Senin, 24 Oktober 2016

Menguak Misteri Mimpi Buruk Ketindihan (sleep paralysis) Dari Sudut Pandang Ilmiah.


Fenomena sleep paralysis atau biasa disebut dengan ketindihan menjadi kondisi yang menakutkan bagi kebanyakan orang selama berabad-abad. 

Sebuah kajian yang dipimpin oleh Jose FR de Sa dari Jungian Institute of Bahia, Brasil, mengungkap kisah-kisah menakutkan mengenai ketindihan dari berbagai budaya di belahan dunia.

Pengumpulan kisah-kisah itu bertujuan memperkaya pengetahuan tentang pengalaman ketindihan dari sisi psikologis dan budaya.

“Cerita-cerita ini menunjukkan bagaimana sebuah fenomena biologis dapat ditafsirkan secara berbeda-beda oleh masyarakat,” tulis de Sa dalam kajiannya seperti dikutip Livescience, beberapa waktu lalu.

Menurut kajian yang dipublikasikan dalam Frontiers of Psychology tersebut, setidaknya ada tiga macam kisah menakutkan dari berbagai budaya di seluruh dunia yang menguraikan pengalaman ketindihan. 


Makhluk misterius menindih dada.

Kisah dari Brasil menguraikan, ketindihan terjadi karena ada sesosok makhluk berkuku panjang dan mengendap-endap di langit-langit rumah. 

Makhluk berkuku panjang itu dinamai Pisadeira. Ketindihan terjadi karena makhluk itu masuk ke dalam rumah dan menginjak-injak dada orang yang sedang tidur.

Sementara masyarakat di Catalonia di Spanyol menjelaskan, ketindihan terjadi karena seekor binatang berwarna hitam yang disebut Pesanta memasuki rumah dan duduk di atas dada orang yang sedang tertidur. 

Di Newfoundland, Kanada, ketindihan dipercaya terjadi karena adanya wanita tua bernama Old Hag yang datang dan menindih orang yang sedang tertidur. 

Kisah serupa juga dituturkan oleh beberapa etnis di Vietnam dan Laos yang menjelaskan hal itu sebagai akibat roh yang duduk di atas dada orang yang sedang tertidur.

Kisah mengenai makhluk yang menindih dada juga digunakan untuk orang Meksiko. Makna istilah ketindihan dalam bahasa Meksiko sendiri adalah mayat merayap ke atas tubuhku.



Mantra dari dukun dan hantu yang menindih
  • Dalam budaya Inuit, ketindihan dipercaya terjadi akibat kiriman mantra. 
  • Mantra dari dukun menyebabkan seseorang mengalami uqumangirnig atau dikunjungi oleh kehadiran yang tak berbentuk.
  • Bagi masyarakat Jepang, ketindihan dipercaya terjadi karena kanashibari atau seorang dukun memanggil roh untuk mencekik musuh yang menyebabkan ia terikat seolah dirantai.
  • Dalam sebuah studi pada pengungsi Kamboja pada tahun 1970, penelitian mengungkapkan adanya khmaoch sangkat atau hantu menindih orang yang sedang tidur. Cerita serupa juga ada pada budaya tradisional China.
  • Di Thailand, ketindihan dipercaya terjadi karena adanya hantu phi am yang mendatangi orang yang setengah tidur hingga tak bisa bergerak.

Meski kisah-kisah itu terdengar menyeramkan, ketindihan atau sleep paralysis sebenarnya dapat dijelaskan secara biologis. 

Menurut Brian Sharpless, profesor psikologi klinis dari Argosy University, Washington DC, "ketindihan" disebabkan oleh terganggunya siklus REM atau rapid eye movement ketika orang sedang tidur.

Dalam posisi REM, orang biasanya sedang bermimpi. Ketika itu terjadi, batang otak akan melumpuhkan tubuh dengan menghambat kinerja neuron motorik. Ketika orang mengalami ketindihan, mimpi dan lumpuhnya badan terjadi secara bersamaan ketika orang setengah sadar. 

“Ini berarti, mimpi itu secara teknis adalah halusinasi. Itu tampak jelas seperti ketika Anda sedang bangun. Bahkan, bisa juga multisensori yang berarti ketika ketindihan, kalian tidak hanya melihat, tapi bisa juga mendengar, dan dalam beberapa kasus, merasakannya juga,” kata Sharpless.


Beberapa cara mengatasi ketindihan (sleep paralysis)



Kelumpuhan tidur bisa menjadi pintu untuk fenomena seperti keluar dari pengalaman tubuh dan bermimpi . Pada dasarnya, itu adalah perasaan sadar tapi tidak bisa bergerak. Hal ini terjadi ketika tubuh Anda tidak bergerak lancar melalui berbagai tahap tidur dan dapat melibatkan halusinasi. 

Ada dua jenis kelumpuhan tidur : 
  • Hypnopompic kelumpuhan tidur terjadi ketika Anda menjadi sadar sebelum tubuh Anda telah pindah keluar dari Rapid Eye Movement (REM) fase tidur. 
  • Hypnagogic kelumpuhan tidur dapat terjadi ketika Anda menjadi sadar saat Anda jatuh tertidur. 


Anda mencoba untuk menginduksi gejala kelumpuhan tidur pada diri sendiri, membantu sangat jika Anda percaya bahwa Anda adalah seorang praktisi seni sihir. Kelumpuhan tidur bisa menjadi pengalaman menjengkelkan dan menakutkan, jadi berpikir dua kali tentang mencoba untuk menginduksi sering, atau sama sekali. 

Metode 1

Image titled Induce Sleep Paralysis Step 1

  • Mencoba untuk Menginduksi Sleep Paralysis Dengan Sleep terganggu

Mengadopsi siklus tidur yang tidak teratur. 
Penelitian telah menunjukkan bahwa ada hubungan antara pola tidak teratur tidur dan bersesuaian mengalami kelumpuhan tidur, serta pengaruh genetik yang potensial. Orang-orang yang bekerja shift tidak teratur dan memiliki biasa dan terganggu pola tidur yang lebih rentan untuk tidur kelumpuhan. Umumnya kelumpuhan tidur adalah lebih umum di antara orang-orang yang tidur kurang dan lebih kurang tidur. 
  1. Ingat bahwa orang dewasa harus bertujuan untuk antara enam dan sembilan jam tidur malam, dan sering memaksa diri Anda untuk memiliki kurang dari ini tidak dianjurkan.
  2. Kurang tidur yang teratur meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius seperti diabetes, penyakit jantung dan obesitas. Anda juga akan merasa lebih sulit untuk berkonsentrasi dan harus mengurangi kewaspadaan yang dapat membuat Anda lebih rentan terhadap kecelakaan. 


Memecah siklus tidur Anda dengan tidur siang. 

Image titled Induce Sleep Paralysis Step 2

Tidak ada cara dijamin untuk menginduksi kelumpuhan tidur. Meskipun cukup umum, penyebab pasti dari fenomena tersebut masih belum sepenuhnya dipahami.  Mengacaukan siklus tidur Anda dengan periode tidur yang lebih pendek di malam hari dan tidur siang di malam hari adalah salah satu cara untuk melakukan hal ini. Hal ini tidak tepat, tetapi dilaporkan sebagai salah satu cara untuk marah siklus tidur yang teratur dan berpotensi menimbulkan kelumpuhan tidur.
  1. Keluar dari tempat tidur lebih awal dari biasanya, sebelum melaksanakan kegiatan sehari-hari Anda seperti biasa. Anda harus umumnya aktif di siang hari bahkan jika Anda merasa lelah.
  2. Kemudian memiliki tidur siang singkat di malam hari, karena tidak lebih dari dua jam, beberapa waktu 7:00-22:00.
  3. Setelah tidur siang tetap terjaga dan aktif selama setidaknya satu jam lagi sebelum kembali ke tempat tidur. 

Berbaring di tempat tidur dan bersantai. 

Jika Anda mencoba untuk menginduksi tidur kelumpuhan penting untuk berbaring di tempat tidur dalam posisi yang nyaman. Berbaring telentang Anda ketika Anda tidur adalah salah satu faktor yang sering dilaporkan yang dapat membantu menginduksi kelumpuhan tidur. Hal ini tidak benar-benar tahu apa hubungan kausatif, tapi diperkirakan bahwa sejumlah besar orang yang mengalami sleep paralysis tidur dalam posisi terlentang. Merenung dan diam seperti yang Anda bisa dan mencoba untuk mengulang satu kata di kepala Anda, seperti mantra. Ini akan membantu Anda bersantai dan membersihkan pikiran Anda.
  1. Ulangi kata lagi dan lagi, dan mulai membayangkan bahwa seseorang sedang berbicara kata untuk Anda.
  2. Cobalah untuk tidak menjadi terganggu jika Anda merasa lampu dan sensasi lainnya.
  3. Berkonsentrasi pada kata, tetap santai, dan Anda mungkin merasa diri bergerak menuju ambang kelumpuhan tidur. 


Bangunkan diri di malam hari. 

Image titled Induce Sleep Paralysis Step 4

Cara alternatif untuk mengganggu tidur Anda dan berpotensi membantu menginduksi kelumpuhan tidur adalah untuk bangun diri pada malam hari. Set alarm Anda untuk antara empat dan enam jam setelah Anda tertidur, dan kemudian menjaga diri terjaga untuk jangka waktu singkat 15 menit sampai setengah jam. Dapatkan pikiran Anda aktif dengan membaca untuk periode ini. Lalu saat Anda kembali ke tempat tidur, tutup mata Anda, tetapi mempertahankan kesadaran.
  1. Untuk melakukan ini, ulangi mantra, seperti "You're a wizard Harry (Kau penyihir Harry)", atau fokus pada titik tertentu di bidang visual Anda.
  2. Anda kemudian dapat tergelincir ke dalam kelumpuhan tidur saat Anda kembali tidur tapi pikiran Anda tetap sadar. 


Metode 2
  • Pemahaman Kelumpuhan Tidur

Image titled Induce Sleep Paralysis Step 5

Tahu apa itu. Selama kelumpuhan tidur Anda akan merasa sadar dan sadar tapi tidak dapat menggerakkan tubuh Anda atau berbicara. Fenomena ini bisa berlangsung hanya beberapa detik, beberapa menit atau dalam kasus yang sangat langka lagi. Hal ini tidak biasa bagi orang yang mengalami kelumpuhan tidur merasa tekanan pada dada atau sensasi tersedak, seolah-olah sesuatu yang menekan di dada mereka. 
  • Kelumpuhan tidak membahayakan Anda, tetapi itu bisa menjadi situasi yang menakutkan, terutama jika Anda belum mengalami itu sebelumnya. 
  • Beberapa orang akan mengalaminya beberapa kali dalam hidup mereka, yang lain lebih sering, dan beberapa tidak sama sekali. 
  • Biasanya, hal ini lebih sering ditemukan pada remaja dan dewasa muda, meskipun dapat mempengaruhi siapa saja dan tidak dianggap dipengaruhi oleh jenis kelamin. 



Memahami gejala kelumpuhan tidur . 

Image titled Induce Sleep Paralysis Step 6

Gejala utama dari kelumpuhan tidur adalah rasa kesadaran tanpa bisa bergerak. Hal ini sering digabungkan dengan perasaan pernapasan dibatasi. Hal ini tidak biasa bagi seseorang untuk mengalami halusinasi menakutkan dan memiliki rasa yang kuat bahwa ada sesuatu yang mengancam di dalam ruangan selama kelumpuhan tidur. Halusinasi ini mungkin sangat jelas karena Anda adalah semi-terjaga ketika Anda sedang bermimpi. 
  • Gejala-gejala ini dapat membuat perasaan cemas dan terganggu yang dapat bertahan setelah Anda keluar dari kelumpuhan tidur.
  • Sleep paralysis itu sendiri bisa menjadi gejala dari narkolepsi. 


Tahu kapan untuk mencari bantuan medis. 

Image titled Induce Sleep Paralysis Step 7

Tidur kelumpuhan sendiri tidak membahayakan Anda, tetapi jika Anda mengalaminya sering dapat mengganggu dan mengganggu pola tidur Anda. Paling sering, membuat penyesuaian siklus tidur Anda sehingga lebih teratur, dan mencoba untuk membatasi stres dalam hidup Anda akan menurunkan kemungkinan Anda mengalami kelumpuhan tidur. Jika itu adalah memiliki dampak negatif pada Anda, kunjungi dokter Anda untuk saran. Dalam beberapa kasus dokter mungkin meresepkan kursus singkat antidepresan. 
  1. Jika Anda memiliki gejala yang parah, mereka mungkin terhubung ke gangguan tidur lain, seperti narkolepsi .
  2. Kunjungi dokter Anda jika Anda mengalami kantuk berlebihan di siang hari dan menemukan kesulitan untuk berkonsentrasi pada tugas-tugas sehari-hari. 
Penyusun : Yohanes Gitoyo, S Pd.
Sumber :

  • sains.kompas.com, Rabu, 19 Oktober 2016, 17:56 WIB.
  • http://www.wikihow.com/Induce-Sleep-Paralysis


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...