Muhammad Fanriado Mahasiswa Yogyakarta Membangun Mobil Listrik Masa Depan Berbasis Android !


Mungkin kamu pernah melihat beberapa konsep mobil yang digadang-gadang akan menjadi mobil masa depan. Kebanyakan mobil-mobil itu merupakan buatan luar negeri. Namun tampaknya, nanti akan ada mobil yang mungkin akan menjadi mobil masa depan buatan Indonesia. Mobil itu dinamakan Kaliurang UNISI, dan diciptakan oleh mahasiswa asal Yogyakarta.

Ada tiga hal yang membuat mobil itu berpotensi demikian:
  1. Satu karena mobil itu tidak didayai oleh bahan bakar minyak, melainkan dengan listrik. 
  2. Dua, dalam rencana jangka panjangnya, listrik akan diperoleh dari energi terbarukan. 
  3. Tiga, mobil itu juga tidak beroperasi dengan sistem konvensional. Kaliurang UNISI menggunakan sistem operasi Android untuk membantu beberapa kegiatan navigasi serta keamanan. Smartphone berbasis Android diintegrasikan dengan mobil untuk mendukung operasional.

Tim 8 yang terdiri dari mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) berhasil merancang mobil listrik bernama Kaliurang UNISI. Mobil yang diharapkan bisa menjadi mobil masa depan ini dioperasikan dengan basis smartphone dengan sistem operasi Android.

Uniknya lagi mobil listrik tersebut dapat dijalankan dan dikendalikan secara nirkabel melalui sebuah aplikasi Android. Seperti yang dijelaskan oleh Yanuar Anaba, salah satu mahasiswa pembuat mobil listrik Android ini, menurutnya cara menjalankan mobil ini sangatlah mudah dan sederhana, sebab hanya membutuhkan sebuah aplikasi Android yang dapat dengan mudah diunduh pada smartphone.

Semisena.comSemisena.com
Masih menurut penjelasan Yanuar, seperti yang dilansir laman Metronews.com, ia menjelaskan bahwa ketika aplikasi sudah diunduh maka penggunanya tinggal mengaktifkan aplikasi tersebut dan arahkan smartphone ke mobil agar lebih mudah dikendalikan, namun selain itu, mobil tersebut juga dapat langsung dikendarai tanpa perlu menggunakan aplikasi.

Yanuar juga menyatakan bahwa munculnya ide tersebut berasal dari semakin populernya gadget berbasis Android oleh sebab itu para mahasiswa UII memutuskan untuk merancang sebuah mobil listrik yang lebih unik dan berbeda dari yang lain.



Bagaimana sistem android ini bekerja untuk UNISI Kaliurang?
Muhammad Fanriado, salah satu dari 8 orang anggota tim yang mengembangkan mobil tersebut mengatakan, dengan segala kebaruannya, Kaliurang UNISI menjawab sejumlah persoalan. Yang pasti, mengurangi polusi dan emisi karbon.

Sistem operasi Android juga memberi kemudahan dalam navigasi dan keamaman. sistem operasi Android pada smartphone digunakan menjalankan navigasi dan keamanan pada mobil listrik ini dengan mengintegrasikannya terhadap mobil obyek.

"Mobil ini bisa parkir sendiri tanpa bantuan sopir," katanya saat ditemui dalam Kongres Ilmu Pengetahuan Nasional XI/Indonesia Science Expo yang diadakan di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia pada Kamis (8/10/2015).

Jadi, manakala hendak memarkir mobil, pengendara tinggal mengatur fungsi navigasi di smartphone. Pengendara lantas bisa turun dan memarkir mobil dari jarak tertentu. Ini memudahkan pengendara kala harus berjalan mundur saat parkir.

"Kalau mobil dicuri, kita juga bisa mematikan dari jauh," imbuh Fanriado.

Smartphone yang dipegang pengendara bisa dihubungkan dengan yang terpasang di mobil untuk menonaktifkan.Untuk komunikasi antar smartphone dan mobil, mobil ini memanfaatkan sinyal WiFi, bluetooth, dan GSM.

"Kalau jarak dengan dengan WiFi atau bluetooth. Kalau jarak jauh dengan GSM," jelas Fanriado.

Kaliurang UNISI (Infonitas)



Dari segi tampilan fisiknya, mobil listrik yang membutuhkan biaya produksi sebanyak 70 Juta Rupiah ini terlihat seperti versi mini dari mobil Formula 1 dengan bodi mobil yang terbuat dari besi dan dicat dengan warna biru. Untuk menggerakkan motor listrik ini, masih mengandalkan aki 1.6 Kilowatt dan membutuhkan waktu pengisian daya selama kurang lebih 6 jam agar baterai tahan selama 5 jam.

Video : "Mobil Listrik Kaliurang UNISI: Prototype Mobil Listrik Karya Mahasiswa UII Jogja"

Video : "Kaliurang Unisi EV"

Mobil listrik berukuran 1,9 meter x 1,4 meter tersebut mampu berjalan dengan kecepatan maksimum 50 km/jam. Memiliki bobot sekitar 400 kilogram, mobil itu bisa berjalan non stop dengan kecepatan maksimum sejauh 10 kilometer.

Untuk mengisi ulang baterai, dibutuhkan waktu sekitar 8 jam bila dimulai dari kondisi benar-benar kosong. Daya pada baterai maksimal bisa digunakan untuk berkendara hingga 2 jam.

Melihat kemampuannya, Kaliurang UNISI memang belum bisa diandalkan menjadi alat transportasi sehari-hari. Namun, tim mahasiswa UII mengatakan akan terus mengembangkannya.

Kini, mereka bekerja sama dengan Intel untuk membuat kontrol berbasis Android bisa lebih responsif.

"Mimpi kami ke depan bukan hanya membuat mobil tapi transportasi massal," kata Fanriado.



Kaliurang UNISI (Penesan)

Anggota tim yang semula terdiri dari 8 orang kini menjadi 40 orang. Tim akan mengembangkan generasi kedua dari Kaliurang UNISI. Salah satu yang digagas adalah baterai yang lebih mumpuni.

Saat ini, Kaliurang UNISI menggunakan baterai kalsium. Generasi selanjutnya akan menggunakan baterai lithium.

Untuk mendukung operasi mobil, tim mewacanakan pentingnya stasiun pengisi baterai yang bersumber dari energi matahari.

Mobil itu mungkin belum bisa digunakan sekarang. Tapi dengan pengembangan serius dan dukungan pemerintah, mobil itu benar-benar bisa dikendarai di masa depan. Dan jalanan di kota besar akan ramai dengan sliweran mobil buatan Indonesia serta berbasis energi terbarukan. 

Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.
Sumber :
  1. http://soloraya.com/2015/10/11/mobil-listrik-kaliurang-unisi-mobil-listrik-buatan-mahasiswa-yogyakarta/
  2. http://sains.kompas.com/read/2015/10/08/21085661/Mobil.Bikinan.Mahasiswa.Yogya.Ini.Bisa.Jadi.Kendaraan.Masa.Depan
  3. http://soloraya.com/2015/09/29/pojog-2015-juga-tampilkan-kreasi-otomotif-mahasiswa/
  4. http://jadiberita.com/72936/mahasiswa-jogja-bikin-mobil-dengan-sistem-operasi-android.html
  5. http://www.goodnewsfromindonesia.org/2015/10/12/mobil-karya-mahasiswa-jogja-ini-bisa-jadi-kendaraan-masa-depan/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??