Rabu, 19 Oktober 2016

Foto Terbaru Mars Atmosphere and Volatile Evolution (MAVEN) Ungkap Wajah Mars Yang Sebenarnya.

MAVEN IUVS cloud formation
Wajah Mars dalam sinar ultraviolet seperti diambil wahana MAVEN. 
Foto menunjukkan Mars dalam 7 jam rotasinya, sekitar sepermpat hari di planet tersebut.

Gambar global yang baru dari Mars dari misi MAVEN menunjukkan cahaya ultraviolet dari atmosfer Mars secara detail belum pernah terjadi sebelumnya, mengungkapkan dinamis, perilaku sebelumnya tak terlihat. Mereka termasuk gambar pertama dari "nightglow" yang dapat digunakan untuk menunjukkan bagaimana angin beredar di ketinggian. Wajah Mars yang berbeda itu mengungkap fenomena yang membuat Mars tetap terlihat berkilau kala malam. Fenomena itu disebut nightglow. Nightglow dipicu oleh sinar ultraviolet dari matahari saat siang yang memecah molekul gas karbon dioksida dan nitrogen.



Gambar "nightside" menunjukkan ultraviolet (UV) "nightglow" emisi dari nitrat oksida (disingkat NO). Nightglow adalah fenomena planet umum di mana langit samar-samar bersinar bahkan tanpa adanya lengkap cahaya eksternal. Mars 'suasana nightside memancarkan cahaya di ultraviolet karena reaksi kimia yang mulai di Mars' dayside. Sinar ultraviolet dari matahari memecah molekul karbon dioksida dan nitrogen, dan atom yang dihasilkan dilakukan sekitar planet dengan pola angin ketinggian tinggi yang mengelilingi planet ini. Pada nightside ini, angin ini membawa atom ke ketinggian yang lebih rendah di mana atom nitrogen dan oksigen bertabrakan untuk membentuk molekul oksida nitrat. Rekombinasi rilis energi ekstra, yang keluar sebagai cahaya ultraviolet.

Para ilmuwan memprediksi NO nightglow di Mars, dan misi sebelum terdeteksi keberadaannya, namun MAVEN telah kembali gambar pertama dari fenomena ini di atmosfer Mars. Bercak-bercak dan garis-garis yang muncul di gambar ini terjadi di mana NO rekombinasi ditingkatkan oleh angin. Konsentrasi tersebut merupakan bukti nyata penyimpangan yang kuat di Mars 'angin ketinggian tinggi dan pola sirkulasi. Angin ini mengontrol bagaimana atmosfer Mars merespon siklus musiman yang sangat kuat. Gambar-gambar pertama akan menyebabkan peningkatan penentuan pola sirkulasi yang mengendalikan perilaku atmosfer dari sekitar 37 ke 62 mil (sekitar 60 sampai 100 kilometer) tinggi.
gambar dayside menunjukkan atmosfer dan permukaan dekat kutub selatan Mars secara detail ultraviolet belum pernah terjadi sebelumnya. Mereka diperoleh sebagai musim semi datang ke belahan bumi selatan. Ozon hancur ketika uap air hadir, sehingga ozon terakumulasi di daerah kutub musim dingin di mana uap air telah terdepak dari atmosfer. Gambar menunjukkan ozon berlangsung ke musim semi, yang menunjukkan bahwa angin global menghambat penyebaran uap air dari sisa planet ke musim dingin daerah kutub. pola gelombang di gambar, diungkapkan oleh penyerapan UV dari konsentrasi ozon, sangat penting untuk memahami pola angin, memberikan para ilmuwan sarana tambahan untuk mempelajari kimia dan sirkulasi global atmosfer.

pengamatan Maven juga menunjukkan pembentukan awan sore selama empat gunung berapi raksasa di Mars, sebanyak awan terbentuk di atas pegunungan di Bumi. gambar IUVS pembentukan awan adalah yang terbaik yang pernah diambil menunjukkan perkembangan awan sepanjang hari. Awan adalah kunci untuk memahami persediaan keseimbangan energi dan uap air planet, sehingga pengamatan ini akan berharga dalam memahami perilaku sehari-hari dan musiman dari atmosfer.



MAVEN Imaging UltraViolet Spectrograph diperoleh gambar-gambar dari pembentukan awan yang cepat di Mars dari 09-10 Juli 2016. Warna-warna ultraviolet dari planet telah diberikan dalam warna palsu, untuk menunjukkan apa yang akan kita lihat dengan mata ultraviolet-sensitif. seri interleaves MAVEN gambar untuk menunjukkan sekitar 7 jam dari Mars rotasi selama periode ini, lebih dari seperempat dari hari Mars '. Kiri bagian dari planet di pagi dan sisi kanan di sore. gunung berapi yang menonjol Mars ', diatapi dengan awan putih, dapat dilihat bergerak melintasi disk. Mars 'gunung berapi tertinggi, Olympus Mons, muncul sebagai daerah gelap menonjol di dekat bagian atas gambar, dengan awan putih kecil di puncak yang tumbuh di siang hari. Olympus Mons tampak gelap karena gunung berapi naik di atas banyak atmosfer kabur yang membuat seluruh planet tampak lebih terang. Tiga gunung berapi lebih muncul berturut-turut diagonal, dengan awan mereka penggabungan span hingga seribu mil pada akhir hari. Gambar-gambar ini sangat menarik karena mereka menunjukkan bagaimana cepat dan ekstensif awan topping gunung berapi terbentuk di sore hari. proses yang sama terjadi pada Bumi, dengan aliran angin di atas pegunungan menciptakan awan. Pembentukan sore awan adalah kejadian umum di Amerika Barat, terutama selama musim panas.

Selain itu, citra ultraviolet dayside dari pesawat ruang angkasa menunjukkan bagaimana jumlah ozon berubah dari musim dan bagaimana sore awan terbentuk lebih dari gunung berapi Mars raksasa.

Citra yang diambil wahana Mars Atmosphere and Volatile Evolution (MAVEN) menunjukkan wajah Mars yang tak pernah dilihat sebelumnya.

"MAVEN diperoleh ratusan gambar tersebut dalam beberapa bulan terakhir, memberikan beberapa cakupan ultraviolet resolusi tinggi terbaik dari Mars pernah diperoleh," kata Nick Schneider dari Laboratorium Atmosfer dan Antariksa Fisika di Universitas Colorado Boulder. Schneider adalah menyajikan hasil ini 19 Oktober di American Astronomical Society Divisi Planetary Sciences bertemu di Pasadena, California.


Dalam citra tersebut, Mars terlihat kekuningan, bukan merah seperti biasanya. Hal itu karena MAVEN mengambilnya dengan kamera Imaging Ultraviolet Spectograph yang berbasis sinar UV.

Atom hasil pemecahan molekul itu dibawa angin mengelilingi mars. Malamnya, atom itu turun ke lapisan atmosfer yang lebih rendah, membentuk molekul nitrogen oksida (NO). Energi dari proses itu menjelma jadi cahaya UV.

Fenomena nightglow sebenarnya terjadi di semua planet. MAVEN adalah wahana antariksa pertama yang berhasil merekam fenomena itu di Mars.

Gambar-gambar tersebut diambil oleh MAVEN Pencitraan UltraViolet Spectrograph (IUVS).

Video : "Ultraviolet Mars Reveals Cloud Formation"

Selain nightglow, MAVEN juga mendokumentasikan fenomena pembentukan awan di gunung raksasa mars serta lapisan ozon di kutub planet tersebut.

"Orbit MAVEN bisa dibilang sangat pas," kata Justin Deighan dari University of Colorado yang mempimpin observasi dengan MAVEN.

"MAVEN cukup tinggi untuk mengambil citra global tapi mengobrit cepat sehingga bisa mengambil sejumlah wajah mars dari hari ke hari," imbuhnya. 

Wahana MAVEN diluncurkan sejak 18 November 2013, bertugas mempelajari atmosfer mars. Dengan MAVEN, ilmuwan berharap menemukan kemungkinan mars mendukung kehidupan pada masa lalu dan saat ini.

Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...