Inilah 7 Antivirus Gratis untuk Android dan 5 Antivirus Gratis untuk Windows.


Malware alias program jahat -termasuk juga virus- selalu menjadi momok yang menghantui pengguna Windows. Beberapa tahun belakangan, malware melebar ke perangkat mobile, khususnya yang berbasis sistem operasi Android. Program penangkal dalam bentuk antivirus pun mutlak diperlukan.

Selain versi berbayar, di pasaran tersedia pula antivirus gratis. Masalahnya, mencari aplikasi antivirus gratisan yang bagus susah-susah gampang. Tak semuanya efektif menghalau serangan.

Mana di antara mereka yang bisa memberikan perlindungan mumpuni secara cuma-cuma?

Nah, jawabannya bisa ditemukan dalam daftar 8 antivirus gratis untuk Android dan Windows yang dirangkum Kompas Tekno dari Digital Trends berikut ini. 

Masing-masing program gratis yang bersangkutan memperoleh penilaian baik di situs pengujian antivirus independen AV-Test. Selengkapnya bisa dilihat di bawah.


Antivirus untuk Android 

Semakin berkembangya teknologi dan os android para virus maker juga terus berkembang. Hal ini di karenakan para virus maker terus mengembang virus yang mengincar os yang saat ini memang sedang naik daun. Sebelum-sebelumnya juga pernah terjadi kehebohan dimana virus-virus menyerang ponsel  Symbian yang tidak hanya merusak sistem dari ponsel tersebut tapi juga bisa merusak hardware dari hp tersebut. Bukan tidak mungkin hal ini juga akan terjadi pada android.
  1. Avast Free Antivirus. Program ini menyediakan proteksi real time yang komplit, telepon locator, data kontak backup , fitur anti-theft (anti pencurian) dan perlindungan privasi.
  2. Avira Free Antivirus for Android, Program ini menyediakan proteksi real time, mencetak skor tinggi soal pendeteksian virus.
  3. AVG Antivirus for Android, Ringan dan efektif
  4. 360 Security. Program ini menyediakan proteksi real time yang komplit, lengkap dengan fitur anti-theft dan perlindungan privasi.
  5. AVL. Ringan dan efektif, tanpa dijejali aneka rupa fungsi ekstra yang belum tentu berguna.
  6. ESET. Aplikasi anti-virus yang didesain dengan apik, menyediakan antarmuka khusus untuk tablet.
  7. Sophos. Sederhana, mudah untuk digunakan, serta tak berulangkali menayangkan iklan untuk versi premium.


Antivirus untuk Windows 

  1. Avast Free Antivirus. Program ini menyediakan proteksi real time yang komplit dan perlindungan serangan malware on-line.
  2. Avira Free Antivirus. Program ini mencetak skor tinggi soal pendeteksian virus.
  3. Bitdefender Antivirus Free. Ringan, tanpa iklan, serta bekerja dengan efektif di latar belakang.
  4. Malwarebytes Anti-Malware. Program antivirus yang mumpuni. Sayang, pembuatnya menarik biaya untuk menjalankan fitur real-time protection sehingga membutuhkan aplikasi lain untuk melindungi sistem.
  5. Panda Free Antivirus. Proteksi lengkap dengan antarmuka yang gampang dimengerti. Hemat sumber daya sistem.

Perlu ditambahkan bahwa antivirus perlu di-update basis datanya secara rutin agar bisa terus mencegat program jahat termutakhir. Kinerjanya pun tak selalu mumpuni. 

Antivirus yang bekerja prima saat ini belum tentu menunjukkan performa yang sama esok hari, jadi teruslah mengamati AV-Test dan pilih yang terbaik.

Di luar antivirus, hal lain yang bisa turut melindungi ponsel atau sistem komputer adalah kebiasaan yang "sehat" seperti hanya memasang program yang diperoleh dari sumber resmi, senantiasa melakukan pembaruan sistem, dan menghindari hal-hal mencurigakan seperti tautan phishing yang dicantumkan dalam e-mail atau media sosial.

Penyusun Yohanes Gitoyo, S Pd.