Dasyatnya Sandy Superstorm !

 

Badai Sandy (juga disebut sebagai Superstorm Sandy) adalah siklon tropis yang sangat terpengaruh bagian dari Karibia , Mid-Atlantic dan Northeastern Amerika Serikat pada akhir Oktober 2012. Ini adalah yang terbesar Atlantik badai berdiameter pada catatan, dengan angin yang mencakup 1.100 mil (1.800 km).  The siklon tropis kedelapan belas dan diberi nama badai dan angin topan kesepuluh musim 2012 topan Atlantik , Sandy diperkirakan dalam perhitungan awal telah menyebabkan kerusakan setidaknya $ 20 miliar menjadi $ 25 miliar (2012 USD), yang akan peringkat di antara lima badai atas paling merusak dalam catatan.

 File: Sandy 2012 track.png
  
Badai Sandy dikembangkan pada Pukul 15.00 UTC  pada tanggal 22 Oktober, ketika Pusat Badai Nasional (NHC) yang diprakarsai nasihat pada Depresi Tropis Delapan belas di selatan Kingston, Jamaika . Sistem dikembangkan dari daerah tekanan rendah dan telah mengorganisir konveksi . Ini bergerak lambat pada awalnya karena bukit di utara. Rendah geser angin dan hangat perairan diperbolehkan untuk penguatan,  menjadi Tropical Storm Sandy akhir pada tanggal 22 Oktober. Awal pada tanggal 24 Oktober, sebuah mata mulai berkembang, dan itu bergerak terus ke utara karena adanya mendekati palung.  Kemudian hari itu, NHC upgrade Sandy status badai sekitar 65 mil (105 km) selatan dari Kingston, Jamaika.  Pada sekitar 19: 00 UTC hari itu, Sandy membuat mendarat dekat Kingston dengan kecepatan angin sekitar 80 mph (130 km / h ).  Hanya lepas pantai Kuba, Sandy cepat intensif untuk angin 110 mph (175 km / h),  dan pada intensitas yang membuat pendaratan di barat Santiago de Cuba di 05: 25 UTC pada 25 Oktober. Sandy kembali memasuki air dan membuat pendaratan kedua di Kuba selama pagi tanggal 25 Oktober sebagai 2 Kategori badai. Selama larut malam tanggal 25 Oktober, Sandy melemah ke Kategori 1 kekuatan, pada dini hari 26 Oktober, itu menuju utara melalui Bahama.



Setelah Sandy keluar Kuba, struktur menjadi tidak teratur, dan ternyata di utara-barat laut atas Bahama.  Pada 27 Oktober Sandy tidak lagi sepenuhnya tropis, dan meskipun geser yang kuat, itu mempertahankan konveksi karena mempengaruhi dari palung mendekat, palung yang sama berbalik badai ke timur laut. Setelah sempat melemah menjadi badai tropis, Sandy kembali diintensifkan dalam badai, dan pada 28 Oktober mata mulai pembangunan kembali. Badai bergerak seputar rendahnya tingkat atas atas Amerika Serikat bagian timur dan juga ke barat daya dari bukit di atas Atlantik Kanada , memutarnya ke barat laut.  Sandy mencapai puncak sekunder 90 mph (150 km / h ) pada tanggal 29 Oktober, sekitar yang waktu memiliki diameter angin lebih dari 1.000 mil laut (1.150 mil, 1.850 km).  The konveksi berkurang sementara badai dipercepat menuju pantai New Jersey, dan badai tidak lagi tropis pada 23: 00 UTC pada tanggal 29 Oktober.  Satu jam kemudian, Sandy membuat pendaratan sekitar 5 mil (8 km) barat daya dari Atlantic City ,  dengan kecepatan angin 90 mph (150 km / h).  Sisa-sisa melemah lebih Pennsylvania, merosot ke palung sisa pada tanggal 31 Oktober.


Sandy berkembang dari gelombang tropis di bagian barat Laut Karibia pada 22 Oktober. Ini menjadi depresi tropis, dengan cepat diperkuat, dan upgrade ke badai tropis enam jam kemudian. Sandy bergerak perlahan ke utara menuju Antilles Besar dan secara bertahap ditingkatkan. Pada tanggal 24 Oktober, Sandy upgrade ke badai, tak lama sebelum melakukan pendaratan di Jamaika. Setelah bergerak lebih jauh ke utara,


Sandy mulai menunjukkan beberapa karakteristik dari kedua siklon tropis dan ekstratropis pada tanggal 26 Oktober. Sandy sebentar melemah menjadi badai tropis di pagi hari tanggal 27 Oktober, kemudian restrengthened ke badai Kategori 1 pagi itu. Tepat sebelum 8 EDT pada tanggal 29 Oktober, Sandy berbalik ke utara-barat laut dan mulai melakukan pendekatan yang diharapkan terhadap pantai AS. Pukul 7 pm EDT malam itu, Sandy dinyatakan sebagai siklon pasca-tropis , sementara tetap mempertahankan kekuatan Kategori 1. Sandy membuat pendaratan akhir 5 mil (8 km) barat daya dari Atlantic City , New Jersey di sekitar 8 pm EDT pada 29 Oktober.


Di Amerika Serikat, Badai Sandy terpengaruh setidaknya 24 negara, dari Florida ke New England , dengan angin badai tropis kekuatan peregangan jauh di pedalaman dan salju gunung di West Virginia . Topan membawa merusak gelombang badai ke New York City pada malam 29 Oktober, membanjiri jalan-jalan banyak, terowongan, dan jalur kereta bawah tanah di Lower Manhattan dan daerah lain kota dan memotong listrik di banyak bagian kota dan sekitarnya. Kerusakan luas terjadi di New Jersey, terutama di masyarakat sepanjang Jersey Shore . 


Setidaknya 165 orang telah dikonfirmasi tewas di seluruh Amerika Serikat, Karibia, Kanada, dan Bahama, sebagai akibat dari badai. 

 

 
 
 
 

 

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Hurricane_Sandy, Halaman terakhir dirubbah pada 1 November 2012 pukul  07:12 UTC.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Jika Naga Hidup di Dunia Nyata, Bagaimana Cara Mereka Semburkan Api?