Sabtu, 16 Maret 2013

Kehebatan Si Organ Bernama : Paru-Paru !


Paru merupakan bagian dari sistem pernapasan kita yang memiliki fungsi memasok oksigen ke dalam darah dan melepaskan karbondioksida dari darah. Istilah medis untuk paru berasal dari bahasa Latin, pulmonaris, yang berarti "dari paru-paru" atau "dengan pneumo" yang berarti napas.

Paru itu lunak, seperti karet busa. Dalam keadaan sehat, paru biasanya berwarna abu-abu merah muda meskipun paru yang sehat bisa saja menjadi hitam akibat partikel karbon dalam udara yang tercemar.

Paru-paru Anda adalah organ yang menakjubkan, ini buktinya:
  • Paru-paru dapat mendorong dengan kekuatan 160 kilometer per jam saat bersin. - Luas permukaan paru-paru kira seukuran luas sebuah lapangan tenis. 
  • Kita kehilangan sekitar setengah liter air per hari saat bernapas. 
  • Kita menghirup sekitar 8 liter udara per menit, bahkan saat kita duduk, jumlah udara yang kita hirup setara dengan 4 botol minuman soda ukuran besar. 
  • Paru adalah satu-satunya organ yang dapat mengapung di air. 
  • Terdapat lebih dari 600 juta kantong udara kecil yang disebut alveoli di dalam paru-paru. - Sekitar 10.000 liter udara keluar masuk paru kita setiap harinya. 
  • Dengan berlatih, paru-paru dapat menahan napas sampai 10 menit. Hal ini dibuktikan oleh seorang penyelam bernama Tom Sietes yang dapat menahan napas dalam air selama 10 menit dan 12 detik.

Paru-paru Anda harus dijaga karena lebih dari 1,4 juta kasus kanker paru terdiagnosa setiap tahunnya di seluruh dunia. Setiap 30 detik satu orang meninggal dunia karena kanker paru di dunia. Ini setara dengan 3.000 orang setiap harinya di seluruh dunia. Apabila terdiagnosa sejak dini, kanker paru dapat disembuhkan.

Penulis : Lusia Kus Anna
http://health.kompas.com/, Kamis, 9 Juni 2011, 15:51 WIB