Inilah Alasan Anak Di Bawah Umur Dilarang Mengemudi !


Kecelakaan yang menimpa putra bungsu Ahmad Dhani dan Maia Estianty, Abdul Qodir Jaelani alias Dul (13), Minggu (8/9/2013) dini hari, bisa jadi pelajaran berharga bagi para orang tua. Anak di bawah umur memang sepatutnya jangan diserahi tanggung jawab untuk mengemudikan kendaraan. Banyak faktor yang menjadi pertimbangan orang tua dilarang memberi izin mengemudi kepada buah hati. 

Berikut penuturan Bintarto dari Indonesia Defensive Driving Centre.

1. Peraturan. 
"Pihak Kepolisian sudah menetapkan bahwa Surat Izin Mengemudi (SIM) baru bisa diberikan untuk usia 17 tahun ke atas. Dari sini saja sudah jelas bahwa Dul melanggar peraturan, karena belum cukup umur untuk berada di balik kemudi," terang Bintarto.

2. Mental. 
Usia di bawah 17 tahun cenderung belum memiliki kemampuan yang cukup untuk membaca gelagat kondisi jalan raya, kepekaan terhadap lingkungan sekitar dan minimnya pengalaman serta pengetahuan. Jika dirasa anak sudah terampil, untuk berinteraksi di jalan raya harus terlebih dahulu didampingi untuk mengasah kepekaan. Atau jika memang punya keahlian khusus, arena balap bisa jadi tempat yang cocok untuk menempa mental dan keahlian.

3. Labil. 
Ragu dalam mengambil sikap dan keputusan kerap terjadi pada remaja dan membahayakan ketika berada di balik kemudi. Bisa jadi keputusan diambil di saat sudah terlambat sehingga mengakibatkan kecelakaan. Lebih parah, mudah terprovokasi oleh teman atau kendaraan sekitar. "Dipanasin sedikit sama teman di sebelah, gas langsung dibejek, padahal kemampuan masih kurang. Mudah terpancing oleh pengemudi lain yang menyusul, atau memotong lajur, " papar Bintarto.

4. Merasa lebih. 
Merasa dirinya sudah piawai sehingga mengesampingkan hal-hal yang bisa memecah konsentrasi saat mengemudi. Antara lain sambil menelpon, mengirim pesan atau bersenda gurau dengan teman di sebelahnya. Cenderung menganggap enteng setiap kondisi dibanding mewaspadainya.

Penulis dan Editor: Aris F. Harvenda
Sumber :http://otomotif.kompas.com/,  Senin, 09 September 2013, 07:30 WIB

Komentar

Postingan populer dari blog ini

5 Alasan Mengapa "Wanita Cantik" Nikahi "Pria yang Kurang Menarik" ?

Inilah Kisah Lengkap Legenda Bharatayudha / Mahabharata.

Mengenal Rsi Byasa (IAS Vyāsa) Filsuf Kuno Terbesar di India, Penulis Kisah Mahabarata.

Mengenal Ludruk, Kesenian Khas Jawa Timur Yang Melegenda.

20 Karakter Game Wanita Yang Cantik Dan Seksi Karya Computer-Generated Imagery (CGI).

Kurukshetra : Inilah Lokasi Tempat Terjadinya Pertempuran Besar "Mahabharata" atau "Barata Yudha", Apa Kabarnya Sekarang ?

Orang Tua Wajib Tahu Perkembangan Anak.

Menguak Rahasia Isi Ruangan Dalam Ka'bah, Bangunan Tersuci Umat Islam

Segala Hal Tentang Punokawan Wayang.

Makin Banyak Bayi Berkepala Peyang !!??