6 Hari Berkelana Di Antariksa Menyaksikan Keindahan Indonesia dari Luar Angkasa.


 Sebuah dokumentasi Planet Bumi hemisfer bagian utara dari Satelit Electro-L
Satelit Electro-L adalah sebuah satelit geostasioner buatan Rusia yang mengorbit 40000 km di atas bumi. Satelit menciptakan gambar megapiksel 121 setiap 30 menit dengan empat panjang gelombang cahaya tampak dan inframerah. Cahaya inframerah muncul oranye dalam gambar ini, dan menunjukkan vegetasi. Gambar diperoleh mulai pada 14 Mei 2011 dan berakhir pada 20 Mei. Gambar adalah gambar disk terbesar seluruh planet kita, resolusi adalah 1 kilometer per pixel. Gambar yang "ditutupi" oleh penghalang melingkar yang menghalangi cahaya Matahari dan bintang-bintang lainnya. Hal ini untuk mencegah kerusakan pada kamera oleh paparan sinar matahari langsung. Gambar telah diinterpolasi (dicampur) untuk membuat animasi yang halus.

 Elektro-L Cebit 2011.jpg

Sekilas Mengenal Satelit Electro-L
Satelit Elektro-L ( Rusia : Электро-Л) adalah seri baru-generasi satelit meteorologi dikembangkan untuk Badan Antariksa Federal Rusia oleh NPO Lavochkin . Satelit pertama, Elektro-L 1 , diluncurkan pada tanggal 20 Januari 2011. Ini adalah satelit cuaca pertama Rusia yang berhasil beroperasi di orbit geostasioner , dan saat ini kedua satelit cuaca operasional Rusia. Satelit memiliki massa sekitar 1620 kg dan dirancang untuk beroperasi selama 10 tahun masing-masing. Mereka mampu menghasilkan gambar dari belahan seluruh bumi dalam frekuensi baik terlihat dan inframerah, menyediakan data untuk perubahan iklim dan pemantauan laut di samping peran utama mereka peramalan cuaca.


Tujuan
Satelit Elektro-L yang mampu memberikan analisis cuaca dan peramalan baik untuk wilayah Rusia dan di seluruh dunia.  Satelit adalah mampu gambar seluruh belahan bumi dari bumi dalam terlihat dan inframerah frekuensi, selain itu memberikan data tentang perubahan iklim , sebagaimana serta laut dan pemantauan laut. Sebuah satelit Elektro-L dapat juga digunakan untuk menerima dan relay COSPAS-Sarsat sinyal darurat.  Penambahan Elektro-L 1 ke jaringan satelit Rusia cuaca diharapkan untuk membuat Rusia cuaca memperkirakan lebih tepat. 

 

Pesawat ruang angkasa pertama dari seri, Elektro-L 1 , diluncurkan pada pukul 15.29 Waktu Moskow (12:29 GMT) pada tanggal 20 Januari 2011 from Pad 45 di Kosmodrom Baikonur . Kendaraan peluncuran yang digunakan adalah Zenit-2SB, dikembangkan oleh Ukraina Biro Desain Yuzhnoe . Tahap ketiga roket adalah baru dikembangkan Fregat-SB , variasi dari Fregat dasar, dikembangkan oleh Rusia NPO Lavochkin .  Pada pukul 15.37, tahap kedua dipisahkan dan Fregat-SB terus mengangkat pesawat ruang angkasa ke orbit geostasioner . Satelit dipisahkan dari tahap atas di 00.28 pada tanggal 21 Januari.  Pada tanggal 21 Januari, Roscosmos mengumumkan bahwa pesawat ruang angkasa itu sepenuhnya operasional. "Kami telah menyelesaikan seri pertama dari pengujian. Pesawat ruang angkasa adalah sepenuhnya operasional", Wakil Kepala Anatoly Shilov kata. Posisi akhir orbit satelit di orbit geostasioner adalah 76 derajat bujur timur. 

Satelit memiliki massa sekitar 1620 kg, dengan massa muatan menjadi 435 kg. Seumur hidup operasional mereka diharapkan menjadi 10 tahun. Konsumsi daya rata-rata pesawat ruang angkasa adalah 700 W, yang dipenuhi oleh panel surya yang menyediakan 1,7 kW kekuasaan.  Elektro-L memiliki desain modular, yang terdiri dari muatan dan modul layanan. Modul layanan, yang disebut Navigator dan dikembangkan oleh NPO Lavochkin , adalah sebuah platform standar yang juga akan berfungsi sebagai dasar untuk satelit Rusia di masa depan,  termasuk untuk ruang teleskop SPEKTR-R .


MSU-GS pesawat ruang angkasa sistem pencitraan mampu memberikan resolusi 1 km per pixel untuk dua band terlihat dan 4 km selama delapan band inframerah (mulai dari 800 nm sampai 11.500 nm). Mereka biasanya akan mengambil gambar setiap 30 menit, tetapi dalam keadaan darurat, interval dapat diperpendek menjadi 10 menit. Kamera adalah scanner optik-mekanik, sampling band terlihat pada 12.576 pixel per baris.

Sensor data downlink untuk Akuisisi Ground dan Distribution Center menggunakan X-band (7,5 GHz) frekuensi dan memiliki data rate dari 2,56-15,36 Mbits per detik, sedangkan pertukaran data antara pusat-pusat regional di X-band (sebesar 8,2 dan 7,5 GHz) menawarkan kecepatan data hingga 15.36 Mbit / s.

Satelit berikutnya dalam seri, Elektro-L 2 , dijadwalkan akan diluncurkan pada 2013.diharapkan untuk membuat Rusia cuaca memperkirakan lebih tepat.

Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/ , Halaman terakhir diubah pada 9 Agustus 2012 jam 16:44 UTC.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??