NSA Juga Sadap Komponen "Hardware" Komputer?


Informasi baru mengenai kegiatan mata-mata National Security Agency (NSA) kembali terkuak. Menurut laporan Der Spiegel, selain menyadap jaringan telepon dan internet, dinas intelijen Amerika Serikat ini dikabarkan menanam program spionase (backdoor) di perangkat-perangkat keras (hardware) komputer.

Dalam dokumen internal NSA dijelaskan bahwa perangkat keras yang dimaksud meliputi peralatan jaringan semacam router dan hard disk dari produsen-produsen, seperti Cisco, Juniper, Dell, Western Digital, Seagate, Maxtor, Samsung, hingga Huawei.


Program backdoor ditanam oleh divisi khusus NSA yang bernama Advanced/Access Network Technology (ANT). "Tak peduli tembok keamanan apa pun yang dibangun oleh para produsen perangkat, spesialis NSA bisa menembusnya," tulis laporan tersebut.

Divisi ANT sering menyasar BIOS atau chip berisi firmware yang di dalamnya terdapat instruksi untuk menghidupkan perangkat. Karena hal ini, program backdoor yang ditanam tak bisa dideteksi oleh software antivirus dan akan tetap bercokol walaupun sistem operasi sebuah komputer dihapus.

ANT berada di bawah unit peretas elite bernama Tailored Access Operations (TAO). Sementara pihak NSA mengatakan bahwa TAO adalah salah satu elemen kunci untuk "pertahanan nasional" AS. "Kerja mereka (TAO) berpusat soal eksploitasi jaringan untuk mendukung pengumpulan data intelijen dari luar negeri," tulis NSA dalam sebuah pernyataan.

Seperti dikutip dari CNet, perusahaan komputer Dell mengaku tidak mengetahui aksi mata-mata NSA terhadap produk-produk buatannya.

Juru bicara Cisco turut angkat bicara mengenai kabar ini. "Pada saat ini, kami tidak tahu apakah ada kerentanan pada produk baru, dan kami akan terus mengejar semuanya untuk menentukan apakah kami perlu mengatasi masalah-masalah baru. Jika kami belajar dari kelemahan di salah satu produk, kami akan segera mengatasinya. Seperti yang telah kita nyatakan sebelumnya, dan kami komunikasikan kepada Der Spiegel, kita tidak bekerja dengan pemerintah untuk melemahkan produk agar dieksploitasi, atau untuk mengimplementasikan keamanan yang disebut backdoor dalam produk kami."

Unit TAO disebutkan mampu mencari celah keamanan di laporan crash sistem operasi Windows. Selain itu, TAO juga mampu mencegat komponen perangkat keras komputer dan aksesori untuk dipasangkan program mata-mata di dalamnya.

Penulis: Oik Yusuf 
Editor: Aditya Panj
Sumber: CNET, dikutip dari : http://tekno.kompas.com/, Senin, 30 Desember 2013, 12.10 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??