudara kembar Masha. (Karakter ini mulai muncul pada episode 36)
  • Kupu-kupu, hewan yang selalu ditangkap Masha menggunakan jaring. (Karakter ini mulai muncul pada episode 1)
  • Ulat, hewan yang pernah ditangkap Masha menggunakan jaring (episode 24). (Karakter ini mulai muncul pada episode 9)

Dalam film dilukiskan Misha, si Beruang suka menghabiskan waktunya untuk merawat rumah atau pertaniannya, memasak, bersantai, mengisi TTS dan kegiatan-kegiatan untuk menyenangkan dirinya sendiri. Tapi kesenangannya selalu terganggu dengan kedatangan Masha ke rumahnya.

Tapi Misha tidak marah. Dia dengan sangat terpaksa meladeni Masha yang kepo dan selalu mau bermain dengannya. Disinilah kelucuan film ini. Tingkah pola Masha yang imut dan lucu serta sedikit usil, diimbangi dengan karakter beruang yang besar, suka jengkel dengan ulah Masha. Untuk membayangkan betapa usilnya Masha, bayangkan ayam, babi dan kambing yang tinggal di dekat rumah masha langsung lari bersembunyi begitu Masha keluar dari dalam rumahnya. tapi walaupun Masha rada-rada menjengkelkan, Misha tetap sabar dan meladeninya.

Anda penasaran ingin menonton seluruh episode Film "Masha and the Bear" dari episode 1-43, silahkan kunjungi situs youtube berikut :



Pelajaran dari tayangan Film "Masha and the Bear".

Foto: What if Masha finds a beauty magazine?

Walaupun sepintas lalu, film ini cuman buat lucu-lucuan ternyata ada beberapa kekuatan yang sekaligus jadi  pelajaran yang bisa dipetik dari interaksi antara Masha, beruang dan karakter lainnya:
  1. Persaudaraan. Walaupun dalam film ini banyak karakter yang berbeda tapi mereka semua bersahabat dengan caranya masing-masing. Misha si beruang, tidak bisa berbicara menggunakan bahasa manusia. Tapi antara dia dan Masha bisa saling mengerti satu sama lain. Begitu pula dengan karakter lainnya. Film ini dapat mengajarkan kepada anak-anak untuk memiliki kepekaan sosial yang tinggi.
  2. Tidak ada karakter antagonis. Pada beberapa film anak ada karakter yang berperan sebagai karakter antagonis. Mereka biasa adalah para penjahat yang harus disingkirkan sehingga biasa melibatkan sedikit adegan konfrontasi. Namun di film ini dijamin tidak ada adegan kekerasan. Paling-paling ada adegan Misha yang jatuh dari atas pohon, atau kejatuhan perkakas rumah. Pada episode mengenai serigala-serigala yang ingin menyandera Masha, pada akhirnya pun habis dikerjai oleh Masha.
  3. Kesabaran dan saling menyayangi. Walaupun seringkali dibuat jengkel oleh Masha, Misha beruang tetap sabar serta dan sayang pada bocah ini. Pada satu episode Masha membuat kesalahan besar karena “memporakporandakan” rumah Misha, sehingga beruang nampak marah besar dan sebagai hukuman membiarkan Masha pulang sendirian ke rumahnya padahal hari sudah jauh malam. Namun tak lama kemudian, Misha beruang jadi ikut khawatir pada keadaan Masha sehingga lari menyusulnya.
  4. Kegembiraan. Masha adalah seorang bocah yang polos dan selalu nampak gembira sekaligus juga hiperaktif. Memang kadang-kadang dia kelihatan usil tapi sebenarnya keusilannya karena dia memiliki rasa ingin tahu yang besar dan ingin terlibat pada setiap pekerjaan Misha, sampai akhirnya semua jadi berantakan. Tapi pada akhirnya kita sampai pada kesimpulan “namanya juga anak-anak….”

Serial film ini di officialsitenya (Youtube) berjumlah 43 episode, sedang yang sudah beredar tayang total ada 45 episode, yaitu :

Foto sampul

  1. How They Met
  2. Don't Wake 'Till Spring
  3. One, Two, Three! Light the Christmas Tree!
  4. Tracks of Unknown Animals
  5. Prances with Wolves
  6. Jam Day
  7. Springtime for Bear
  8. Gone Fishing
  9. Call Me Please!
  10. Holiday on Ice
  11. First Day of School
  12. No Trespassing
  13. Hide and Seek is not for the Weak
  14. Watch Out!
  15. Little Cousin
  16. Get Well Soon
  17. Recipe for Disaster
  18. Laundry Day
  19. The Grand Piano Lesson
  20. Stripes and Whiskers
  21. Home Alone
  22. Breathe In, Breathe Out
  23. The Foundling
  24. Bon Appètit
  25. Hocus-Pocus
  26. Construction In Progress
  27. Oil Painting
  28. Knight's Move
  29. Hit of the Season
  30. Growth Vitamin
  31. A New Broom
  32. When All the Houses
  33. Sweet Life
  34. Photo 9 of 12
  35. It's Hard to be Small
  36. Comedy of Errors
  37. The Big Adventure
  38. Today The Opposite is True
  39. Bedtime Story
  40. Beauty is Ugly Force
  41. The Trick is Done
  42. And Action!
  43. Self-made Hero
  44. Once Upon a Year
  45. The Puzzling Case

Satu lagi kekuatan film ini sebagai film anak adalah genre-nya pas untuk segmentasi usia anak (12 tahun ke bawah). Beberapa film anak yang lebih dulu tenar seperti misalnya Spongebob produksi Nickelodeon sebenarnya lebih cocok untuk tontonan anak usia remaja. Karena pada beberapa episode diceritakan spongebob lagi kasmaran dengan crabby patty-nya, juga pernah ada episod tentang Mr. Crab yang sedang tergila-gila dan dibuat dengan iklim budaya ala Amerika.

Film Masha and the Bear besutan Rusia yang budayanya tidak seliberal Amerika, jadi cukup membantu untuk ditonton anak-anak kita.

Oh ya, saya juga salut untuk ANTV tidak mengganti suara pemainnya (dubbing) jadi tetap menampilkan audio aslinya hanya diberi subtitle agar penonton bisa tetap mengikuti pembicaraan Masha dan kawan-kawannya.

Penyusun : Yohanes Gitoyo
Sumber : 
  1. http://www.vemale.com/
  2. http://hiburan.kompasiana.com/
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Masha_and_the_Bear
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...