4 Keahlian Wajib Anda Miliki Tahun 2013.


Persaingan akan semakin ketat dalam pasar tenaga kerja yang akan datang. Bagi karyawan yang ingin maju, kompetensi dasar tidak akan cukup. Untuk memenangkan promosi atau meraih lahan pekerjaan tahun 2013, para ahli mengatakan ada empat keahlian kerja yang wajib dikuasai:


1. Komunikasi
Apapun jenis hingga tingkatan jabatan Anda, komunikasi adalah kunci untuk maju. "Kemampuan mengartikulasikan dengan jelas sudut pandang Anda dan kemampuan untuk membuat koneksi menjadi sangat penting," kata Holly Paul, recruiting leader dari PricewaterhouseCoopers, sebuah perusahaan akuntan dan konsultan yang berbasis di New York, AS.

Bagi pencari kerja pada khususnya, komunikasi yang baik serta  dapat memberikan gambaran tentang gaya kerja Anda pada perusahaan. "Saya bisa menilai dari percakapan lima menit dan merasakan antusiasme Anda sekaligus memiliki pemahaman yang baik tentang hal yang menjadi prioritas bagi Anda," kata Paul.

Saat ini percakapan di kantor semakin lama bergerak ke arah online, beberapa pekerja yang  tidak pernah mengembangkan kemampuan presentasi, kemungkinan tidak dapat menulis koheren selama lebih dari katakanlah, 140 karakter. "Teknologi dalam beberapa hal telah menumpulkan kemampuan untuk menulis dengan baik. Orang sering terburu - buru dan mempersingkat kalimat serta melewatkan dasar penulisan seperti ejaan yang benar,” kata Paul McDonald, senior executive director dari Robert Half International, sebuah perusahaan kepegawaian di California, AS.


2. "Personal Branding"
HRD akan menjelajahi blog, Twitter dan situs jejaring profesional seperti LinkedIn ketika meneliti kandidat, dan penting bahwa mereka menyukai yang mereka temukan." Sadarilah bahwa jejaring sosial mewakili diri Anda," kata Peter Handal, CEO dari Dale Carnegie, sebuah perusahaan penyedia jasa pelatihan kerja. Anda harus memastikan personal branding Anda menarik dan positif.

3. Keluwesan
Kemampuan untuk merespon kebutuhan dan perubahan perusahan dengan cepat akan menjadi penting tahun depan. Karena banyak perusahaan akan mencoba menjawab permintaan serta kebutuhan pelanggan dengan gesit. Sedangkan bagi perusahaan yang berencana menambah karyawan, mereka berharap karyawan tetapnya mudah beradaptasi dengan kondisi yang benar-benar baru. Bisa saja, hal yang menjadi pekerjaan Anda tahun ini tidak akan menjadi tugas Anda lagi tahun depan.

4. Peningkatan produktivitas
Pada tahun 2013, pekerja harus menemukan cara baru untuk meningkatkan produktivitas, para ahli mengatakan bahwa para eksekutif  perusahaan mencari peningkatan 20% dalam kinerja karyawan tahun depan dari level saat ini, menurut sebuah survei terbaru. Perusahaan yang sedang mempertimbangkan menambah pekerja di tahun-tahun mendatang ingin karyawan saat ini untuk beroperasi dalam modus pertumbuhan sekarang. "Klien saya sedang mencari karyawan yang memiliki kemampuan besar untuk memahami yang diinginkan dan dibutuhkan tanpa diberitahu," kata Haberfeld.

Penulis : Hesti Pratiwi
Sumber: MarketWatch, dikutip dari : http://female.kompas.com/, Senin, 26 November 2012, 20:04 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??