Pertumbuhan Payudara Anak Perempuan Semakin Dini...


Anak perempuan kini mengalami pertumbuhan payudara lebih awal dibanding generasi sebelumnya. Ada berbagai faktor yang memicunya.

Usia pubertas anak sebenarnya tidak berubah, tetapi pertumbuhan payudara, memang muncul lebih cepat. Dibandingkan generasi sebelumnya, kini anak perempuan mengalami pertumbuhan payudara dua tahun lebih awal. 

"Sulit menentukan satu penyebab mengapa anak-anak perempuan sekarang ini mengalami pertumbuhan payudara lebih dini," kata Dr.Elizabeth Thompson, pakar bidang kesehatan payudara.


Ada beberapa faktor yang diduga menjadi penyebabnya.

1. Obesitas
Sebuah studi yang dipublikasikan November 2013 di jurnal Pediatrics menyebutkan, berat badan berlebih atau obesitas menjadi pemicu payudara anak perempuan tumbuh lebih cepat. 

Selain obesitas, menurut Dr.Marcia Herman-Giddens, faktor pola makan juga berpengaruh. "Konsumsi daging yang terlalu sering dan asupan serat yang kurang juga berperan. Ditambah lagi anak sekarang kurang banyak bergerak dan stres yang tinggi," katanya.


2. Zat kimia pengganggu hormon
Tubuh anak-anak sangat sensitif pada zat kimia sintetis yang mengaktifkan hormon endokrin (EDCs) yang ditemukan pada protein hewani, plastik, pestisida dan juga parfum. 

Endokrin ini berpengaruh negatif karena bisa meningkatkan produksi beberapa hormon dan mengurangi hormon lainnya. Hal ini bisa membuat sinyal hormon tubuh menjadi kacau sehingga pengaturannya terganggu. 

Pengaruh pertumbuhan payudara yang lebih dini pada anak memang belum diketahui. Tetapi jika anak mencapai pubertas yang lebih awal dibanding teman sebayanya mungkin mereka akan menjadi minder. 

Pada jangka panjang, pubertas yang terlalu dini juga meningkatkan risiko kanker payudara dan ovarium. Hal ini terjadi karena paparan hormon-hormon ovarium yang terlalu lama. 

Editor : Lusia Kus Anna
Sumber : SheKnows, dikutip dari : http://female.kompas.com/, Sabtu, 1 Maret 2014, 13:21 WIB.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??