Minggu, 16 Maret 2014

Telkom Mulai Populerkan Buku Digital ke Publik.


Guna mendigitalisasi khasanah budaya dan cerita dari berbagai budaya di Indonesia, PT. Telkom menyediakan konten digital bertajuk Cerita Nusantara melalui platfrom buku digital (eBook), Qbaca. Dalam program bertajuk Gerakan 1001 Cerita Nusantara, Qbaca juga akan menyelenggarakan pelatihan.

Executive General Manager Divisi Solution Convenrgence PT Telkom, Achmad Sugiarto, Jumat 28 Febuari 2014 menyebutkan program ini merupakan sangat penting untuk “menyelamatkan” konten-konten Nusantara dan menghimpunnya dalam bentuk digital berupa eBook yang akan ditayangkan pada Qbaca. 

"Konten ini pun nantinya dapat digunakan sebagai konten pendidikan untuk anak-anak sekolah demi mengenalkan kekayaan khazanah budaya Indonesia, dan dapat diakses kapanpun dan di manapun," kata eksekutif yang biasa disapa Anto itu dalam keterangan tertulis.

Buku digital Qbaca memangkas jalur distribusi buku, yang sampai saat ini masih jadi kendala bagi sebagian penduduk Indonesia, khususnya penduduk yang jauh dari pusat kota. Otomatis harga eBook yang dikenakan juga semakin murah, karena selain memangkas transportasi, juga memangkas biaya cetak.


Untuk membaca berbagai eBook di Qbaca, pengguna Android bisa mengunduh aplikasi Qbaca secara gratis di Google Playstore sedangkan untuk pengguna iOS bisa mendapatkannya di App Store. Sistem pembayaran eBook di Qbaca juga fleksibel, bisa dilakukan melalui ATM, Internet Banking, Pulsa Telkomsel, maupun Potong Saldo T-Money. Hal inilah yang memudahkan para pengguna dalam membeli eBook dibandingkan langsung ke Toko Buku.


Keamanan Terjamin 


Untuk beli eBook dengan sistem perbankan, pengguna memilih tombol “IPS”  atau dikenal dengan Instant Payment System. Pengguna akan mendapatkan informasi kode bayar, dan tinggal memasukkan kode bayar tersebut di ATM atau Internet banking dengan durasi maksimal selama 3 jam sejak munculnya kode bayar. Setelah pembayaran berhasil, maka eBook sudah masuk ke Cloud pengguna, dan pengguna tinggal unduh eBook tersebut untuk membacanya.


Qbaca juga banyak menyediakan eBook free, untuk materi buku-buku pelajaran dari tingkatan sekolah hingga teks book perguruan tinggi, dari berbagai penerbit maupun pemerintah. Anto menyebutkan keamanan eBook Qbaca terjamin dengan menerapkan sistem enkripsi dan format epub yang berstandar internasional, sehingga memungkinkan penerapan eBook multimedia.

Ditambahkan Anto, selain menyediakan konten khasanah nusantara dalam Qbaca, juga akan diselenggarakan workshop sehari di 9 kota, mulai 18 Febuari 2014 lalu. Kota itu yakni Padang, Yogjakarta, Surabaya, Balikpapan, Makassar, Bali, Bandung, Medan dan Jakarta.

Untuk kick-off program ini, Medan menjadi pilihan karena kota ini termasuk kota yang menjadi tonggak sejarah perbukuan Indonesia serta banyak melahirkan para penulis besar pada zamannya. 

Penulis : Renne R.A Kawilarang, Amal Nur Ngazis
Sumber: http://teknologi.news.viva.co.id/, Jum'at, 28 Februari 2014, 17:02 WIB.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...